Sebenarnya, untuk membuat sebuah tulisan yang bagus itu bukanlah hal yang sulit, karena lihai dalam bermajas dan keapikan diksi itu bisa dipelajari oleh semua orang. Akan tetapi, kesulitan utama dalam membuat sebuah tulisan adalah menentukan tema atau ide cerita yang kreatif dan menarik. Memang kelihatannya sepele, tetapi menjadikan sebuah ide cerita yang biasa menjadi sebuah tulisan yang menarik dan tidak klise itu tak semudah saat kita membacanya.

Itulah kenapa banyak sekali orang yang dibuat galau karenanya. Padahal sudah membuat hampir selesai klimaks tapi masih bingung menentukan akhir yang pas, atau sudah menemukan akhir tapi masih bingung bagaimana membuat tahap pengenalannya. Karena terlalu buntu dan tidak tahu lagi harus gimana, sering kali para penulis meninggalkan tulisannya yang sudah setengah jalan.

Maka dari itu, untuk memecah kebuntuan ide dan tema saat menulis, para penulis perlu memperkaya pengetahuannya. Nah,  ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa membantu mengatasi kebuntuan yang sering kali melanda!

1. Mendengarkan musik adalah jalan pintas tercepat untuk menyambung idemu yang terputus. Cobalah dengar playlist musikmu secara acak.

Dengar musik secara shuffle via www.pecsma.hu

Nah, jika biasanya kamu memutar musik secara berurutan dari playlist yang sudah kamu susun rapi, coba deh untuk mendengarkannya secara acak atau shuffle. Cara ini terkadang bisa sangat mutahir untuk membantu mencari inspirasi.

Advertisement

Dengan mendengarkan musik secara acak, kamu tak akan bisa menebak lagu apa yang selanjutnya akan kamu dengarkan, sehingga akan menimbulkan sebuah efek surprise padamu. Dengan begitu, ortakmu akan bisa lebih merasa fresh dibandingnkan saat mendengar lagu yang sama dan sudah kamu hafal urutannya secara berulang-ulang.

Tapi tunggu mencari inspirasi lewat lagu bukan berarti kita meniru persis cerita dalam lagu tersebut. Metode mengacak lagu ini untuk mengingatkan kita tentang kenangan masa lalu yang berhubungan dengan lagu yang kamu dengar, yang mungkinbisa jadi materi untuk tulisanmu. Atau mungkin dulu teman kalian pernah waktu curhat gak sengaja lagu yang jadi back sound adalah lagu yang keluar di playlist kamu sekarang, lalu kamu tiba-tiba pengen membuat cerita yang mengambil sedikit kisahnya.

2. Menonton film atau drama juga bisa memancing otakmu untuk mengembangkan ide-ide cerita baru yang lebih kreatif.

Nonton film atau drama via mavenly.co

Yang satu ini mungkin sangat bisa untuk mengurangi kegalauan kamu yang sudah pengen banget untuk nulis. Bukan bermaksud niru lagi lho ya! Cari celah dari cerita drama tersebut, buatlah sesuatu yang baru yang asli dari hasil pengembangan ide ceritamu sendiri. Jadi fungsinya menonton film atau drama tersebut adalah hanya untuk memancing otakmu untuk berpikir hingga keluar ide kreativ yang baru!

Misalkan, kamu pasti sering ‘kan waktu lagi nonton film tiba-tiba gak setuju sama jalan ceritanya, kamu jadi pengen banget si C sama si A bukan sama si B karna si A lebih baik atau lebih cantik dari si B. Atau kamu pengen harusnya cara mereka bertemu itu kayak gini bukan dengan cara yang seperti gitu biar lebih romantis. Kalau enggak kamu pengen harusnya endingnya dibuat bahagia aja biar gak galau, atau kamu pengen yang lainnya lagi yang diubah. Maka dari itu cara yang satu ini sangat direkomendasikan!

3. Senjata pamungkas seorang penulis adalah membaca buku. Banyak membaca buku dari berbagai genre akan mengasah cara berpikir dan berimajinasi.

Baca buku berbagai genre via reneedayreneeday.tumblr.com

Sudah nyoba cara diatas tapi masih buntu aja? Sekarang cari buku apa aja. Kamu tidak harus memilih novel untuk mencari inspirasi tentang ide cerita, kamu bisa juga membaca buku pengetahuan atau motivasi. Bacalah buku dengan genre apapun, karena ide bisa datang dari mana saja. Dengan semakin banyak genre buku yang kamu baca, akan semakin memperkaya gagasan ceritamu nanti, dan ide ceritamu jadi semakin bevariasi.

Mungkin saja ketika kamu membaca buku pengetahuan atau motivasi kamu jadi ingin membuat cerita yang tidak hanya mengutamakan isi, tapi juga ingin memberi pelajaran didalamnya. Seperti motivasi yang bisa membuat sang tokoh bangkit dari keterpurukannya, atau usaha tokoh untuk menggapai mimpinya atau mungkin kamu bisa menyisipi ilmu ilmu kesehatan jika sang tokoh adalah seorang dokter.

4. Buku memang jendela dunia, tapi sesekali kamu juga perlu keluar rumah untuk melihat keadaan dunia yang sebenarnya. Pergilah berjalan-jalan!

Jalan-jalan keluar melihat dunia via fixedgeargirls.tumblr.com

Masih buntu aja? Oke, mungkin saat ini adalah waktu kamu buat menyegarkan pikiran kamu yang mungkin sudah sangat penat dan tertekan karena aktivitas sehari-sehari, mangkanya tak satupun inspirasi menyapamu. Cobalah berjalan keluar rumah atau bersepeda santai sambil menikmati panasnya terik matahari dan belaian angin sepoi yang menerpa kulit.

Oh ya, jangan lupa untuk menyiapkan notes supaya saat tiba-tiba ada ide yang muncul, kamu bisa dengan segera mencatatnya sebelum kelupaan! Kenapa kamu harus segera mencatat ide yang muncul itu? Karena saat ide yangtiba-tiba muncul pada saat kamu sedang santai itu akan cepat sekali hilang dari ingatanmu, karena bisa saja nanti akan ada banyak ide lain yang saling bermunculan hingga membuatmu lupa dengan ide-ide lain yang sebelumnya.

Kamu bisa juga menggunakan headset atau headphone mu untuk bersepeda sambil mendengarkan musik. Biasanya cara ini cukup ampuh membantumu. Kamu bisa melihat sekitarmu dan mencari suatu objek yang menarik dan sesuai dengan cerita yang kamu butuhkan. Jika sudah kamu menemukan inspirasi, jangan lupa berhenti sejenak untuk menuliskannya dalam notesmu.

5. Jangan paksa otakmu untuk bekerja rodi. Beristirahat dan bersantailah saat kepalamu sudah terasa mau copot.

Istirahat dan tidurlah via imgkid.com

Jangan paksa otakmu berpikir, istirahatlah atau bersantailah sejenak agar kamu lebih fresh dan otakmu siap untuk kamu ajak berpikir kembali. Menikmati teh atau kopi hangat sambil mendengarkan musik bukan ide yang buruk untuk bersantai, kamu juga bisa membuka majalah atau menonton televisi. Karena bagaimanapun juga, saat otakmu sudah terlalu tegang, mau dipaksa berpikir lebih dalam lagi pun tak akan bisa. Yang ada malah kualitas tulisanmu jadi kurang bagus.

Biarkan otakmu yang tegang sedikit berelaksasi dengan tidur sebentar, mungkin saja kamu akan mendapat mimpi indah yang bisa menjadi ide cerita yang akan melahirkan karya yang menakjubakan seperti sebuah novel best seller karya Stephenie Meyer dalam novelnya yang berjudul Twilight yang di tulis olehnya setelah ia bermimpi tentang sepasang kekasih yang satu adalah gadis biasa dan satu lagi adalah seorang vampir pria.

Atau contoh lainnya adalah penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge yang berhasil menuliskan 54 baris gambaran mimpinya dalam bentuk puisi setelah ia terbangun dari tidurnya. Namun sayangnya ia harus menghentikan aktivitas menulisnya karena kedatangan tamu yang malah membuat puisinya hingga kini tak terselesaikan. Namun uniknya, meskipun puisi ciptaannya ini tidak pernah terselesaikan, tapi puisi yang berjudul “Kubla Khan” ini adalah salah satu puisi paling terkenal di Inggris.

Nah, diatas adalah beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan saat kamu mulai buntu dengan ceritamu. Semoga bisa membantu, dan jangan pernah patah semangat menulis ketika berbagai rintangan dan kendala datang. Terus berusaha dan carilah solusi. Percayalah, ide bisa datang kepadamu kapan saja dan dari mana saja. Lanjutkan kreativitasmu dan keep writing