National Investment Fair 2020, Seminar Bertema Guide to Facing the Thriving Economic Future

National Investment Fair 2020

Pada saat ini, pemerintah Indonesia sedang fokus dalam membangun infrastruktur. Pembiayaan pembangunan infrastruktur nasional masih didominasi oleh industri perbankan. Kedepannya pasar modal diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan Indonesia. Hal tersebut mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam meningkatkan daya tarik pasar modal Indonesia agar investor percaya untuk menanamkan investasinya di Indonesia. BEI saat ini begitu gencar menghimbau masyarakat Indonesia untuk terjun dan mengambil bagian dalam industri pasar modal Indonesia yang salah satunya diwujudkan dalam kampanye “Yuk Nabung Saham” yang di kumandangkan di berbagai daerah di Indonesia.

Kami sendiri – Galeri Investasi Trisakti School of Management (GALVEST) –  memiliki niat untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai dunia investasi di pasar modal, beberapa kegiata yang telah kami jalankan diantaranya adalah Coaching Clinic, lomba internal pasar modal, serta penyelenggaraan berbagai Seminar Investasi. Kegiatan yang kami lakukan ini menunjukkan dampak positif bagi perkembangan pasar modal di lingkungan kampus Trisakti School of Management (TSM). Kesuksesan tersebut mendorong kami untuk memperluas lingkup sasaran kami dari skala kampus ke skala nasional.

Advertisement

Dengan adanya kesuksesan dalam penyelenggaraan National Invesment Fair (NIF) yang diadakan 2 tahun lalu (2018), kami terpacu untuk mengadakan kembali kegiatan tersebut pada tahun 2020 ini. Keinginan kami adalah menggelorakan semangat masyarakat dalam memajukan Pasar Modal Indonesia, serta meningkatkan pengetahuan serta informasi mengenai dunia investasi khususnya investasi di Pasar Modal Indonesia. Mengingat pemahaman masyarakat Indonesia mengenai pasar modal masih minim, maka kami ingin mengadakan kaembali acara eksternal lingkup nasional kembali dengan nama “National Investment Fair 2020” yang akan dipadu dengan seminar Nasional yang berjudul “Guide to Facing the Thriving Economic Future”, yang nantinya kegiatan ini akan diselenggarakan di Trisakti School of Management dan Bursa Efek Indonesia. Perpaduan kegiatan ini bertujuan untuk merangkul dan mengedukasi masyarakat mengenai investasi serta memacu keinginan masyarakat untuk terjun dalam dunia investasi, dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor di bidang pasar modal.

Dengan bermodalkan pengalaman yang ada, kami optimis bahwa kegiatan lomba eksternal ini dapat terselenggara dengan baik, serta menjadi wadah bagi para mahasiswa/i untuk dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu pasar modal yang dapat diukur melalui berbagai macam kompetisi, diantaranya Stock Case Analysis dan Stoocklab Competition, yang tidak hanya akan menguji kompetensi dan pengetahuan perserta secara mendalam, tetapi juga mempertajam kemampuan penerapan ilmu mereka dalam berinvestasi, khususnya saham.

MENGENAI ACARA

Advertisement

TEMA ACARA :Know Your Capabillity to  Conquer Posibilities”

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN : 

  • Mendorong mahasiswa se-Indonesia untuk turut serta dalam mengembangkan industri pasar modal.
  • Mengajak seluruh mahasiswa/i memahami dan mengerti bagaimana aktivitas dan peristiwa yang terjadi di dunia pasar modal Indonesia.
  • Memperkaya wawasan dan pengalaman peserta, baik secara praktik maupun teori tentang tata cara dan strategi berinvestasi di pasar modal sehingga dapat dengan bijak memutar uang di pasar modal.
  • Memberikan kesepatan bagi para mahasiswa/i ekonomi untuk dapat bertukar wawasan dan menciptakan budaya kompetisi yang sehat.
  • Meningkatkan investor pasar modal di Indonesia.

TARGET PESERTA:

  • Peserta seminar berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum sebanyak 250 orang yang di selenggarakan di Gedung Bursa Efek Indonesia.
  • Peserta kompetisi Stock Case Analysis sejumlah 50 tim, satu tim terdiri dari 3 mahasiswa/i aktif Universitas / Sekolah Tinggi seluruh Indonesia, sehingga target peserta berjumlah 150 orang.
  • Peserta kompetisi Stocklab Competition 100 orang, terdiri dari mahasiswa/i aktif Universitas / Sekolah Tinggi Seluruh Indonesia

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE