Punya rumah adalah mimpi semua orang. Terlebih buat kamu pasangan muda yang memang sedang mencari konsep desain rumah yang pas. Walau selera terkadang bisa bermacam – macam, tapi tahu nggak sih kalau ada konsep interior modern Skandinavia yang bisa membuat rumah kamu terlihat luas, rapi dan bersih dengan perabotan yang minimalis.

Walaupun di Indonesia baru populer sekitar 5 tahun belakangan ini, pengaruh desain modern Skandinavia sebenarnya sudah menguat di dunia sejak tahun 1930-an, ketika gerakan desain gaya modern berkembang. Ciri khas yang paling berkesan dari gaya interior Skandinavia adalah furnitur kayunya yang membawa suasana santai namun tetap alami.

Sebelum memilih Skandinavia sebagai style yang bakal kamu terapkan dalam membangun sebuah rumah, ada beberapa prinsip yang baiknya dipertimbangkan agar rumahmu nanti benar-benar terlihat Skandinavia.

  • Dinding dicat putih atau off-white dengan highlight biru atau biru-abu-abu.
  • Pilih palet warna yang kalem dan netral.
  • Gunakan lantai kayu warna terang untuk semua ruangan, kecuali lantai kamar.
  • Buat atau beli furniture yang sangat simpel, modern namun fungsional.
  • Ciptakan keindahan melalui kesederhanaan.
  • Untuk karpet, tirai, sarung bantal atau pelapis sofa, gunakan bahan jenis linen, wol, katun, goni, dan bulu imitasi.
  • Gunakan aksesori seminimal mungkin. Tempatkan tanaman dalam ruang untuk membawa suasana alami di dalam rumah. Warna hijau akan membawa kesan segar dan kontras dengan dinding putih.

Nah, Hipwee Wedding akan memberikan beberapa inspirasi rumah dari ruang tamu sampai dapur dengan desain Skandinavia yang bisa diterapkan buat rumah masa depanmu nanti. Check it out!

1. Untuk bagian ruang tamu, ciptakan nuansa modern namun tetap sederhana dan sedap dipandang dengan sofa, karpet serta meja mini

Advertisement

Ruang tamu via www.decoist.com

Gaya Skandinavia yang simpel dan tidak menggunakan warna mencolok menjadi dasar dalam memilih perabotan. Hindari sofa ruang tamu dengan warna cetar. Untuk meminimalisir budget, kamu bisa mengganti warna kulit sofa yang sudah ada dengan memilih warna yang lebih soft.

Karpet dengan motif simpel dan warna monokrom juga bisa jadi pilihan untuk mempercantik ruang tamu. Ditambah lagi dengan menempatkan tanaman hijau, hal ini membuat suasana di dalam ruangan menjadi segar. Gaya modern Skandinavia juga memperkenalkan bahwa cushion atau bantal sofa tidak selalu harus berwarna dan memiliki corak yang sama. Tetap terlihat bagus, ‘kan?

2. Tambahkan beberapa rak kecil serbaguna, vas bunga sampai kursi malas di ruang keluarga supaya kesan santainya makin terasa

family room via trendir.com

Sebagai ruangan yang paling sering dipakai, ruang keluarga atau yang biasa kita sebut dengan ruang TV ini emang paling pas dibikin luas. Nah, kesan luas bisa didapat dengan tidak menggunakan perabot yang besar. Rak buku yang biasanya menghabiskan hampir setengah sudut ruangan, bisa kamu modifikasi hanya dengan memakai papan kayu yang disusun memanjang. Simpel, tapi tetap banyak fungsinya.

3. Kamar tidur khas Skandinavia didominasi cat warna putih, perabotan kayu, karpet monokrom serta beberapa hiasan dinding. Ini nih favorit pasangan muda buat bobok berdua!

Suasana terang di siang hari merupakan suasana yang langka selama berbulan-bulan karena musim dingin yang cukup lama di Skandinavia, sehingga cahaya matahari menjadi obsesi bagi masyarakat di wilayah ini. Untuk itu, salah satu ciri desain Skandinavia adalah tentang pengaturan fentilasi.

Desain ini sangat mengedepankan cahaya alami, yaitu dari matahari. Jendela dibiarkan terbuka tanpa korden, ataupun dengan tirai yang hanya satu lapis. Beda dengan gaya rumah Indonesia di mana biasanya korden aja bisa 2 lapis untuk tiap jendela.

4. Kalau kelak kamu sudah punya anak, desain khas Skandinavia paling ideal buat dicoba! Tetap saja, cat putih dan karpet monokrom yang jadi pilihannya

Aksen kayu memang kuat banget di desain interior modern Skandinavia. Untuk kamar anak sendiri, biasanya tinggal ditambah wall stciker dengan motif yang minimalis dan warna monokrom. Walaupun ditujukan untuk kamar anak, nggak perlu memilih warna yang cerah dan gambar-gambar yang terlalu ramai.

5. Nggak perlu memakan banyak tempat, ruang belajar atau kerja pun bisa kamu ambil dari salah satu sudut rumah. Minimalis, tapi tetap manis!

ruang kerja via showbetter.com

Kalau kamu membutuhkan ruang kerja, salah satu sudut rumah bisa difungsikan sebagai ruang kerjamu. Tak perlu space khusus, dengan luas yang tak seberapa, kamu bisa menyulap area itu sebagai tampatmu bekerja di rumah.

6. Kayaknya kamu bakal gagal diet nih kalau ruang makannya aja selucu ini 🙂

ruang makan via homedesigning.com

Membuat rumah minimalis artinya juga menggabungkan dua fungsi menjadi satu. Seperti ruang makan yang jadi satu dengan dapur. Kamu juga bisa memberikan tanaman hijau agar suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Menggabungkan beberapa model kursi di meja makan juga bukan menjadi ide buruk, lho!

7. Ciptakan juga suasana Skandinavia nan menyejukkan dengan membuat indoor garden atau taman di dalam rumah

indoor garden via oraclefox.com

Jika lahan yang ada nggak begitu luas, kamu bisa menjadikan indoor garden sebagai pilihan. Tapi, nggak semua tanaman bisa dirawat dengan cara ini, kamu harus selektif dalam memilih. Dari sini kamu bisa juga mengkreasikan tangga atau meja kecil untuk jadi tempat menyusun pot tanaman. Lucu juga ya!

Hitung-hitung menjadi referensimu sebelum membangun rumah tangga, desain rumah khas Skandinavia ini juga bisa memotivasi usaha menabungmu supaya menjadi kegiatan yang seru. Share juga ke pasangan atau sahabat-sahabatmu yang sebentar lagi akan melepas masa lajang, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya