Sobat, tahu Pulau Timor? Pulau yang di dalamnya ada 2 negara, Indonesia dan Timor Leste. Pulau yang jauh dari hiruk pikuk ibukota ini sekali waktu harus dikunjungi. Cocok jika traveling ke Pulau Timor dari ujung ke ujung, menikmati setapak demi setapak jalanan Timor dari Barat ke Timur.

Berjalanlah ke Timor tanpa ragu-ragu, nikmati setiap pemandangan dan pengalaman yang ditawarkan. Jika masih ragu dan butuh alasan, berikut 5 alasan kenapa harus mengunjungi Timor!

1. Di Timor, mentari melukiskan pemandangan menawan. Di manapun kakimu berpijak, kamu bisa jadi saksi terbitnya sang surya.

Sunrise yang indah di manapun mata memandang via efenerr.com

Matahari terbit lebih dahulu di Timor dan merahnya sangat indah. Tanpa perlu jauh-jauh mencari tempat mencari matahari terbit, seseorang bisa menikmati sunrise yang indah. Bayangkan di beranda rumah, di tepi jalan atau di tepi pantai, mentari terbit dengan semburat kuning yang memanjakan mata.

Sore harinya, surup mentari sama indahnya. Momen-momen matahari tenggelam sangat magis, semerbak merah memenuhi langit. Mentari senja yang mungkin tiada dua di Nusantara.

Advertisement

Honorable mention tempat sunset terbaik di Timor: Tanjung Bastian

2. Orang-orang Timor adalah orang yang paling ramah. Jika bertemu mereka, kita akan dianggap selayaknya saudara sendiri.

Orang Timor sangat ramah via efenerr.com

Orang Timor mungkin orang yang paling ramah sedunia. Mereka rajin tersenyum, di mana-mana tersenyum. Kehangatan hati orang Timor pun sangat terasa jika bersua dengan orang asing, mereka tidak sungkan-sungkan menawarkan tempatnya pada pejalan.

Jika kita bertamu, kita akan dianggap saudara bukan dianggap orang asing. Orang-orang Timor adalah orang-orang paling bersahabat yang bisa ditemui di Indonesia. Selain itu rasa setia kawan mereka pun tinggi sekali.

3. Kuliner yang unik ala Indonesia timur. Mulai dari jeruk Soe hingga Se’i daging panggang tradisional khas Timor.

Jangan lupa coba kuliner khas Timor via efenerr.com

Cobalah Jeruk Soe, jeruk yang hanya ada di Soe. Segarnya mengalahkan jeruk-jeruk lain di Indonesia, bahkan jeruk impor pun kalah segar dengan Jeruk Soe. Buah-buahan ini menjadi primadona Pulau Timor, dan kamu wajib mencobanya!

Untuk makan besar cobalah Se’i. Daging panggang khas Timor ini begitu liat namun nikmat sekali saat disantap. Bumbunya yang khas membuatnya memiliki rasa yang unik dibandingkan olahan daging lainnya. Cobalah sesekali di warung makan yang menyediakan Sei, atau belilah untuk buah tangan saat pulang ke rumah.

4. Kain tenun ikat buatan tangan yang bermotif etnik, bukti melimpahnya warisan budaya orang Timor.

Kain tenun ikat khas Timor wajib kamu beli via nualokhanae.wordpress.com

Warna kain tenun ikat Timor berbeda dengan lainnya, kain tenun Timor cerah dengan warna-warni yang semarak. Ada 2 motif kain yang dikenal di Timor, jika suka yang cerah pilihlah motif Insana, jika suka warna yang kalem bernama motif Biboki.

Seperti kain tradisional lainnya, ada makna-makna tertentu yang terselip di setiap motifnya. Kain tenun ikat di Timor adalah kain buatan tangan, di buat dengan sangat hati-hati. Jika ke Timor belilah kainnya, nikmati halusnya kain ikat sekaligus menghormati karya budaya orang Timor.

5. Timor adalah surga dunia bagi para petualang. Bentang alamnya yang lengkap tak akan pernah gagal mengecewakan perjalananmu.

Bentang alamnya yang lengkap via efenerr.com

Timor menawarkan bentang alam yang lengkap, mulai dari pantai yang biru, pasir putih, jajaran pegunungan yang gagah. Susurilah Timor dari barat ke timur dan nikmatilah dengan mata kepala sendiri pemandangan indah yang berbeda-beda.

Pulau Timor adalah surga petualangan yang lengkap

Bagi para petualang, Timor adalah surga petualangan yang lengkap. Kamu bisa masuk ke gua-gua tak bernama, bisa berjalan di hutan-hutan yang masih rimbun, bisa juga menikmati debur ombak di pantai yang asing.

Tunggu apalagi, dengan berbagai alasan yang menarik hati, kenapa tidak segera kemas barang-barangmu? Masukkan ransel dan bergegas berangkat ke Timor. Jangan lama-lama, Timor sudah menanti dengan segala pesonanya untuk dijelajahi! 🙂