Kalau kalian penikmat kartun Jepang seperti Doraemon pasti tahu deh dengan tas sekolah ala anak SD di Jepang. Tas anak SD di Jepang bentuknya sama seperti tas yang dipakai Nobita dan teman-temannya pergi ke sekolah pada serial kartun Doraemon. Ternyata, tas itu punya nama julukan lho yaitu randoseru. Ternyata bukan di kartun doang, semua anak-anak SD di Jepang tanpa terkecuali memang diharuskan memakai tas sekolah jenis randoseru ini. Sebagaimana dilansir dari Japan Monthly, tradisi memakai tas ini sudah mengakar di Jepang sejak 150 tahun yang lalu. Jadi bisa dibilang, tas sekolah ini merupakan bagian tersendiri dari kultur unik Jepang yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Bukan cuma unik, ternyata tas randoseru ini mahal banget lho guys! Kalau dirupiahkan, dengan nilai 1 yen yaitu 134 rupiah, harganya mulai dari Rp4juta sampai Rp17juta-an. Tas ini jadi salah satu kebutuhan sekolah paling mahal bagi anak-anak yang akan mulai SD di Jepang. Sebenarnya, seperti apa sih randoseru dan kenapa harganya bisa fantastis? Yuk kulik bersama Hipwee News & Feature~

1. Tas anak SD Jepang ‘randoseru’ ini harganya memang terbilang mahal sih, sekitar 30.000 sampai 120.000 yen. Tapi, kualitasnya nggak main-main deh

Harganya terbilang mahal sih, tapi awet banget lho via misawa-travelog.blogspot.com

2. Dengan harga yang mahal, tas ini sangat awet dengan material dari kulit dan besi. Bahkan, anak SD memakai randoseru selama 6 tahun lho!

Nggak kayak anak SD di Indonesia yang tiap tahun ganti tas, anak SD di Jepang nggak ganti randoseru selama 6 tahun via cms.whiterabbitexpress.com

3. Yang membelikan tas buat anak-anak ternyata bukan orang tuanya, tapi kakek atau neneknya yang mampu sebagai hadiah

Tugas membeli randoseru ini adalah milik kakek dan nenek sang anak via www.japantimes.co.jp

4. Sebenarnya tas sekolah ini terinspirasi dari tas tentara. Semenjak tahun 1950, tas itu jadi populer untuk anak SD dan dijuluki randoseru

Randoseru bentuknya mirip tas buat perang via alicegordenker.wordpress.com

5. Dulunya sih anak cowok identik dengan randoseru berwarna hitam sedangkan yang perempuan warna merah. Tapi sekarang warnanya sudah bervariasi

Pilihan warnanya cantik dan menarik ya via japan-magazine.jnto.go.jp

6. Material randoseru ini keras sehingga bisa melindungi isi tas dari guncangan. Dalam kondisi kosong pun tas ini terbilang berat

Dalam randoseru juga muat banyak via www.carryology.com

7. Bentuk tas yang persegi dengan bantalan punggung bisa bikin postur anak SD jadi lebih baik karena mereka akan berdiri lebih tegap ketika pakai randoseru

Beban ketika pakai randoseru lebih terpusat dan bisa bikin badan tegap via www.aliexpress.com

8. Randoseru dilengkapi dengan sejenis peluit yang bisa diaktifkan anak SD ketika terjadi bahaya sehingga orang lain tahu dan bisa menolongnya

Peluit dibunyikan atau ditekan ketika anak dalam kondisi darurat via www.t-kamiten.com

9. Selain itu, randoseru sangat bermanfaat lho. Ketika anak kecil tenggelam, tas ini bisa berfungsi sebagai pelampung

Randoseru bisa mengapung lho via freshday-randoseru.blogspot.com

10. Randoseru juga bisa melindungi kepala anak ketika terjatuh ke belakang akibat kecelakaan atau terpeleset di jalan

Bagian kepala anak bisa terlindung kalau pakai randoseru via press.ikidane-nippon.com

Advertisement

Kalau sudah lulus SD dan akan masuk ke SMP, tas randoseru ini sudah terlalu kecil. Biasanya, mereka akan menggunakan tas jenis lain. Ada SMP yang mengatur dan menyeragamkan tas sekolahnya, tapi ada juga yang membebaskan pilihan tas sekolah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya