Line Up Joyland 2019 Sudah Diumumkan. Komplit Mulai dari Lokal sampai Internasional

Joyland 2019

Ada kabar lanjutan dari Joyland Festival 2019. Setelah di fase sebelumnya mengumumkan kembalinya festival setelah absen beberapa tahun, kali ini Joyland Festival 2019 mengabarkan bahwa seluruh line up yang akan ambil bagian sudah komplit. Joyland Festival menggandeng sejumlah partner untuk mengelola bagian-bagian tertentu sepanjang penyelenggaraan festival yang direncanakan pada akhir pekan 7-8 Desember 2019 di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno.

Advertisement

“Buat kami di Joyland Festival, merangkai kembali festival ini selalu tentang mengajak kawan-kawan terbaik untuk ikut serta. Tahun ini, kami mengajak Efek Rumah Kaca, Soleh Solihun dan Anggun Priambodo untuk menjadi kurator di bidang musik, standup comedy dan film,” kata Ferry Dermawan, program director Joyland Festival. Keberadaan tiga nama yang sudah dikenal luas reputasinya itu, membawa jaminan mutu untuk kualitas menu yang akan disediakan sepanjang dua hari nantinya.

“Kami percaya pada kemampuan tiga nama itu untuk merancang sebuah program yang ramah untuk semua orang yang akan datang sepanjang dua hari penyelenggaraan Joyland Festival tahun ini. Festival ini untuk semua jenis orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buat kami, kebahagiaan yang dikandung Joyland Festival, perlu untuk dirasakan segala macam orang,” lanjutnya.

Pembagian peran ini, membuat Efek Rumah Kaca memilih sejumlah nama untuk main di Lilypad, area yang khusus diciptakan untuk mereka. Di antara yang sudah masuk catatan dan telah mengonfirmasi penampilan mereka ada sejumlah nama seperti Sir Dandy, Jirapah, Made Mawut, Puti Chitara, Duara, Bayangan, Mad Mad Men, Mondo Gascaro dengan Rien Djamain & Oele Pattiselano, Poem Modulation (Yoshi Fe, Firzi O, Ratri N, Rieke S). Seluruh nama yang disebutkan ini, erat hubungannya dengan Efek Rumah Kaca dan tercatat pernah bermain di Kios Ojo Keos, ruang publik yang dikelola oleh band ini. Cholil Mahmud dari band Efek Rumah Kaca, mengonfirmasi ini lewat alasan singkat yang ia utarakan, “Setelah selama 1,5 tahun aktif mengadakan Showkeos (di Kios Ojo Keos), kami merasa perlu menghighlight beberapa penampil yang sangat kami suka, agar karya mereka semakin teramplifikasi. Dan semoga kita, sepulang dari Joyland Festival, playlistnya makin yahud.”

Advertisement

Sementara Soleh Solihun, akan membawa gerbong stand-up comedy untuk mengajak orang tertawa di sudut khusus yang diberi nama Shrooms Garden. Dari mereka yang telah memastikan diri ambil bagian, ada nama-nama seperti Yusril Ihza Fahriza, Oki Rengga, Ali Akbar, Awwe, Aci Resti, Kiky Saputri, Eka Kuota dan Nury Zhafira. Soleh menjelaskan, “Nanti akan ada stand-up comedian dengan berbagai macam karakter dan latar belakang yang unik dan berbeda. Ada yang mantan kiper PSMS, mantan guru, sampe mantan presiden (untuk komunitas Stand-up Comedy Indonesia).”

Sementara seniman sekaligus sineas Anggun Priambodo bertanggung jawab untuk Cinerillaz, area yang akan menayangkan sejumlah film pendek yang intim. Ada banyak film yang akan diputar nantinya. Dan semua punya jam pemutaran yang bisa menjadi jeda dan intensitas musik yang bermain.

Advertisement

“Gue janji penonton akan bisa menikmati film pendek fiksi, dokumenter, eksperimental dan animasi terkini yang diproduksi dua tahun terakhir oleh sineas dan seniman Indonesia,” papar Anggun tentang materi yang akan ia presentasikan untuk orang banyak sepanjang festival. Selain tiga kolaborator ini, Joyland Festival 2019 juga telah memastikan sejumlah line up internasional yang akan naik panggung. Menarik, karena banyak dari mereka punya pendengar khusus yang telah menantikan nama-nama ini mampir ke Jakarta. Di antaranya adalah Hatchie (Australia), Frankie Cosmos (Amerika Serikat), Yves Tumor (Amerika Serikat), Washed Out (Amerika Serikat), Tops (Kanada) dan Anna of the North (Norwegia).

“Lewat Joyland Festival 2019, kami ingin menciptakan sebuah pengalaman yang khas untuk kota Jakarta. Kami ingin orang berkumpul dan merayakan kesenian dengan level yang seru. Jadi, pastikan datang dan mengambil bagian,” tutup Ferry menjelaskan. Tiket untuk Joyland Festival sudah bisa didapatkan secara luas di Kiostix.com dan Kios Ojo Keos. Rentang harganya mulai dari Rp 200.000–Rp 2.500.000 (untuk group tickets). (*)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE