Menentukan hari pernikahan bisa dibilang susah-susah gampang. Walaupun sebenarnya semua hari itu baik, tapi ada hari-hari yang sangat baik atau spesial untuk menyelenggarakan pernikahan. Kalau kita bisa mengadakan pernikahan di hari spesial kenapa nggak ‘kan? Nah, untuk menentukan tanggal biasanya kita akan mempertimbangkan hari yang cocok. Misalnya untuk kamu yang sudah bekerja mungkin akan lebih memilih akhir pekan agar teman-temanmu bisa datang. Selain itu kamu yang orang tuanya masih menganut hitungan primbon pasti juga punya hitung-hitungan tertentu.

Hipwee Wedding sudah mengumpulkan tanggal-tanggal baik dan spesial yang bisa kamu ambil sebagai tanggal pernikahan selama setahun ke depan. Tanggal-tanggal ini dipilih berdasarkan keistimewaannya, kedekatannya dengan hari Minggu atau hari libur lainnya, plus ada juga yang menimbang perhitungan primbon. Bukan masalah percaya atau tidak ya Guys, tapi cukup kita jadikan pertimbangan saja agar hari pernikahan kita memang terhitung baik dari sisi manapun.

1. Tahun baru selalu spesial, 1 Januari 2017 bisa kamu pilih sebagai salah satu pilihan terbaik untuk tanggal pernikahanmu

Pernikahan via cedarcrestlodge.com

Di bulan Januari ada beberapa hari libur yang bisa kamu manfaatkan untuk menggelar pernikahan yaitu libur tahun baru masehi yang jatuh pada hari Minggu dan libur tahun baru Imlek yang jatuh pada hari sabtu, 28 Januari 2017. Meski artinya hari libur ini bukan long weekend,  tapi dua-duanya merupakan hari yang aman (bukan hari ala) lho menurut primbon Jawa.

2. Spesial nih, menikah di angka cantik 7-1-17 alias 7 Januari 2017 biar mengenangnya nggak sesulit perjuangan cintanya

Advertisement
Banyak orang bilang sudah tidak akan ada lagi tanggal spesial setelah 12-12-12, ternyata masih ada kok tanggal-tanggal spesial di tahun-tahun berikutnya, termasuk tahun 2017. Salah satu dari tanggal cantik di tahun 2017 ini adalah 7117 atau 7 Januari 2017. Kebetulan tanggal cantik tersebut juga jatuh di hari Sabtu dan bukan hari buruk juga berdasarkan primbon.

3. Tanggal cantik lagi nih! 17 Februari 2017 bisa membentuk angka cantik 17022017. Makin mudah diingat ‘kan?

Satu sih yang sayang dari pemilihan tanggal ini, yaitu karena jatuh di hari Jumat alias hari kerja. Tapi nggak papa juga sih, sudah lumayan dekat juga dengan akhir pekan. Kalau bisa acaranya jangan digeser atau dilanjut ke hari Sabtu-Minggu setelahnya ya karena menurut Primbon Jawa tanggal 18-19 Februari itu merupakan hari ala atau hari buruk. Tanggal 18 maupun 19 bertepatan dengan hari ala Sengkan.

4. Tanggal 16 April 2017 jatuh pada hari minggu dan termasuk long weekend karena bersisian dengan hari libur nasional Jumat Agung

Pada hari Jumat tanggal 14 April 2017 merupakan perayaan Jumat Agung dan menurut hitungan primbon Jawa pada hari itu dan juga besoknya merupakan hari ala. Jumat Wage pada 14 April itu merupakan hari ala Taliwangke, sedangkan hari Sabtu Kliwon tanggal 15 April merupakan hari ala Sangar Tanggal. Jadi baiknya memang kamu menikah di tanggal 16 Aprilnya saja. 

5. Long weekend Sabtu sampai Senin. Kamu bebas memilih antara tanggal 22 atau 23 April 2017 untuk jadi hari pernikahanmu

Setelah libur akhir pekan Sabtu-Minggu, hari Seninnya akan ada hari libur nasional dalam rangka Isra’ Miraj yang jatuh pada tanggal 24 April 2017. Dan lagi-lagi menurut hitungan Primbon, hari Senin Wage ini kebetulan sedang bertepatan dengan hari ala Padewan.

6. Ingin Ramadhanmu sudah ditemani dia yang kamu kasihi? Menikahlah di tanggal 29 atau 30 April 2017 nanti yang kebetulan bertepatan dengan long weekend juga

Akhir Mei nanti kita akan memasuki bulan puasa, bagi kamu yang Muslim pasti pengen pas sahur ada yang membangunkan dan pas buka ada yang menemani ‘kan? Nah dua tanggal ini adalah yang paling pas karena jatuh sebelum Ramadhan dan kebetulan long weekend juga karena tanggal 1 Mei-nya ada perayaan Hari Buruh. Buat kamu yang percaya primbon disarankan untuk tidak mengambil tanggal 1-nya karena merupakan hari ala Padewan.

7. Angka cantik tahun 2017 belum habis, masih ada 1717 yang bisa bikin hari pernikahanmu terkenang dengan istimewa. Moment-nya pas Lebaran juga!

Wedding via thebridedept.com

Angka cantik 1717  atau tanggal 1 Juli 2017 jatuh pada hari Sabtu Pahing dan ini aman menurut primbon. Pas weekend juga kok, jadi kalau mau nikah pas bulan Syawal atau setelah Lebaran ini bisa banget diambil.

8. 1 September 2017 ada long weekend lagi, tapi kebetulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Mungkin bisa dipertimbangkan lagi sih

Pernikahan via wallpapercaze.com

Jatuh pada hari Jumat, Idul Adha tahun 2017 akan jadi bagian dari long weekend yang cukup banyak bertebaran di tahun ini. Sayangnya hari ini diikuti dengan hari ala naas Tanggal pada hari Sabtunya dan hari ala Sengkan pada hari Minggu.

9. Tanggal cantik terakhir di tahun 2017, bentuknya seperti angka bercermin: 7102017! Hari terindah di tanggal tercantik, wah nggak akan terlupakan sih.

Nikah via youtube.com

7 Oktober 2017, jatuh pada hari Sabtu dan ini cantik banget sih tanggalnya. Soal primbon? Aman juga kok! yang nggak aman justru tanggal selanjutnya yaitu tanggal 8 dan 9 yang menurut hitung-hitungan primbon merupakan hari ala Kaladite dan dan Sangar Tanggal. Wah langsung ambil tanggal ini aja sih yang mau nikah menjelang akhir tahun.

10. Libur panjang terakhir juga nih di tahun 2017. Buat kamu yang ingin menikah di akhir tahun maka 1 Desember 2017 bisa jadi pilihan terbaik

Pernikahan via hipwee.com

Tanggal ini bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi yang jatuh pada hari Jumat. Lumayan banget sekalian libur panjang kan Sabtu Minggunya. FYI hari sabtunya tanggal 2 Desember 2017 merupakan hari ala Sengkan, jadi lebih baik jangan mengambil hari itu.

Jadi mau milih tanggal yang mana nih Guys?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya