ARTJOG 2019 (selanjutnya ditulis ARTJOG MMIX) akan kembali digelar pada 25 Juli hingga 25 Agustus 2019. Pada penyelenggaraannya yang ke-12, ARTJOG hendak memposisikan diri sebagai sebuah Festival Seni Rupa Kontemporer Internasional (Yogyakarta International Contemporary Art Festival) dan tetap mempertahankan Jogja National Museum (JNM) sebagai tempat penyelenggaraannya.

Mulai 2019 hingga 2021, ARTJOG akan dibingkai dengan sebuah tema besar, Arts in Common. Tema tersebut kemudian akan diturunkan menjadi sub-tema dalam tiga edisi festival setiap tahunnya. Tema yang diusung pada ARTJOG MMIX adalah common|spaces. Tema tersebut dihadirkan untuk memaknai ARTJOG sebagai ruang bersama bagi semua kalangan.

Advertisement

ARTJOG MMIX akan diikuti oleh 39 seniman seni rupa (individu maupun kelompok) dari dalam dan luar negeri. Selain itu, Special Project hadir dengan melibatkan 5 seniman lintas disiplin yang ditunjuk langsung. Mereka adalah Handiwirman Saputra, Riri Riza, Sunaryo, Teguh Ostenrik dan Piramida Gerilya (proyek kolaborasi antara Indieguerillas dengan Singgih S. Kartono).

Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI, membuka ARTJOG 2019

ARTJOG juga membuka peluang keterlibatan para seniman muda potensial melalui mekanisme panggilan terbuka. Sebagai wujud apresiasi atas kiprah mereka dalam berkarya, ARTJOG menghadirkan program Young Artist Award. Program ini adalah penghargaan bagi para seniman muda peserta ARTJOG terbak yang berusia di bawah 35 tahun. Program ini dirancang sebagai sebuah upaya untuk menggali potensi dan wawasan seniman muda serta memperluas jaringan dan lintasan karier mereka dalam berkesenian.

Young Artist Award melibatkan Fumio Nanjo (Direktur Museum Seni Mori, Tokyo, Jepang), Aaron Seeto (Direktur Museum MACAN), Natasha Sidharta (Direktur IndoArtNow) dan tim kuratorial ARTJOG MMIX common|space sebagai tim juri. Daftar pendek seniman yang terpilih dari proses penjurian tersebut antara lain, Agung Prabowo, Agnes Christina, Andrita Orbandi, Erika Komariah, Etza Meisyara, M. Lugas Silabus, Natasha Tontey, Patrick Hartono, Riono Tanggul Nusantara, Robert & Olga, Supattanawadee Muanta (Thailand), Tim Woodward (Australia) dan Wiyoga Muhardanto.

Advertisement

Program Daily Performance hadir sebagai ruang berbagai praktik dan pemaknaan seni kontemporer yang tidak terbatas hanya dalam satu medium seni. Program Meet The Artist akan dilaksanakan seminggu sekali di hari Rabu sedangkan program Curatorial Tour akan dilaksanakan sebanyak setiap Selasa dan Jumat, tanpa dipungut biaya tambahan. Program baru LeksiKon akan menampilkan sajian edukasi publik dengan format yang kreatif, performatif, dan berbeda dari sejumlah wicara pada umumnya.

Tahun ini ARTJOG MMIX dibuka secara resmi oleh Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan Republik Indonesia). Untuk semakin memeriahkan acara, sebuah pertunjukan musik dari Dewa Budjana turut menghibur seluruh pengunjung.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya