Nggak semua pasangan beruntung bisa tinggal satu rumah berdua setelah menikah. Ada di antara mereka yang mungkin terkendala masalah financial, memutuskan untuk masih tinggal dengan orang tua. Ada juga karena orang tua sendiri yang memintanya untuk tetap tinggal bersama mereka. Biasanya sih, kalau alasan terakhir ini dialami sama anak bungsu. Hehehe…

Kalau kamu sedang mempersiapkan pernikahan dan calon suamimu mengajakmu untuk tinggal dengan orang tuanya selepas menikah nanti, jangan cemas dulu. Memang, membayangkan tinggal dengan orang tua baru, di lingkungan dan orang-orang baru pasti akan muncul banyak kekhawatiran. Malu? Jelas. Canggung? Iya. Takut? Bangeeeettt! Apalagi kalau kamu kebanyakan nonton sinetron di mana kebanyakan sosok mertua yang ditampilkan adalah seorang Ibu yang galak, suka nyuruh-nyuruh, dan kebanyakan nggak suka sama menantunya. Haduh, itu mah jaman baheula kali!

Kalau memang keputusan untuk tinggal dengan mertua adalah keputusan yang sudah bulat, jangan panik dulu. Karena sebenarnya, ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil, lho! Hipwee Wedding sudah menyiapkan beberapa di antaranya. Check it out!

1. Secara otomatis, kamu jadi tahu kebiasaan suami yang selama ini nggak kelihatan. Di rumahnya ini, nggak akan ada yang namanya kepura-puraaan

Ternyata dia itu kalo di rumah sukanya……. via www.rd.com

Menikah sama pacaran pastinya akan jauh berbeda. Biasanya, kalau pacaran, ketemunya cuma di luar rumah. Setelah menikah, kita akan menghabiskan banyak waktu bersama di rumah. Apalagi kalau kamu berkesempatan untuk merasakan tinggal di rumah calon mertuamu nanti. Kamu akan banyak tahu kebiasaan dia mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Advertisement

Kamu akan tahu apa saja yang dilakukan dan di sudut mana saja dia biasa melakukan aktivitas di rumah orang tuanya yang sedari kecil sudah dia tinggali. Bahkan, kamu juga bisa mengenal lebih dekat tetangga dan juga lingkungan sekitar rumah calon mertuamu di mana mereka semua sudah berada di sana dari calon suamimu kecil. Seru, ‘kan?

2 Sembari mengakrabkan diri, kamu pun bisa belajar dari Ibu mertua tentang masakan kesukaan suami

Serunya masak sama camer 🙂 via www.opnlttr.com

Sebagai seorang anak, biasanya ada beberapa masakan favorit buatan ibu. Nah, beruntung banget kalau kamu tinggal dengan calon mertua nantinya. Kamu jadi tahu apa saja makanan favoritnya dan belajar masak langsung dari chef-nya alias Ibu dari calon suamimu nanti. Dijamin deh, kamu bakal makin disayang!

3. Beruntungnya lagi, kamu jadi tahu bagaimana cara menata dan mengondisikan rumah dengan sangat rapi

jadi pinter nata rumah via dailymail.co.uk

Puluhan tahun hidup dengan orang tua sendiri, membuat kita cuma tahu dari satu sudut pandang tentang cara orang tua dalam me-manage rumah dan segala hal di dalamnya. Dengan tinggal bersama calon mertua nanti, kita jadi tahu cara keluarga lain dalam mengelola rumah, keuangan dan juga keharmonisan keluarga.

Dari dua sudut pandang yang berbeda inilah, sebagai calon istri dan juga ibu, kita bisa ambil sisi baik yang menurut kita sesuai dengan diri kita, yang bisa diterapkan untuk keluarga kecil kita nantinya.

4. Karena tinggal serumah dengan orang tua, kita diwajiban untuk mengatur segala emosi, ego dan rasa kecewa

kontrol diri via pexels.com

Tinggal dengan mertua, pasti takkan semudah tinggal dengan orang tua sendiri. Dari sini, kita jadi dituntut untuk mengelola ego dengan baik. Ibarat tinggal di rumah sendiri kita bisa jungkir balik sesuka hati, kalau bersama mertua tentu tak bisa seenaknya. Ambil camilan atau lauk saja, pasti pikir dua sampai tiga kali.

Nah, dari sini justru kita jadi belajar. Nggak perlu khawatir, ego juga bisa dilatih. Syaratnya harus sabar. Semua pasti akan berakhir manis. 🙂

5. Setelah berbulan atau bertahun-tahun tinggal bersama mertua, akan semakin mantap rasanya jika kelak ada rezeki buat serumah berdua

tinggal berdua via pexels.com

Salah satu mimpi ketika menikah adalah membangun istana yang bisa ditinggali berdua, untuk selanjutnya juga diisi oleh langkah-langkah kecil anak hasil cinta dengan calon suami kita.

Nah, setelah beberapa waktu kita tinggal dengan mertua, tiba saatnya rezeki itu datang dan ada rumah yang bisa ditempati untuk melanjutkan kisah hidup berdua. Setelah perjuangan sebelum-sebelumnya, rasanya kita jadi bisa lebih siap dan tentunya lebih bersyukur dengan apa yang didapat setelah sebelumnya kita ‘numpang’ di rumah mertua.

Jadi, jangan berkecil hati dulu ketika tinggal di rumah calon mertua menjadi pilihan. Karena setiap keputusan yang diambil pasti akan banyak manfaat yang bisa diambil. Selamat mempersiapkan diri, salam juga untuk calon suami dan mertuamu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya