Featured Image
by Syarif Yunus

Seni Menjadi Diri Sendiri Dalam Kesendirian

Mau tanya nih, kamu itu sukanya sendiri atau rame-rame?Ya jawab aja, sendiri boleh, rame-rame juga boleh. Sungguh, jawaban yang ambigu.Ya namanya juga manusia. Terkadang kita butuh sendiri. Sendiri. Sendirian tanpa teman. Tanpa keramaian. Sendiri bukan karena marah. Tapi untuk menenangkan hati, menenangkan pikiran. Sambil introspeksi.Sendiri saja, gak usah rame-rame. Agar tidak gaduh. Tidak berisik. Buat […]

Featured Image
Suka, sayang atau cinta? via http://www.kompasiana.com
by Syarif Yunus

Pikir yang Benar, Kamu itu Suka, Sayang atau Cinta Indonesia?

Masih ingat jargon-jargon ini?SAVE KPK, SELAMATKAN KPK !! Begitu bunyinya. Mungkin, slogan itu bisa juga dipakai untuk SAVE POLRI, SAVE PRESIDEN, SAVE ANAK KITA, SAVE HUTAN KITA, dan SAVE….. SAVE lainnya. Secara maksud dan spirit, kita semua setuju. Intinya untuk menjadikan segalanya lebih baik dari keadaan sekarang. Betul gak? Gak tau deh.Tapi kalo dari sudut […]

Featured Image
by Syarif Yunus

Buat Kamu yang Lelah, Tulisan Ini Obatnya. Ada 4 Alasan Kamu Harus Tetap Energik.

Kamu lelah ya? Kecapean atau gimana? Kok diem aja sih. Jawab dong?Emang kalo lagi lelah gak bisa ngomong ya? Atau pusing? Atau lagi males baca?Kasihan amat sih kamu. Jadi pengen ikut prihatin. Gara-gara lelah, sampe gak bisa ngapa-ngapain.Lelah ya kamu. Capek abis kerja seharian. Pantes suntuk. Kusam. Lusuh dan sebagainya.Semoga deh lelah kamu cepet pergi. […]

Featured Image
by Syarif Yunus

Semua Ada Batasnya, Hanya 3 Hal yang Tidak Ada Batasnya

Pengen hidup gak ada batasnya. Berbuat sesuka hati. Bebas mau ngapain aja. Boleh. Dan sah-sah saja. Karena hidup memang kita yang jalani.Tapi asal tahu saja, apapun di dunia ini. Pasti ada batasnya. Tinggal kita. tahu batas kita atau tidak? Atau kita memang belum menentukan batas?Sekali lagi, semua ada batasnya. Usia ada batasnya. Makan ada batasnya. […]

Featured Image
by Syarif Yunus

Segelas Kopi Hitam untuk Anak Muda

Segelas kopi hitam. Aku pun meneguknya. Semerbak aroma kopi yang indah. Menggairahkan. Lalu, seorang anak muda, menarik bangku dan duduk di sebelahku. Memesan segelas kopi hitam. Sambil menyalakan sebatang rokok. Dari sini, obrolan kecil dimulai.“Maaf Pak, sepertinya baru pulang kerja?” tanya si anak muda kepadaku.“Iya betul Dek. Lagi rehat sebelum pulang, menikmati kopi hitam dulu” […]

Featured Image
Seperti apa masa depanku? via http://www.examiner.com
by Fuye TheAlchemist

Jawaban untuk Masa Depanmu

Banyak orang merasa galau, ragu, bimbang dan khawatir akan masa depan. Bertanya-tanya bagaimana nasibnya nanti. Apakah bisa jadi orang sukses? apakah bisa lulus kuliah? apakah bisa naik pangkat? apakah bisa menikah dengan orang yang dicintai dan lain-lainnya.Kesana kemari dicari jawabannya, mulai dari ke tukang ramal, dukun, baca garis tangan, sampai ada juga yang menggunakan cara […]

Featured Image
Pejuang kecil via https://www.google.co.id
by Asmaradewi N Kusuma

Untukmu, Pejuang Kecil yang Selalu Kulihat di Sudut Kota Ini

Hidup ini memang seperti bom waktu yang bisa meledak kapanpun jika kita menyerah dan putus asa. Kehidupan yang semakin keras membuat semua orang berlomba-lomba untuk melawan kerasnya hidup ini. Berbagai carapun dilakukan demi sesuap nasi, ya hanya sesuap nasi bukan untuk sebongkah berlian. Aku mungkin adalah satu dari sekian banyak orang yang sedang berlomba – […]

Featured Image
by Syarif Yunus

Kecil Tapi Besar, Menimbang Urusan Amal

Maaf nih, numpang nanya ya. Maklum lagi agak pusing. Karena dapat undangan 2 buah yang waktunya tabrakan, berbarengan. Jadi bingung. Agak sulit mutusinnya.Yang kesatu, undangan jamuan makan malam dengan Pak Presiden.Yang kedua, undangan pengajian dan malam amal untuk anak-anak yatim.Kalo boleh nanya, undangan mana yang akan kita hadiri?Seandainya itu terjadi pada saya. Sepertinya saya akan […]

Featured Image
by Syarif Yunus

Jangan Biarkan Hidup Seperti Air Mengalir

Banyak orang berprinsip “Biarkan HIDUP seperti air yang mengalir”. Itu, prinsip yang belum tentu tepat. Justru menjadi priinsip dan ungkapan yang “tidak punya energi”. Terlalu pasrah dan menafikkan ikhtiar. Mengapa tidak tepat? Hidup adalah anugerah Allah SWT dan setiap kita memiliki potensi untuk “mengarahkan” hidup ke arah yang lebih baik, agar maslahat dunia lalu akhirat.Membiarkan […]

Featured Image
ilustrasi anjing vs kucing via http://huff.to
by Fuye TheAlchemist

Mana lebih Baik? Jadi Si Pemberani Atau Si Pengecut?

Lebih baik jadi pemberani daripada pengecut, sebagian orang mengatakan itu kepada saya. Sementara yang lainnya lagi mengatakan lebih baik jadi pengecut daripada pemberani.Menurut saya tidak ada yang lebih baik dari keduanya. Yang terbaik adalah menjadi orang yang bijaksana, tahu kapan harus bersikap sebagai “pemberani” dan tahu kapan harus bersikap sebagai “pengecut” . Hidup itu harus […]

Featured Image
by Syarif Yunus

Eling; Semua Titipan Allah

“Biar kita kehilangan sesuatu karena Allah, asal kita tidak kehilangan Allah karena sesuatu”.Itulah kalimat bijak dan penuh hikmah. Penuh makna dan bisa menjadi renungan kita. Momentum buat kita introspeksi diri. Agar kita senantias berdoa untuk yang terbaik, berpikir lebih positif dari hari ini. Lalu, pasrah sambil tetap istiqomah di jalan Allah SWT. Karena apalagi yang […]

Featured Image
"saat tanganmu meraihku yang hampir tenggelam" - anonim via https://www.google.co.id
by Ria Perdani

Takdir-Nya Sesederhana Itu

Aku hanya akan bercerita. Ada masa dimana rasa persahabatan itu tumbuh bahkan tanpa disengaja. Padahal tidak, semuanya jelas sudah diatur oleh-Nya. Satu contoh mudah. Ada masa dimana kamu berada pada posisi terbawah saat sahabatmu tiba-tiba berpaling dan meninggalkanmu tanpa alasan yang jelas. Apa yang bisa kamu lakukan? Mengemis perhatian? Mencari tahu alasannya? Terus menghubungi dia […]

Featured Image
(matahari terbit untuk setiap orang) via http://i.imgur.com
by Fuye TheAlchemist

Hei! Kamu Bukan Orang Gagal! Nasibmu Bisa Berubah!

Tulisan ini saya persembahkan untuk mereka yang sedang berbeban berat. Apapun masalahnya, saya tidak tahu. Mungkin bisa saja mengidap penyakit, kehilangan orang yang dicintai, atau beban berat pekerjaan. Suatu hal yang wajar bila hal-hal ini menjadikan kita menarik diri atau mellow. Saya pun pernah bersikap demikian. Rasanya ingin menyerah saja atau tenggelam dalam kesedihan.Tetapi ada […]

Featured Image
untuk setiap ibu di dunia, kami mencintaimu via https://ameliarozianty.files.wordpress.com
by Atik Husnia

Bu, Ini Janjiku: Jika Nanti Aku Jadi Seorang Ibu, Sampai Tiba Saatnya, Tetaplah Bersamaku dan Sehatlah Selalu

Matanya memandang kosong. Senyumnya cerminkan kegundahan. Mata teduh itu mulai berkaca-kaca. Senyum indah itu bagai untaian kelusuhan. Kau samarkan gundahmu. Terdiam, memandang penuh arti. Andai dapat kami gantikan tetesan embun itu, andai dapat kami tadahi keseluruhannya. Kau sembunyikan tangismu. Kau tundukkan wajah teduh itu. Kau tukar bahagiamu untuk tangis kami. Kau pasrahkan senyummu untuk gundah kami.  Wahai engkau pintu surga kami, andai dapat kami lawan hidup untuk bahagiamu. Ketidakberdayaan […]

Featured Image
Saya dan kawan-kawan kelana #GoesToFlores via http://jojomarkojo.wordpress.com
by Yohana Christina

Tilongkabila : Guru Baru Kami (Part 1)

Sabtu, 24 Mei 2014 Guru bagi saya, kini bukan selalu sosok yang berdiri mengajar di ruang kelas. Guru bisa jadi sebuah kapal besar dengan banyak pengalaman berharga di dalamnya. Nama guru baru kami adalah… Tilongkabila. Bli Komang menjemput kami di kos sewaan di sekitar Kuta. Kami sudah packing semua barang dan siap berlayar dengan Tilongkabila. Tilongkabila […]