Kalau kamu ngaku sebagai pecinta jalan-jalan, kamu pasti udah tahu eksotisme dan keelokan panorama Pulau Komodo. Yup, Kawasan Taman Nasional Komodo yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur ini memang salah satu tujuan wisata nomor wahid di Indonesia.

Destinasi wisata ini memang jadi idaman dan impian bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan bentang alam yang mempesona dan masih perawan. Kawasan Taman Nasional Komodo menyuguhkan berbagai tempat wisata alam yang luar biasa indah, mulai dari pantai, pulau, cagar alam, hingga suaka marga satwa.

Soal pantai, jangan tanya lagi. Pantai dan pulau yang ada di Kawasan Taman Nasional Komodo ini sangat bersih dari sampah, asri, dan juga mempesona. Jika kamu punya rencana untuk liburan ke kawasan Taman Nasional Komodo yang super kece dan keren ini, maka tak salah lagi, saya akan berbagi secuil cerita tentang kecantikan Pulau yang satu ini di sini!

Wajib hukumnya menjejakkan kaki Taman Nasional Komodo. Tantang adrenalinmu untuk melihat habitat asli hewan purba kebanggaan Indonesia.

Komodo, hewan purba kebanggaan Indonesia (dok. pribadi) via Hipwee.com

Menjejakkan kaki ke Pulau Komodo, sudah pasti kamu harus menuju ke tempat yang paling legendaris dan mendunia ini. Yup, Taman Nasional Komodo (Komodo National Park).

Advertisement

Taman Nasional Komodo ini sendiri terdiri dari 3 pulau utama yaitu Pulau Rinca, Komodo, dan Padar, serta beberapa pulau kecil lainnya. Pada tahun 2011, Kawasan Taman Nasional Komodo menerima atribut  sebagai “The Real Wonder of The World” dan “New 7 Wonder of Nature” pada tahun 2012.

Saat berkunjung ke sini, ngapain lagi kalau bukan untuk menyaksikan binatang purba kebanggaan Indonesia? Kalu sudah ke sini, rugi rasanya kalau tidak memberanikan diri untuk menjumpai biawak komodo (Varanus komodoensis). Tidak hanya komodo saja, di Taman Nasional Komodo pengunjung dapat melihat rusa timor, babi hutan, dan kerbau liar serta berbagai spesies burung. Rusa timor, babi hutan dan kerbau liar ini menjadi makanan bagi biawak komodo.

Hati-hati, ikuti kata rangernya! via toreizen.wordpress.com

Kamu harus berhati-hati ketika berada di Taman Nasional Komodo, karena komodo datang sewaktu-waktu sehingga perlu ada pendampingan dari pemandu Taman Nasional Komodo yang biasa disebut dengan “ranger”. Bagi cewek-cewek yang sedang datang bulan, wajib melapor ke ranger. Jika menstruasi sedang banyak-banyaknya, kamu harus rela untuk tidak mengijakkan kaki ke pulau ini, karen indera penciuman komodo sangat peka terhadap darah. 

Karena pantai berpasir putih ada ratusan di Indonesia, maka kamu harus menyempatkan diri menikmati indahnya Pink Beach yang berpasir pink!

Pink Beach, pantai berpasir pink di Pulau Komodo via homeofwanderlust.com

Air laut yang jernih dan dipadu dengan birunya langit dan hamparan pasir putih mungkin sudah jadi pemandangan yang biasa saat mengunjungi pantai. Eits, tapi pantai yang satu ini beda! Bagaimana dengan keindahan pantai yang menyuguhkan hamparan pasir pantai berwarna merah muda? Inilah Pink Beach, pantai berpasir merah muda yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Pink Beach ini telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia. Warna pink yang cantik dan lembut akan tampak jelas terutama saat pasir tersebut tersapu ombak. Waahhh… pink-nya itu lho, benar-benar menakjubkan!

Masyarakat lokal menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Merah, akan tetapi para wisatawan asing menyebut pantai ini Pink Beach. Menurut masyarakat lokal, pasir yang berwarna pink ini berasal dari pecahan karang (koral) berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di sekitar pantai. Selain menikmati keindahan pesisir pantainya yang mempesona, kamu juga dapat menikmati keindahan bawah laut yang menarik untuk diselami.

Taman bawah laut Pink Beach terdapat beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya — pokoknya lengkap deh! Di dunia ini, pantai berpasir pinkhanya ada 7, dan salah satunya di negeri kita tercinta!

Pantai Namo juga tak kalah cantik. Selain berwarna pink juga, pantai ini belum terlalu ramai dan terasa seperti pantai pribadi.

Pantai Namo masih belum terlalu ramai pengunjung (dok. pribadi) via Hipwee.com

Nama Pantai Namo memang tak sepopuler Pink Beach, tapi panorama pantainya boleh diadu. Sama seperti Pink Beach, pantai ini juga memiliki pasir yang berwarna merah muda. Pantai ini berada di Pulau Namo, kawasan Taman Nasional Komodo. Pantai yang bersih dan air laut yang jernih ini juga dapat digunakan untuk snorkeling ataupun diving.

Keindahan bawah lautnya juga tak kalah cantiknya dengan Pink Beach. Menurut informasi dari warga lokal, pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, tempat ini sangat cocok buatmu yang suka dengan keindahan pantai yang masih perawan dan tak banyak pengunjung.

Dari Pulau Padar, kamu bisa menikmati pesona keindahan bentang alam Taman Nasional Komodo dari atas.

Indahnya Taman Nasional Komodo dari Pulau Padar (dok. pribadi) via Hipwee.com

Pulau Padar terbesar ketiga setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Ya, wajar kalau kamu kurang begitu familiar dengan pulau ini karena memang namanya tidak seterkenal Pulau Komodo. Meskipun begitu, keindahan bentang alamnya tidak kalah cantik dan indah dengan kedua pulau tersebut. Disekitar Pulau Padar terdapat 3 – 4 pulau kecil yang memiliki keindahan dan keunikan masing-masing.

Kamu dapat menikmati pemandangan dan keunikan pulau-pulau tersebut dari atas dengan menaiki bukit yang berada di Pulau Padar. Birunya langit, laut, air yang jernih, pantai dan udara yang bersih, dan jauh dari polusi dapat menghipnotis semua orang yang berkunjung ke Pulau Padar.

Dari puncak Pulau Padar, NTT via lostpacker.com

Kalau kamu ingin menikmati keindahan Pulau Padar ldengan cara yang lebih mengesankan, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu kurang lebih 30 menit. Trekking melewati hutan dan semak-semak, laut, dan perbukitan yang indah dijamin membua pengalaman travelingmu tak terlupakan.

Meskipun trekking menuju bukit tertinggi terasa sangat melelahkan, namun semua itu terbayar dengan panorama perbukitan dan pemandangan yang sangat cantik, serta keindahan pulau-pulau kecil lainnya yang begitu mempesona. Kamu pasti ingin berlama-lama di atas bukit tersebut untuk dapat menikmati dan merasakan ketenangan alamnya.

Itulah tempat-tempat wisata menarik di kawasan Taman Nasional Komodo yang sudah saya kunjungi. Masih ada banyak pulau-pulau lainnya yang harus dikunjungi juga. Jika kamu berencana untuk menjelajahi keelokan surga dunia di Taman Nasional Komodo, tempat-tempat ini patut untuk kamu coba. Jangan lupa ya untuk terus menjaga kebersihan serta kelestarian alamnya! 🙂

Kredit gambar andalan: www.lostpacker.com