Di era yang sudah serba canggih seperti sekarang, smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi manusia. Hampir sebagian besar aktivitas kita sehari-hari tak pernah lepas dari ponsel pintar kita, tidak terkecuali saat kuliah sekalipun. Smartphone sekarang ini telah menjadi penolong setia para mahasiswa.

Selain membantu kita dalam berkomunikasi dengan teman-teman kampus atau dosen, kita juga dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya untuk keperluan perkuliahan. Dengan memanfaatkan aplikasi smartphone ini, bukan tak mungkin IPK kalian bisa merangkak naik. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi wajib download yang bisa memudahkan hidupmu sebagai mahasiswa!

1. Wunderlist: To-Do List & Tasks, aplikasi yang bisa membuat aktivitasmu sehari-hari jadi lebih teratur

Buat To-Do List menggunakan Wunderlist via news.softpedia.com

Apakah kamu termasuk orang yang pelupa kronis? Jangan khawatir, Wunderlist merupakan aplikasi yang berbasis To-Do List atau daftar kegiatan yang harus di kerjakan. Jika kamu ingin mencatat tugas-tugas yang ada, Wunderlist dapat melakukannya.

Kamu dapat membuat sebuah daftar panjang kegiatan yang ingin atau harus kamu lakukan, dan aplikasi ini akan mengingatkanmu. Manfaatkan juga sebagai catatan daftar belanjaan untuk keperluan bulananmu. Kelebihannya adalah ketika sudah menyelesaikannya tinggal coret saja daftar tersebut.

Advertisement

Nah, versi pro aplikasi ini, memungkinkan temen-temen membagikan daftar kegiatan ini dengan teman-temanmu. Alternatifnya ada Any.do Task List & To-Do List, Todoist: To-Do List, dan Simplest Checklist.

Download gratis aplikasi ini di Google Play Store Atau Itunes Apple.

2. Dengan WPS Office (Kingsoft Office), kamu bisa mengerjakan tugas kuliah kapan saja dan dimana saja

ngerjain tugas dari ponsel juga bisa via www.youtube.com

Dosen kadang memberikan materi ataupun tugasnya melalui web atau email, lalu kita mengunduhnya dari komputer masing-masing sehingga kita bisa langsung dengan mudah mengerjakan disana. Tetapi, jika temen-temen ada dalam suatu situasi yang genting, dimana laptopmu tiba-tiba ngadat dan tidak bisa dioperasikan, kamu tak perlu khawatir lagi. Aplikasi WPS Office yang dulunya bernama Kingsoft Office ini dapat membuka materi-materi dosen langsung dari smartphonemu.

Aplikasi ini mirip dengan Microsoft Office di komputer atau laptopmu, tapi bedanya ini sangat simpel dan bisa masuk di kantongmu. Kamu tak hanya bisa membuka dokumenmu, tapi juga bisa melakukan editing (penyuntingan). WPS Office mendukung file dengan tipe dokumen, presentasi, excel, hingga pdf. Ada juga beberapa aplikasi yang sama, yaitu Microsoft Office Mobile, Polaris Office + PDF.

Download gratis aplikasinya di Google Play Store atau Itunes Apple.

4. Pomodroido, buat kamu yang menginginkan sistem kerja dan belajar yang lebih efektif

Belajar lebih efektif dengan aplikasi pomodroido via www.myappstand.com

Pomodroido merupakan aplikasi yang berjalan menggunakan teknik Pomodro. Teknik ini sangat bermanfaat buatmu yang susah untuk membagi-bagi waktu dalam mengerjakan suatu hal. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk menerapkan teknik podomoro pada saat bekerja atau belajar, agar kerja atau belejarmu bisa berjalan lebih efektif.

Pada praktiknya, setiap kali kamu melakukan suatu pekerjaan selama 25 menit atau lebih, setelah itu kamu akan bisa beristirahat selama 5 menit atau lebih. Lama waktunya tergantung pada kesepakatanmu sendiri, dan hal tersebut terjadi berulang ulang sesuai pada kesanggupanmu. Alternatif dari aplikasi ini adalah Clockwork Tomato, ClearFocus: Pomodro Timer, Timesheet – Time Tracker, dan 30/30.

Aplikasi ini dapat dicari di Google Play Store atau Itunes Apple.

5. Kamusku adalah hadiah mungil istimewa untuk kamu yang malas menenteng kamus tebal ke kampus

Kamus yang bisa kamu sakuin via hptabletandroid.com

Bagi anda mahasiswa bahasa atau sastra, membawa kamus setiap hari dapat membuat pinggang anda encok pegal linu atau bahkan membuat tas barumu jadi cepat jebol. Google Play Store menyediakan berbagai jenis kamus mulai dari kamus bahasa Indonesia – Inggris, atau kamus besar bahasa Indonesia, atau kamus bahasa lainnya yang bisa kamu download secara gratis.

Kamu tidak akan kesusahan membawa buku kamus yang berat setiap hari, karena kamu bisa punya kamus yang lengka yang muat dalam sakumu. Alternatif lainnya : Kamus Terjemahan. Google Translate. Kamus Indonesia Inggris.

Kamu dapat mengunduhnya di Google Play Store atau Itunes Store.

6. Sedia Dropbox sebelum flashdiskmu rusak. Kamu bisa menyimpan ribuan harta karun perkuliahanmu di cloud storage ini

Simpan data kuliahmu di dropbox via materiageek.com

Kamu sering banget lupa bawa flashdisk yang isinya tile tugasmu? Flashdisk suka hilang secara mendadak? Nah, untuk mengantisipasi kejadian seperti itu kamu bisa menyiasatinya dengan menyimpan data-data pentingmu terlebih dahulu atau lebih tepatnya mengupload data ke akun Dropbox. Kamu bisa langsung mengunduhnya lewat ponsel kapan saja.

Prinsip kerja dari Dropbox adalah cloud storage yang menyediakan fasilitas penyimpanan secara online, sehingga jika kamu membutuhkannya sewaktu-waktu meskipun flasdisk sedang rusak atau hilang, kamu masih bisa mendapatkanya dengan segera melalui dropbox. Alternatif lainnya adalah OneDrive, Google Drive

Unduh aplikasinya di Google Play Store atau Itunes Store.

7. Mobile Topographer hadir untuk memudahkan hidup para mahasiswa Jurusan Geodesi

Aplikasi buat survey lapangan anak Geodesi via mob-center.org

Bagi anak-anak jurusan Geodesi atau disiplin ilmu yang sama, mungkin akan lebih familiar dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan survey lapangan. Mobile topographer bisa mengukur ketingian dan posisi dimana kamu berasa pada saat itu.

Aplikasi ini juga sering digunakan oleh dosen-dosen jurusan Geodesi untu memberitahu posisi mereka. Aplikasi yang sangat bermanfaat bukan? Ada juga  alternatif lainnya, yaitu TopoGrafia 2.0. GPS Fields Area. Super GeoGPS. Google Earth.

Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store atau Itunes Store.

8. Feedly, aplikasi yang wajib diunduh oleh mahasiswa yang selalu update berita dan informasi

Semua berita berkumpul jadi satu via venturebeat.com

Kalau kamu adalah mahasiswa Fakultas Fisip, hukum, atau disiplin ilmu sosial lainnya, aplikasi yang satu ini cocok untuk dipasang di smartphonemu . Aplikasi ini berfungsi layaknya RSS Feeder atau pembaca umpan berita online. Feedly berfungsi mengumpulkan umpan berita langgananmu dalam satu buah aplikasi ini.

Kamu hanya tinggal berlangganan umpan dari suatu situs, setelah itu setiap update atau umpan baru yang ada di website tersebut akan otomatis langsung terupdate di aplikasi ini. Cocok sekali buat para mahasiswa yang punya tuntutan untuk selalu update dengan berbagai macam berita dan informasi. Alternatif aplikasi lainnya adalah Reader, FeedMe, Feed Centre.

Kamu mengunduhnya di Google Play Store atau Itunes Store.

9. Dengan AutoCAD360 kamu bisa melihat hasil desainmu tanpa harus repot-repot membukanya dari laptop!

Lihat desainmu lewat smartphone via www.youtube.com

Nama aplikasi ini tentu tidak asing bagi mahasiswa Fakultas Teknik. Aplikasi ini menjadi sahabat sehari-hari mereka. Aplikasi yang bisanya digunakan untuk membuat suatu rancangan baik itu rungan, rumah ataupun gedung, kini sudah tersedia di smartphone.

Pasti kamu terheran-heran, bagaimana itu dapat diaplikasikan juga pada sebuah ponsel? Berbeda dengan yang ada di PC atau laptop, aplikasi versi smartphone ini dibatasi beberapa fitur pengedit yang kompleks. Tetapi, dengan memiliki aplikasi ini, kamu bisa melihat hasil rancanganmu dengan mudah tanpa harus selalu menenteng-nenteng lapotopmu. Alternatif lainnya adalah Autocad 2007 2D. A360. Floor Plan Creator. Turbo Viewer.

Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store atau Itunes Store.

10. DU Battery Saver akan membantumu menghemat baterai smartphone saat kamu sedang sibuk praktikum lapangan

Menghemat baterai smartphone via www.duapps.com

Kamu nggak mau kan baterai ponsel cepat habis? Padahal kamu sedang melakukan praktikum yang mengharuskanmu mengambil gambar praktikum menggunakan kamera smartphone atau merekam wawancara dengan nara sumber. Kalau kamu menggunakan aplikasiini, kemungkinan hal tersebut bisa dicegah dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini akan berusaha menghemat pemakaian baterai ponsel dengan menutup atau menonaktifkan beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Ditutupnya aplikasi yang sedang berjalan itu nantinya dapat menghemat pemakaian baterai smartphone. Aplikasi alternatif lainnya:  GO Battery Saver & Power. 2 Battery. Battery Doctor.

Temen-temen dapat mengunduhnya di Google Play Store atau Itunes Store.

11. RealCalc Scientific Calculator, bisa jadi kalkulator scientific cadangan yang selalu siap sedia di sakumu

Kalkulator scientific cadangan via www.youtube.com

Mahasiswa eksakta akan banyak menggunakan kalkulator scientific sebagai teman mengerjakan tugas ataupun menghitung angka-angka statistika yang membuat kepala pusing tujuh keliling. Tetapi ini bisa menjadi sebuah petaka jika kamu meninggalkan kalkulator itu di kosan. Tapi tenang saja, kamu tak perlu capek-capek balik ke kosan untuk mengambilnya, cukup unduh saja aplikasi RealCalc Scientific Calculator di ponsel sebagai cadangan.

Perhitungannya pun dapat bervariasi dan di desain mirip sekali dengan kalkulator scientific milikmu. Terdapat juga aplikasi lain yang mirip, yaitu: Scientific Calculator, Scientific Calculator Panecal, My Calc, Calculator ++.

Kamu dapat mengunduhnya di Google Play Store atau Itunes Store.

12. DuoLingo, aplikasi seru yang bisa membantumu fasih berbahasa asing dengan cara yang mudah

Belajar bahasa asing jadi lebih mudah via www.shegeftangiz.com

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melatih kemampuan berbahasamu. Kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa lainnya sangat diperlukan dalam menunjang prestasimu di kampus. Terlebih lagi, jika temen-temen termasuk mahasiswa jurusan bahasa asing atau jurusan-jurusan yang aktif menggunakan percakapan bahasa asing.

Aplikasi ini memudahkan belajar bahasa mulai dari tingkat pemula hingga mahir. Metode pembelajaran yang diterapkan disini tidak membosankan, bukan hanya membaca tetapi juga kemampuan melafalkan atau mengucapkan suatu kata diuji disini. Kosa katamu juga akan bertambah pesat dengan menggunakan aplikasi ini secara rutin.

Kamu hanya tinggal mendaftar secara gratis pada akun Duolingo, lalu memilih bahasa yang ingin dipelajari, lalu sesi pelatihan pun akan dimulai. Ada juga aplikasi alternatif lainnya, yaitu Memris, Belajar Bahasa Inggris (Bravolol), dan Learn Languages: Rosetta Stones.

Temen-temen dapat mengunduhnya di Google Play Store atau Itunes Store.

13. Expense Manager, pilihan cerdas buat anak-anak kostan yang bertekad untuk hidup hemat!

Meski ngekost, kamu bisa mengatur keuangan dengan baik via www.appannie.com

Salah satu aplikasi yang recommended banget nih untuk anak kostan khususnya. Bisa dibilang, aplikasi ini adalah cara instan bagi kamu yang ingin menjadi seorang bendahara handal. Kamu bisa mencatat transaksi pengeluaran dan pemasukan uangmu. Setiap pengeluaran yang dicatat akan langsung terekam, dan dapat dilihat berapa banyak pengeluaran yang sudah kamu keluarkan.

Apabila catatan pengeluaranmu ternyatasudah mendekati jumlah pemasukan, tentunya kamu bisa langsung  melakukan penghematan. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk catatan pengeluaran yang telah dilakukan, sehingga jika uang sudah habis sebelum tanggal gajian, bisa dijadikan bukti kepada orang tua, hehehe.

Alternatif lainnya bagi aplikasi ini ada Daily Expense dan Financius – Expense Manager. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau Itunes Store.