Mempersiapkan sebuah pernikahan itu kesannya sangat ribet dan memakan banyak waktu. Mungkin itulah alasan utama mengapa banyak orang lebih memilih untuk menyewa Wedding Organizer atau biasa disingkat WO. Tapi kan, menyewa WO itu nggak murah tante?? Yep, bener banget, menyewa WO kadang justru akan menambah budget acara pernikahanmu.

Nah, bagi kamu yang ingin menabung, sebenarnya kamu bisa mempersiapkan acara pernikahanmu sendiri tanpa bantuan WO. Nggak susah kok! Yang penting, kamu harus mau bekerja keras dan sedikit ribet demi budget pernikahan yang lebih rendah. Toh, sisa uangmu yang tadinya akan amu bayarkan ke WO bisa digunakan untuk banyak hal seperti cicilan rumah, tabungan anak, ataupun beli kendaraan baru. Langsung aja yuk cek langkah-langkahnya.

1. Pertama, pastikan dulu kamu sudah booking gedung dan dekorasi yang kamu inginkan paling nggak setahun sebelumnya!

gedung cantik nan murah via www.halomoney.co.id

Oke, mungkin kamu berpikir bahwa satu tahun adalah waktu yang terlalu lama untuk booking gedung dan dekorasinya. Tapi yakin deh, satu tahun terkadang kurang ketika kamu ingin mem-booking gedung yang populer. Semakin populer dan semakin besar daya tampung gedungnya, tentunya akan semakin diincar oleh para calon pengantin. Bahkan untuk gedung-gedung populer tersebut, ada juga yang udah nge-booking dua tahun sebelumnya! Kalau kamu memang bersedia untuk berkompromi, carilah gedung yang murah dan bisa dibooking kurang lebih enam bulan sebelumnya.

Memilih vendor dekorasi pun sebaiknya disesuaikan dengan gedung pernikahanmu. Kamu bisa memastikan apakah vendor dekorasinya sudah terbiasa menangani gedung tersebut atau tidak agar si tukang dekorasi bisa membantu secara maksimal.

2. Sebelum memilih vendor katering-mu, tentunya kamu wajib mencicipi masakan mereka dulu!

Advertisement

prasmanan lah biar asik! via blog.wemary.com

Untuk masalah katering, kamu bisa memesannya sekitar tiga hingga enam bulan sebelum pernikahan. Eits, meskipun begitu jangan sampai kamu asal sewa vendor katering aja ya! Makanan di resepsimu itu adalah kunci keberhasilan acaramu di mata tamu-tamu. Oleh karena itu, selalu pilih katering yang sudah memiliki reputasi yang baik. Seandainya pun kateringmu seadanya, kamu harus tetap memastikan rasa masakan mereka. Vendor-vendor di luar sana biasanya akan menyediakan makanan tester yang bisa kamu coba, kalau kamu nggak suka menunya kamu pun bisa minta ganti!

3. Tiga bulan sebelum hari H, saatnya pesan undangan dan souvenir! Ini nih saat yang tepat untuk memotong biaya!

Pasti kamu pernah deh menjumpai undangan pernikahan yang super mewah dan menarik bentuknya. Sah-sah aja sih, kalau kamu memang punya biayanya. Seandainya kamu ingin berhemat, undangan dan souvenir bisa kamu jadikan ajang memotong budget. Inget ya, undangan pernikahan cuma punya satu fungsi, memberi tahu tanggal hari jadi kamu. Setelah itu, wush, paling-paling dibuang sama si tamu. Makanya sebenarnya kamu tidak perlu memesan undangan pernikahan yang terlalu mewah. Asalkan infonya jelas dan tepat, kamu pun tak perlu khawatir hal lainnya.

Begitu juga dengan souvenir, kamu nggak perlu merasa bahwa souvenirmu harus mewah! Toh kamu yang menikah, seharusnya kamu yang dapat cindera mata dari teman-temanmu, bukan sebaliknya.

4. Kamu nggak perlu membeli pakaian pengantin, cukup menyewanya beserta dengan si tukang rias pengantin!

Mungkin kamu merasa bahwa kamu ingin merasa spesial di hari jadi, tentunya kamu ingin memiliki gaun pengantin yang paling cantik. Tapi ingat-ingat biaya ya! Membeli atau bahkan menjahitkan pakaian pengantin itu akan jauh lebih mahal daripada menyewa. Kalau kamu memang ingin menekan budget acara nikahmu, sebaiknya kamu menyewanya saja. Biasanya akan ada satu paket baju pengantin dan tata rias, sehingga kamu nggak perlu ribet lagi!

Terkait dengan makeup atau tata rias, kamu wajib melakukan testing agar kamu tahu kemampuan si tukang rias ini. Biasanya mereka bersedia untuk memberikan testing makeup agar kamu terlihat sempurna di hari jadimu.

5. Hiburan pastinya penting di hari jadimu, tapi nggak selalu harus mahal kok!

band pernikahan! via www.insideweddings.com

Pernikahan pastinya nggak akan lengkap tanpa adanya musik atau hiburan. Tentunya kamu merasa perlu untuk menghibur tamu-tamumu, oleh karena itu kamu pun berniat untuk menyewa band beserta dengan sound system-nya. Padahal ya, memiliki band di pesta pernikahan itu nggak wajib kok! Kamu juga bisa mengudang penyanyi tradisional beserta musiknya seperti gamelan agar pernikahanmu terlihat lebih tradisional. Ditambah lagi, kamu juga bisa menyewa sound system saja, tanpa penyanyi. Toh yang penting ada musik di pernikahanmu!

6. Jangan lupa memilih seragam keluarga, pagar bagus, pagar ayu, dan lainnya ya! Tinggal pilih mana yang sesuai sama seleramu.

Kamu bisa memilih baju seragam untuk keluarga dan kerabatmu dua bulan sebelum hari jadi. Untuk seragam, mungkin nggak terlalu banyak hal yang bisa bikin ribet. Kamu tinggal pilih mana yang sesuai sama budget dan juga selera kamu! Tapi satu hal yang wajib kamu ingat adalah pentingnya memastikan bahwa kain yang seragam tersedia dalam jumlah yang ditentukan. Kan nggak lucu kalau misalnya kamu kehabisan kain yang seragam dan salah satu kerabatmu memakai jenis kain yang berbeda.

7. Abadikan momen-momen pernikahanmu dengan dokumentasi! Biar hemat, pilih satu studio foto yang menawarkan paket pernikahan!

cek dulu maz fotonya! via blog.lukihermanto.com

Paket pernikahan? Itu lho, foto prewedding, video dan foto saat acara berlangsung, dan sebagainya. Dengan memilih satu studio foto yang kamu percaya, kesempatan kamu untuk mendapatkan diskon biasanya lebih tinggi! Memilih studio untuk dokumentasi juga tidak perlu terlalu jauh harinya. Bahkan kamu bisa melakukannya di bulan yang sama dengan hari jadimu!

Nah, setelah melakukan tujuh langkah di atas, kamu tinggal siap-siap untuk tercatat sebagai suami-istri secara sah di KUA. Kamu nggak butuh banyak dana sih, bahkan nikah di KUA itu gratis kok! Tapi, kamu harus ingat bahwa proses tercatat di KUA itu tidak sebentar. Kamu harus sudah mulai bersiap dua atau tiga bulan sebelumnya. Mau tahu gimana langkah-langkah birokrasi menikah di KUA? Cek aja di sini!