Pernikahan memang jadi idaman bagi semua orang. Momen sakral sekali dalam seumur hidup yang akan mempersatukan cinta dua insan manusia ke mahligai bahagia nan halal. Meskipun banyak yang ingin menikah namun tak jarang yang menunda karena belum ada biaya. Konon, nikah di Indonesia tidak sesederhana esensinya, ijab dan qabul semata.

Sebenarnya perkara biaya ini seharusnya tidak mesti dianggap sebagai beban. Kamu cukup mengetahui kisaran biaya yang disesuaikan dengan kemampuan finansialmu dan keluarga. Setelah itu rencanakan pernikahan dalam timeline waktu yang jelas, entah 2 atau 3 tahun lagi. Itu semua adalah hak otoritasmu, jangan mau diintervensi dengan obrolan tetangga.

Udah usia 25 kok belum nikah ya? Belum laku kali ya…

Hipwee pernah memberikan simulasi realistis biaya pernikahan untuk perempuan. Kamu bisa baca artikelnya di sini. Sebaiknya sebelum lanjut membaca artikel ini, kamu selesaikan artikel simulasi untuk perempuan terlebih dahulu. Biar jelas dan makin matang pengetahuan yang kamu dapatkan.

Sebelumnya, simulasi ini masuk dalam ukuran yang menengah, nggak mahal ataupun murah. Dan berlaku untuk di Jogja dan Jawa Tengah. Ya lumayan lah untuk anak muda zaman sekarang. Kalau kamu mau nikah ke KUA doang silakan, atau mau nikah di gedung mewah juga silakan. Tapi yang jelas, artikel ini nggak membahas yang terlalu murah atau terlalu mahal. Namanya juga simulasi realistis.

Advertisement

Oke mari kita bahas satu per satu ya…

Pertama, laki-laki harus melakukan prosesi lamaran kepada keluarga calon istrinya. Tentu datang ke rumah calon mertua butuh biaya…

prosesi lamaran via www.wowkeren.com

Prosesi lamaran sebenarnya tak perlu terlalu meriah, cukup sederhana saja. Keluarga pria datang ke keluarga wanita. Acaranya lamaran sesuai adat masing-masing. Sebenarnya biayanya tidak mahal, hanya saja biaya ini tergantung dari jarak tempat tinggal antar 2 keluarga ini. Oke kalau masih dalam satu kota, biaya 2 juta cukup lah ya. Biaya ini digunakan untuk transportasi dan membawa hadiah kepada keluarga si perempuan.

Tak perlu tukar cincin saat lamaran, nanti saja saat akad nikah. Selain lebih murah juga lebih memudahkan kalian.

– Biaya lamaran : Rp 2.000.000,-

Mahar atau Mas Kawin adalah aspek paling penting dalam prosesi pernikahan. Si lelaki lah yang harus mempersiapkan. Mahar nggak harus mahal kok…

mahar nggak usah mahal via muslimsiana.blogspot.co.id

Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan.

Sebaik-baik wanita adalah yang ringan maharnya. Hadits Nabi Muhammad itu menunjukkan kepada kita semua bahwa sebenarnya mahar itu tidak perlu mahal dan jangan dipersulit. Hal ini tentu bergantung kepada permintaan si perempuan. Boleh uang tunai, perhiasan, bahkan buku pun tak masalah. Lazimnya sih seperangkat alat sholat misal senilai 500 ribu. Kamu bisa menambahkan dengan nominal uang yang dibentuk-bentuk misal senilai 2 juta. Total mas kawin yang kamu berikan kurang lebih 2.500.000. Sekali lagi mahar ini mengikuti kehendak mempelai wanita ya.

– Mahar seperangkat alat sholat dan uang : Rp 2.500.000,-

Cincin kawin dan perhiasan juga butuh biaya besar. Itulah pentingnya menabung dari sekarang…

pengen segera begini nggak? hehe via cincinkawinjogjakarta.com

Jangan lupa kamu harus membeli perhiasan, mulai dari cincin, kalung maupun gelang. Untuk cincin sendiri, kamu harus beli 2 cincin, satu untukmu sedangkan satunya untuk calon istrimu. Cincin untuk istrimu cobalah emas putih, sementara dirimu membeli cincin palladium. Hah, makhluk apalagi itu palladium?

Cincin palladium adalah cincin yang menggunakan bahan baku mineral palladium, bukan emas ataupun perak. Buat kamu yang Muslim, para lelaki memang dilarang menggunakan perhiasan dari emas. Untuk itu kamu bisa menggunakan palladium ataupun cincin perak sebagai pengganti cincin emas. Harga cincin palladium dan perak juga relatif lebih murah dibanding emas. Total untuk cincin dua orang (palladium dan emas putih) akan menghabiskan biaya 5 juta rupiah. Biasanya mempelai pria akan melengkapinya dengan kalung dan gelang. Total biaya untuk perhiasan sebesar 10.000.000 rupiah.

– Cincin kawin = 5.000.000

– Perhiasan kalung dan gelang = 5.000.000

Masih banyak keperluan yang harus kamu siapkan.Yuk lihat di halaman selanjutnya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya