Menjamu para tamu undangan untuk berbahagia bersama di hari pernikahanmu penting adanya. Maka dari itu, sejak jauh-jauh hari kamu sudah menyiapkan banyak hal untuk memaksimalkan hari tersebut. Mulai dari dekorasi, katering yang mencakup kudapan ringan beserta minuman segarnya, hingga detil-detil lainnya.

Meja adalah salah satu benda yang berperan besar untuk menentukan sebarapa suksesnya tema pernikahan yang kamu pakai. Seberapa indah dan menarik untuk tamumu bisa berlama-lama menghabiskan waktu di sana. Paling tidak, mereka akan nyaman dan terkagum dengan dekorasinya, dan untuk menaruh makanannya di sana.

Kamu nggak perlu menyiapkan meja baru yang mahal untuk dekorasi acara satu dua malam itu. Bahkan dengan menyewa meja yang polos dan biasa saja, dekorasimu pun bisa tetap unik dan nggak gitu-gitu aja. Kamu bisa menyiapkan meja yang terpakai yang dihiasi oleh centerpieces yang cantik dan bisa dibuat sendiri.

  1. Meja kayu yang lebih sering ditaruh di gudang bisa kamu pakau sebagai bar di resepsi outdoor-mu. Tempatkan ragam minuman segar yang ditemani temaram cahaya lampu.

Untuk tema outdoor, sembari ditemi sepoinya angin via www.deerpearlflowers.com

Advertisement

Jangan khawatir jika kamu memilih ruang hijau sebagai venue resepsi pernikahanmu. Kamu tak perlu beli meja baru, bahkan dengan membawa meja yang tidak terpakai dan lebih sering ditempatkan di gudang, untuk dipakai. Jika sekiranya meja kayumu masih kuat dan layak pakai, kamu bisa membuatnya sebagai tempat minuman segar ala bar. Agar suasana makin hangat, bisa juga tambahkan lampu dalam huruf BAR dan puluhan bohlam kecil-kecil yang terang. Uw, makin asyik jadinya, kan?

2. Meja dan bangku cokelat panjang ala bangku sekolah jangan disia-siakan begitu saja. Kamu hanya perlu menyiapkan taplak atau kain dengan warna kalem sesuai temamu.

Kamu hanya perlu menutupi dengan taplak yang cantik via www.deerpearlflowers.com

Bangku yang terdiri dari meja dan kursi panjang yang bisa diduduki 3 anak saat jaman sekolah memang mengundang nostalgia. Bahkan, tak banyak yang memiliki koleksi bangku unik ini. Jika kamu salah satu orang yang punya bangku ini, tak perlu segan untuk membawanya ke venue pernikahanmu. Kesan vintage pun akan menghiasi resepsimu dengan kentalnya. Agar lebih manis, kamu perlu mempercantiknya dengan taplak dengan warna yang kalem, atau yang sesuai dengan teman nikahanmu. Pink yang kalem? Wah, pilihan yang pas, tuh!

3. Agar tak jadi sarang nyamuk dan sumber penyakit, pakai barel kayu tak terpakai dan jadikan sebagai meja. Segala macam kudapan dan minuman akan terasa nikmat dengan suasana yang unik ini.

Dengan barel bekas pun bisa via www.deerpearlflowers.com

Barel kayu atau tong yang biasanya dipakai untuk menampung air dan minyak ternyata bisa kamu jadikan meja alternatif untuk pesta pernikahanmu. Daripada menumpuk dan jadi sarang penyakit, coba kamu bersihkan barel tersebut. Setelah itu, kamu hanya perlu menyiapkan sebidang kayu supaya lebih leluasa untuk menyajikan kudapan dan minuman kepada tamumu. Wah, lucuk!

4. Ada potongan pohon yang terpakai dari halamanmu? Bersihkan, keringkan, dan taruh di atas mejamu. Untuk menjamu para undangan kamu perlu memberi tampilan yang alam banget!

Kayu yang nggak terpakai via www.deerpearlflowers.com

Untuk kamu yang punya halaman luas, menebang pohon untuk menjaga kerindangan itu perlu. Lalu, pohon yang ditebang kamu buang begitu saja? Tahan dulu, guys. Kamu bisa membuat potongan pohon ini untuk dekorasi mejamu, agar kesan membumi dan sayang lingkungan tetap ada. Tamumu yang akan mengambil kudapan akan dibuat terperangah dengan keunikan dan keindahannya.

5. Kotak kayu sebagai krat botol jangan disia-siakan. Menaruhnya di atas meja untuk tempat kudapan manismu akan memperindah kue pernikahanmu yang unik!

Dengan kotak botol kayu pun bisa keren via www.topweddingsites.com

Kamu nggak perlu membeli meja baru sebagai tempat menaruh kudapan manis nan legit sekali lahap untuk resepsimu. Memakai meja yang ada dan menghiasnya secara sederhanalah yang perlu disiapkan. Pun dengan dekorasi untuk di atasnya. Menyia-nyiakan krat kayu bekas botol adalah hal yang disayangkan. Gunakan kotak ini sebagai tempat kuemu. Bahkan, berjajar dengan kue pernikahanmu akan membuat momenmu makin berkesan.

6. Kuning itu warna yang selalu menjadi pusat perhatian. Tempatkan kaleng kuning kecil di setiap meja yang beralaskan taplak putih dan coklatmu.

Kuning dan putih via www.tulleandchantilly.com

Untuk kamu yang pingin mengusung warna yang berbeda, kuning bisa kamu jadikan andalan. Semudah menempatkan kaleng kuning kecil dengan tissue makan kuning, kesan cerah dan colorful bisa kamu dapatkan! Mau mencoba dengan tema ini nanti, guys?

7. Agar meja tak kosong dan polos, kamu bisa buat pomander atau bola-bola dengan balutan bunga merah muda. Semudah kamu memasang jarum pentul ke bulatannya saja.

Bola-bola cantik dari styrofoam~ via pizzazzerie.com

Setelah mendapat meja yang pas dengan taplak berwarna cantik, kamu tidak boleh melewatkan dekorasi kecil yang penting untuk membangun suasana bahagia. Mau bola-bola cantik yang dihiasi bunga merah muda? Tenang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Yang kamu perlukan adalah memasang kertas yang sudah terbentuk seperti kelopak bunga, lalu menancapkannya pada styrofoam bulat dengan jarum pentul. Yang unik itu mudah sebenarnya, mejamu pun bisa jadi cantik!

8. Semudah menancapkan pasir ke dalam pasir, mejamu yang biasa akan jadi menawan dalam sekejap. Sandingkan dengan lilin, agar suasana lebih hangat nantinya.

Pasir dan bunga uwuwuwuw via somethingturquoise.com

Untuk dekorasi meja, kamu tak perlu repot-repot memboyong bunga kesukaanmu dengan tangkai panjang bersama pot-potnya. Kamu cukup memasukkan ke dalam gelas kecil berpasir putih, mejamu ajdi lebih cantik dan memberi kesan hangat untuk tamumu.

Tak banyak yang perlu kamu siapkan, hanya tabung bunga dengan sedikit air dan gelas yang berisi pasir. Sebelum memasukkan ke dalam pasir, kamu harus memotong tangkai dan memasukkan bunga ke dalam tabungnya. Agar tak cepat mati. Setelah itu, baru kamu bisa memasukkan ke dalam pasir. Keindahan mana yang kau dustakan?

9. Tempatkan bunga favoritmu ke dalam kotak kayu. Tempatkan di tengah meja, siap-siap tamu akan tersihir dengan keindahannya.

Dari kotak saja sudah bisa menghiasi mejamu via apracticalwedding.com

Untuk dekorasi sederhana untuk mengisi meja di pernikahanmu, kamu nggak perlu ribet. Tempatkan ragam bunga kesukaanmu ke dalam kotak kayu kecil. Tamu undanganmu akan betah berlama-lama di dekat meja sambil menikmati keindahan bunga di atasnya.

10. Menempatkan botol bekas di atas meja sebagai pengganti vas bunga adalah hal sederhana yang patut dicoba. Karena bekas belum tentu tidak bisa dipakai lagi.

Bahkan dengan botol bekas bisa jadi unik via homesthetics.net

Jangan diamkan botol bekas yang menumpuk di gudang atau dekat tempat sampah. Daripada pecah dan melukai oranglain di tempat lain, lebih baik benda ini memberi manfaat di resepsi nikahanmu, kan? Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti vas bunga–yang harganya memang nggak murah. Dalam sekejap, meja di venue pernikahanmu akan jadi loveable~

11. Atau, mewarnai botol dengan pilox atau cat emas untuk botol juga bisa kamu coba. Dekorasi bungamu akan jadi tak pasaran.

Dengan sedikit sentuhan, semua bisa berubah via whimsicalwonderlandweddings.com

Barang yang biasa saja akan jadi luar biasa jika kamu mau memberikan perubahan. Dengan mewarnai botol dengan cat emas saja, vas pengganti ini siap mempercantik mejamu. Tak perlu waktu lama kan untuk menyulap benda menjadi lebih cantik?

Dari 11 ide dekorasi meja untuk hari pernikahanmu nantinya, mana nih yang mencuri hatimu dan ingin kamu pakai guys?