Setiap kali melihat akun Instagram artis cantik Zaskia Mecca, kesan lucu dan gemas pasti langsung terlintas di benak kita. Bagaimana tidak, polah tingkah lucu anak-anaknya membuat kita sering bertanya-tanya, ‘ini kok bisa sih anak-anaknya cerdas semua?’. Melihat usia Zaskia Mecca yang masih tergolong muda, rasanya kita menjadi takjub dengan pola asuh dari istri Hanung Bramantyo ini.

Dan khususnya buat kamu yang aktif di Instagram, kini Hipwee Wedding mencoba menerka-nerka pola asuh macam apa yang Zaskia Mecca terapkan ke anak-anaknya. Siapa tahu kamu bisa mengikuti jejaknya sebagai ibu muda yang baik, ‘kan?

1. Entah kebetulan atau diprogram, selisih usia anak-anak kandung Zaskia terbilang ideal, yakni sama-sama 3 tahun

program anak via www.instagram.com

Kana Sybilla Bramantyo (2010)
Kala Madali Bramantyo (2013)
Bhai Kaba Bramantyo (2016)

Menyandang nama Bramantyo sebagai nama belakangnya, ketiga anak Zaskia ini memiliki selisih usia yang cukup ideal. Mungkin inilah yang membuat persaudaraan mereka terlihat akrab, kompak dan serasi meski sesi bertengkar juga mustahil untuk dihindari.

Advertisement

Nah, buatmu yang bercita-cita punya anak, program anak dengan selisih usia ini siapa tahu bisa menjadi acuan supaya nantinya nggak kelabakan. Ingat, masing-masing anak pastinya membutuhkan asupan ASI dan perhatian yang sama, sehingga harus diperhatikan jeda waktunya.

2. Tidak seaktif dulu di pekerjaan dan dunia hiburan, Zaskia Mecca selalu menyempatkan waktu untuk sekadar bermain atau liburan bersama anak-anaknya

family tetap nomor satu via www.instagram.com

Dibalik segala hingar bingar yang ‘menggoda’ di dunia hiburan tidak membuat Zaskia Mecca lantas meninggalkan keluarga dan anak-anaknya. Segala curahan perhatian dan kasih sayang masih tampak jelas, apalagi ketika Zaskia dan keempat anaknya meluangkan waktu bersama.

Selain itu, disela-sela ia mengurusi bisnis butik, Zaskia pun tak segan untuk selalu menunjukkan kemesraannya dengan putra serta putrinya kepada netizen. Jelas ini memberikan gambaran bahwa seberapapun kesibukan yang melanda, keluarga tetap menjadi prioritas utama.

Pelajarannya, jika kamu memang sudah berkomitmen untuk menjadi ibu rumah tangga, mengurus keluarga semaksimal mungkin adalah wajib hukumnya. Kalau terpaksa bekerja pun, intensitas bersama suami dan anak-anak tidak boleh terkalahkan begitu saja. Intinya sih gitu ya, para calon ibu muda… 🙂

3. Segala aktivitas seru penunjang kemampuan motorik pun tak pernah absen Zaskia terapkan. Ibu muda satu ini memang layak ya jadi teladan 🙂

roti sobek rasa buah naga 🙂 via www.instagram.com

seru juga yaaa via www.instagram.com

cerdas! via www.instagram.com

Aktivitas seru seperti membiarkan anak keduanya (Kala) mencoret-coret tembok atau bermain make-up, merupakan satu dari banyak pola asuh Zaskia demi melatih kemampuan motorik dan sensorik anak-anaknya. Bagus sih, karena nggak perlu mengeluarkan banyak uang, anak-anaknya bisa dengan mudah tumbuh menjadi sosok aktif nan cerdas.

4. Sebisa mungkin, kemampuan beribadah dan pendalaman agama juga wajib ditanamkan sejak dini. Misalnya, mengaji

mengaji via www.instagram.com

Bagi Zaskia, mengajarkan anak-anaknya untuk mengenal ilmu agama sejak dini adalah yang terpenting. Selain untuk melatih kepekaan anak terhadap agama yang dianutnya, mungkin ibu muda empat anak ini juga ingin memberikan kegiatan yang positif di luar bermain dan semacamnya.

Daripada ngasih gadget, ‘kan?

5. Di luar ini bawaan atau memang Zaskia ajarkan, Sybil, Kala dan Bhaikaba memang termasuk anak-anak yang lincah dan ekspresif

lucu-lucu yaa via www.instagram.com

Tingkat keaktifan dan kecerdasan anak memang tergantung dari bagaimana orang tuanya memperlakukan mereka. Kalau dilihat-lihat, Zaskia memang tidak pernah ragu untuk mengajak anak-anaknya dalam setiap sesi foto atau mengekspresikan hal lainnya. Jadi, tidak heran kalau dari mulai Sybil hingga Bhaikaba, mereka ekspresif semua!

6. Selain kedekatan hati, sentuhan fisik pun tak kalah pentingnya buat perkembangan masing-masing anak. Ini nih yang selalu Zaskia tonjolkan dalam setiap kesempatan

duuuuuh, jadi pengen punya anak via www.instagram.com

Siapa saja yang melihat kedekatan antara Zaskia dan anak-anaknya pasti salut dan ingin ditularkan formula bahagianya. Jika kita perhatikan, Zaskia memang tidak pernah melepas pelukan, ciuman serta sentuhannya kepada Sybil, Kala maupun Bhaikaba. Kesimpulannya sih cuma satu, nggak akan ada yang menggantikan hangat dan tenangnya sentuhan seorang ibu.

Gimana? Senyum-senyum sendiri nggak waktu kamu membaca artikel ini? Pastinya, harmoni yang diciptakan keluarga ini jauh dari kata berlebihan, tapi selalu berhasil menimbulkan kesan. Dan yang nggak kalah penting, kamu jadi terinspirasi ‘kan bagaimana nanti mendidik anak supaya tumbuh menjadi sosok cerdas, patuh dan aktif?