Kamu boleh yakin kalau kamu orang baik-baik. Tapi, belum tentu kamu juga seorang pengguna jalan yang baik. Kita mungkin nggak pernah mencuri uang, tapi boleh jadi kita sering mencuri lintasan orang lain di jalan raya. Kita mungkin selalu berusaha menjaga perasaan teman, namun belum tentu peduli pada orang asing di jalan. Ngeselin juga ya?

Saat kita berkendara, banyak hal yang harus kita perhatikan. Nggak cuma sekedar peraturannya aja, tetapi juga etika. Nah, ini adalah beberapa kelakuan-kelakuan ngeselin pengguna jalan yang menurutmu paling menyebalkan. Apa aja sih? Simak yuk!

Nyetir Sambil Telepon, SMS, Chat, Ngerokok, dll. Bahaya Buat Orang Lain, Tahu Nggak Sih?

Kalau masu telepon atau sms, mending minggir dulu sebentar via www.automotive.com

“Nyetir sambil BBM-an, dengerin musik di headset, telepon, ngobrol. Gara-gara ngelakuin itu jalan mereka jadi lambat dan akhirnya bikin macet jalanan.”

Shareefa, 26 th, Surabaya

“Naik motor sambil ngerokok, atau sambil SMS-an. Udah gitu gak pake helm + pake headset pulak. Mamakeeee!”

Tika, 22 th, Siantar

“Naik motor sambil pegang HP itu ngeselin banget. Kalau pas lampu merah, udah diklaksonin masih belom sadar juga… hadehh!”

Eaf, 36 th, Depok

“Berkendara sambil menelepon ataupun membalas SMS. Padahal itu ‘kan membahayakan dirinya sendiri tapi Membahayakan pengguna jalan yang lain.”

Supriyanto, 20 th, Purwodadi

“Saya paling kesel kalo ada pengguna jalan yang SMS-an, telepon-an sambil ngendarain motor/ mobil, itu kan bahaya bagi dia maupun pengguna jalan yang lainnya.”

Fredi Andreas, 20 th, Pangkal Pinang

“Yang paling nyebelin tuh kalau ada yang nyetir motor atau mobil sambil sibuk chatting di HP.”

Novie, 29 th, Singkawang

Motor atau Mobil yang Ugal-Ugalan dan Seenaknya Sendiri. Emangnya Jalan Punya Situ Sendiri?

Ampun deh.. via www.flickr.com

Advertisement

“UGAL-UGALAN! Maaf ya Kak, jalanan bukan punya sendiri.”

Jasmine, 21 th, Depok

“Bus Kopaja, Metromini!, dan sebangsanya. Suka berhenti mendadak, kadang berhenti di tengah jalan sesukanya, menerobos lampu merah, yang paling bikin kesal kalau kita lagi berhenti di lampu merah, kenek nya nyuruh-nyuruh kita minggir.”

Fresly, 30 th, Jakarta

“Ngebut di jalanan, ambil jalur kanan, ngegas pooool. Ujung-ujungnya berhenti di warung sebelah kiri jalan yang letaknya nggak sampe 500 m di depan. YAELAH BRAAAY!”

Aditya, 21 th, Jakarta

“Balap sana-balap sini untuk pengguna motor, membahayakan banyak jiwa. Bayangkan jika terjadi sesuatu pada kalian, apakah kalian sanggup menerimanya?”

Fauzan TR, 17 th, Bogor

“Kelakuan menjengkelkan kendaraan bermotor roda yaitu suka menyerobot lampu merah, garis marka sampai di trotoar. Kalau menunggu lampu merah sampai melebihi batas seharusnya.”

Prithole, 25 th, Jakarta

Tolong Dong, Gunakan Lampu Sein Dengan Baik dan Benar..

jangan lupa lampu sein ya.. via edorusyanto.wordpress.com

“Mau ambil belok kiri, tapi ambil jalur kanan kendaraan kita. Nyalip lewat depan . Nggak pake sein lagi ! MINTA DILIPEETT!”

Alvian, 21 th, Jakarta

“Pengguna motor tentunya, mau belok tapi gak nyalain sein, giliran motornya kesenggol malah nyalahin kita. Padahal dia yang salah. Gak nyalain lampu sein! Huft.”

Echa, 19 th, Jakarta

“Menyalakan lampu sein kanan,ternyata belok kiri. Saya di belakang sudah waspada dengan kode lampu sein kanan pengendara di depan.”

Roeslan, 34 th, Rengat

“Pengguna jalan yang paling bikin jengkel saat mereka belok tanpa menghidupkan lampu sein. ‘Kan bahaya kalo tiba-tiba mereka ketabrak.”

Batra Saputra, 24 th, Palembang

“Semua kendaraan yang kalo mau belok ga ngasih lampu sein. ‘Kan jadi bahaya buat kendaraan di belakang atau di sampingnya.”

Achi, 20 th, Jakarta

Pelan-pelan Itu Bagus Sih, Tapi Nggak Di Tengah-tengah Jalan Juga Kali!

Waduh, nggak pakai helm lagi.. via motorblitz.com

“Jalan pelan-pelan di lajur tengah. Berasa kayak lagi piknik doi.”

Aziz, 24 th, Bekasi

“Jalan pelan tapi di tengah atau bukan masuk pada jalur lambat.”

O. Lukito, 21 th, Yogyakarta

“Pengendara umum yang merasa jalan milik sendiri, jalan lambat ditengah-tengah jalan dan berhenti tiba-tiba seenaknya.”

Novi, 23 th, Malang

“Suka jengkel sama motor di tengah/jalur kanan yang jalannya kayak siput.”

Tyo, 23 th, Tangerang

“Motor, mobil, sama aja. Paling eneg ketemu kendaraan posisinya tanggung, di pinggir kanan enggak, kiri juga enggak, dan lampu sein kanan hidup terus. ‘Kan bikin galau kalo mau nempong #ngelusSpion.”

Raf’i, 22 th, Semarang

Permisi… Pejalan Kaki Juga Termasuk Pengguna Jalan Lho!

jangan rampas hak pedestrian! via konsultansolusi.com

“Kalau pengguna sepeda motor mengambil hak pejalan kaki. Seperti naik ke trotoar atau nyebrang menggunakan jmbatan penyebrangan busway.”

Johanna, 24 th, Bekasi

“Ughh…. sebel banget kalo pengendara itu main nyosor aja. Gak mau kasih kesempatan pejalan kaki buat nyebrang. Berasa jalan cuma boleh dipake mereka aja.”

Metta, 20 th, Yogyakarta

“Para pengendara motor menyerobot masuk ke trotoar pejalan kaki. Itu ‘kan bahaya dan mengambil hak pejalan kaki, alasan mereka ingin cepat dan macet.”

Lumio, 24 th, Palembang

“Kalau yang namanya motor udah nyerobot terotoar untuk pejalan kaki. Ggrrr.. gemes banget pingin marah-marah!”

Yayas, 20 th, Jakarta

“Ketika mau nyebrang, ada motor atau mobil yang susah banget toleransi sama pejalan kaki.”

Lhasya, 20 th, Jakarta

“Pemotor yg naik ke trotoar. Terus pejalan kaki? AMIGOS gituh? Pakai pikiran.. (AMIGOS aka Agak MInggir Got Sedikit).

Ahmad F, 34 th, Bekasi

Para Pejalan Kaki, Hati-hati Kalau Mau Menyeberang Jalan..

Tengok kanan-kiri dulu sebelum menyeberang jalan via lanats46.blogspot.com

“Orang-orang yang nyeberang sembarangan. Pas nyeberang bukannya lari untuk menghindari bahaya, tapi malah jalan kemayu bangett.”

Fitri, Bogor

“Pejalan kaki yang nyeberang seenaknya saja kayak jalan punya sendiri aja.”

Levy, 23 th, madiun

“Gue pernah tuh, pas lagi enak-enaknya naek motor gak terlalu kenceng, terus tiba-tiba ada segerombolan orang lari-lari buat nyebrang. Para pejalan kaki, kalo nyebrang jalan itu mbok ya liat-liat, jangan seenaknya yaa~ care for yourself and the others.”

Lexy, 23 th, Yogyakarta

“Menyeberang pada saat lampu hijau menyala, padahal ‘kan itu berbahaya buat diri mereka sendiri.”

Billa, 19 th, Bekasi

“Menyeberang jalan sembarangan. apalagi sebelum menyeberang, mereka enggak menengok jalan terlebih dahulu. biasanya orang seperti itu jika sudah tertabrak, justru akan menyalahkan si pengguna motor atau mobil.”

Rizki, 21 th, Pasuruan

Kendaraannya Dirawat Dong, Jangan Pakai Knalpot Ngebul Atau Berisik!

Apa sih kerennya dari knalpot bising? via riifqy46.blogspot.com

“Tukang parkir sembarangan dan para pengguna kendaraan berasap kebul! Udah jalan dihabisin buat parkir ,masih kena polusi pengendara yang gak bertanggung jawab akan kendaraannya, jadi orang lain yang kena asapnya.”

Galih, 19 th, Malang

“Knalpot yang dirombak jadi berisik.”

Ve, 21 th, Tanjung Pinang

“Kebut-kebutan pake knalpot keras.”

Rara, Padang

“Suara motor yang berisik suka ganggu banget. Apalagi anak-anak muda yang pakai motor yang dimodif. Asap kemana-mana, ngebut lagi!”

Tya, 20 th, Mojokerto

“pengendara motor yang pake knalpot racing dan ngebut-ngebut sesuka hati.”

Fadli, 23 th, Bengkulu

Dikit-Dikit Klakson. Berisik dan Jadi Bikin Emosi, Tahu Nggak Sih?

Stop polusi suara, please… via quietindia.blogspot.com

“Paling kesel kalo pengendara mobil/motor ngeklakson dari belakang pas berhenti di lampu merah. Angka masih 5 detik sebelum hijau, eeh, udah getol klakson sana-sini. Huufftt.”

Sherly Prastica, 20 th, Bontang

“Bunyiin klakson pas lampu merah berubah jadi ijo. Sebel banget kalo nemu orang kayak gitu, gak sabaran banget jadi orang.”

Rifka, 19 th, Jakarta

“Yang dikit-dikit suka bunyiin klakson. Plis sekali aja juga sudah denget, nggak usah berkali-kali, macam jalanan milik pribadi aja gitu (maap nih agak emosi :p).”

Ria, 22 th, Balikpapan

“Bunyiin klakson pas lagi macet macetnya, duhhh bikin tambah panas suasana aja. Apalagi kalo dah tau itu tempat yang dilarang buat mainan klakson.”

Edita, 19 th, Kebumen

“Lampu stop-an baru menandakan kuning, mobil di belakang mobil saya sudah asik membunyikan klaksonnya. Sepertinya mobil belakang sudah kebelet ingin pup..”

Imo, 25 th, Bandung

Komunitas Motor yang Lagi Konvoi, Berasa Jalan Punya Bapaknya Aja..

Konvoi sih boleh-boleh aja, asal jangan songong via indobikermags.com

“Moge yang sok itu, berasa jalan punyanya sendiri.”

Reyno, 21 th, Yogyakarta

“Saat berkonvoi dengan temen sekomunitas/geng motor besar misalnya. Maunya diberi jalan seolah-olah orang penting dan nyari perhatian, padahal semua orang yang berkendara di jalan raya itu punya hak dan kewajiban yang sama.”

Ganindra, 17 th, Kendari

“Komunitas motor apapun yang lagi konvoi. Nggak peduli mereka udah bayar ke polisi berapapun, tetep aja kelakuannya itu ngerugiin orang banyak! Motornya ganteng, tapi orangnya gak beretika. Nyuruh pengendara lain minggir. Enak banget lo!”

Evelyn. 25 th, Bandung

“Anak motor yang lagi konvoi. Udah banyak, ngebut, sok keren, nyuruh orang lain minggir dan sok-sokan ngatur jalan, padahal malah tambah bikin macet.”

Boby, 24 th, Jakarta

“Gue pernah di-stop paksa sama komunitas motor, cuma gara-gara dia dan gerombolannya mau lewat. Hellooww.. Lo bukan Presiden woy! Songong abis.”

Doni. 27 th, Depok

Buang Sampah dan Ngeludah di Jalan Raya! Situ Mau Dibuang Juga Ke Dunia Lain?

Hari gini masih ada yang buang sampah di jalan? via moscow-point.ru

“Membuang sampah sembarangan di jalan raya.”

Ebit Hidayat Saputra, 18 th, Yogyakarta

“Buang sampah dari atas kendaraan. Mereka nggak mikir seandainya kelakuan mereka diikuti 1000 orang dibelakang mereka, apa yg terjadi? Sedih dah kalo diceritain mah.”

Sandi, 20 th, Jakarta

“Ngeludah di jalanan. Kadang ada pengguna jalan yang naik motor atau mobil main ngeludah sembarangan aja di jalanan.”

Miftah, 23 th, Jakarta

“Buang sampah seenaknya di jalanan, walaupun kadang hanya bungkus permen.”

Irma Amelia, 23 th, Lampung

“Pengendara mobil, meludah sembarangan lewat kaca mobilnya tanpa melihat ada pengendara motor di samping mobilnya.”

Nana, 21 th, Bandung

“Buang sampah, buang ingus dan meludah sembarangan! Mood killer abis.”

Adistiayu, 25 th, Jakarta

Tuh, banyak banget ya kelakuan pengguna jalan yang ngeselin. Dari sini kita tahu bahwa ternyata sebagian besar kita belum sepenuhnya memiliki kesadaran akan etika. Padahal etika berlalu lintas adalah syarat utama. Jika kita lalai, nyawa taruhannya.

Jangan cuma sayang sama diri sendiri dan kendaraan pribadimu aja. Pikirkan juga pengguna jalan yang lain. Kalu kamu punya pendapat lain, langsung saja tulis di kolom komentar! 🙂