• 2 November 2019
  • Aula Timur ITB

KAMIL Pascasarjana ITB adalah Keluarga Mahasiswa Islam Pascasarjana ITB yang berdiri sejak tanggal 22 November 1998 dengan nama Ikatan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (IMMPAS) Bandung. KAMIL Pascasarjana ITB tergabung dalam Forum Silaturahim Mahasiswa Muslim Pascasarjana (Forsi HIMMPAS) yang hingga saat ini beranggotakan 14 universitas di Indonesia). Visi KAMIL Pascasarjana ITB yaitu membentuk mahasiswa Islam pascasarjana yang berakhlak baik, ilmiah, dan professional.

Adiwidya sendiri adalah salah satu agenda besar yang diselenggarakan KAMIL Pascasarjana yang telah berlangsung sebanyak 6 kali. Adiwidya berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ilmu pengetahuan yang tinggi. Pada tahun ini akan diselenggarakan Adiwidya yang ke-7 dengan mengusung tema “Perspektif Berbagai Bidang Ilmu dalam Menghadapi Perkembangan Inovasi Teknologi di Era Industri 4.0.” Adiwidya bertujuan untuk mengumpulkan khazanah pengetahuan mengenai isu terkini seputar teknologi revolusi industri 4.0 melalui pemaparan dari narasumber-narasumber yang ahli dibidang terkait serta menjadi sarana diskusi dan bertukar pikiran dengan masyarakat terkhusus mahasiswa sehingga mendapatkan solusi yang tepat mengenai isu tersebut. Acara ini akan dihadiri oleh lebih dari 450 peserta meliputi civitas akademik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah, praktisi, pelaku usaha, dan umum.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Adiwidya 7 Pascasarjana ITB ini adalah sebagai berikut

1. Mengadakan seminar terkait “Sains dan Teknologi di Era Industri 4.0” dengan mendatangkan pembicara dalam lingkup sains dan teknologi.
2. Menunjukkan kemampuan berfikir kritis untuk menuangkan ide-ide dan gagasan dalam tulisan mengenai revolusi industri 4.0 untuk Indonesia menuju industri 4.0.
3. Mempublikasikan hasil karya dalam bentuk prosiding mengenai revolusi industri 4.0

Advertisement

Bentuk dari kegiatan Adiwidya 7 ini di antaranya

1. Seminar Nasional

Seminar Nasional Adiwidya (Sendipa) 7 Kamil Pascasarjana ITB Tahun 2019 ini merupakan kegiatan seminar nasional yang mengangkat tema besar “Sains dan Teknologi di era industri 4.0”, Adapun kegiatan seminar tersebut insyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2019. Penyelenggaraan kegiatan Seminar Nasional Adiwidya (Sendipa) 7 akan dibagi menjadi 2 topik pembahasan utama yakni terkait dengan topik sains dan teknologi. Target peserta kegiatan Seminar Nasional Adiwidya 7 mencakup beberapa elemen yang terdiri akademisi, peneliti, pebisnis, pejabat kementrian, pejabat daerah (Pemprov, Pemda dan Pemkot), mahasiswa S1, S2 dan S3 (yang berasal dari ITB dan non ITB) serta masyarakat umum, dengan target peserta yang dapat mengikuti kegiatan seminar tersebut dapat mencapai mencapai 800 orang. Diharapkan dengan adanya kegiatan Seminar Nasional Adiwidya (Sendipa) 7 ini dapat memberikan gambaran dan sosialisasi awal kepada masyarakat luas terkait pentingnya perencanaan strategi yang terintegrasi dan keterlibatan secara aktif berbagai elemen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan 2030 di indonesia.

Advertisement

2. Call for Paper

Call for Paper mengusung tema “Perspektif Berbagai Bidang Ilmu dalam Menghadapi Perkembangan Inovasi Teknologi di Era Industri 4.0” yang menawarkan perkembangan wawasan baru di lima topik penelitian dengan Artificial Intelligence, Internet of Things, Cloud Computing, dan Big Data. Lima topik penelitian yang ditawarkan yaitu energi, infrastruktur dan lingkungan, manufaktur dan mekanik, bioteknologi, elekro dan informatika, serta social science. Tujuan dari call for paper ini adalah menampung ide-ide dan gagasan dalam bentuk tulisan mengenai inovasi pengetahuan terkini dalam revolusi industri 4.0 terutama pada kelima topik penelitian tersebut. Presentasi final Call for Paper akan berlangsung pada tanggal 1 November 2019.

3. Kamil Reuni Akbar

Kamil Reuni Akbar diadakan pada tanggal 3 November 2019 dengan maksud untuk dapat menjalin dan mempererat ikatan silahturahmi antara seluruh keluarga KAMIL Pascasarjana ITB dari kepengurusan angkatan pertama (tahun 1998) hingga saat ini. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menginisiasi pembentukannya ikatan alumni KAMIL Pascasarjana ITB.

4. Adiwidya Fair

Adiwidya Fair adalah pameran yang mengusung tema “integrasi sains dan teknologi di era industri 4.0” yang akan menyajikan start up exhibition, pameran teknologi, stand pameran/expo, dan ada ada pembicara Muhammad Elvandi Lc., MA., yang akan berbicara tentang industri 4.0. Adiwidya Fair akan berlangsung pada tanggal 1-2 November 2019.

5. Kamil Open

KAMIL OPEN merupakan salah satu rangkaian Adiwidya 7, dimana, bentuk kegiatannya berupa kompetisi badminton dengan peserta Mahasiswa dan alumni pascasarjana ITB. Kamil Open 2019 mengusung tema “bangun persaudaraan dan integritas dalam semangat kompetisi.” Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2019 yang bertempat di GOR Lodaya. 3. Sistem pertandingannya merupakan sistem gugur dengan jumlah peserta Ganda Putra 32 tim dan Ganda Putri 13 tim. Pertandingan yang sangat kompetitif tersebut menghasilkan Jura 1 Ganda Putra yaitu pasangan Robieth-Fauzan yang keduanya adalah alumni dari Sains komputasi sedangkan juara 2 Ganda putra yaitu pasangan Samsul-Habibi yang merupakan pasangan mahasiswa dari FMIPA-FTI. Juara 1 Ganda putri yaitu pasangan Dian N-Dian F yang keduanya adalah mahasiswa SAPPK sedangkan Juara 2 Ganda putri yaitu pasangan Lasmita-Dian yang keduanya adalah mahasiswa FMIPA.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya