Jangan dulu bosan dengan tagar #10YearChallenge yang sempat memenuhi linimasa sejak beberapa hari lalu. Tagar yang sebenarnya adalah sebuah challenge atau tantangan ini mengajak pengguna internet membagikan foto perbandingan penampilan mereka saat ini dengan 10 tahun lalu –yang artinya tahun 2019 dan 2009. Tantangan ini banyak banget pengikutnya, selain sebagai ajang nostalgia, #10YearChallenge juga seolah menunjukkan kalau orang bisa mengalami perubahan drastis dalam kurun waktu 10 tahun!

Tapi rupanya, belum banyak orang sadar kalau tidak hanya diri kita aja yang berubah drastis selama 10 tahun ini, melainkan juga bumi tempat kita tinggal. Sejumlah pengguna media sosial mengunggah foto-foto perbandingan penampakan bumi tahun 2009 dan 2019, yang mirisnya beda banget! Unggahan-unggahan ini semakin menegaskan kalau pemanasan global itu memang nyata lo Guys! Kali ini Hipwee News & Feature sudah menyiapkan rangkumannya buat kamu. Simak deh, sebagai pengingat agar kita bisa lebih menyayangi bumi pertiwi…

1. Pemanasan global atau global warming membuat es di kutub mencari. Daratan es jadi berkurang. Beginilah penampakannya dari satelit

Es di kutub mencair via www.instagram.com

2. Kondisi bumi yang makin panas juga membuat banyak glasier mencair, salah satunya Rhone Glacier di Swiss ini. Awalnya diselimuti es, tapi lama-lama mencair jadi air

Karena pemanasan global via www.dailydot.com

3. Masih soal es di kutub, kalau ini bongkahan gunung es yang lama-lama jadi lautan, mencair karena suhu bumi memang makin meningkat

Bongkahan gunung es mencair via twitter.com

4. Glasier atau gletser lain yang terletak di Alaska juga jadi “korban” pemanasan global. Lihat deh, perubahannya drastis banget, ‘kan…

Bahkan tidak sampai 10 tahun, bentuknya sudah terkikis 1/3 nya via twitter.com

5. Mencairnya daratan es di kutub utara juga berdampak pada fauna yang tinggal di sana. Mereka jadi banyak yang kehilangan habitat serta sumber makanan. Kasihan!

Kehidupan beruang di kutub juga makin mengenaskan via www.mamamia.com.au

6. Coba bayangkan kalau kita yang menderita karena lahan tinggal semakin menipis… Pasti nggak enak banget rasanya

Nggak tega lihatnya via www.instagram.com

7. Ada juga yang mengunggah foto ini, yang dulunya dipenuhi es, sekarang tinggal tanah gersang doang. Duh, miris…

Cuma tersisa tanah gersang via www.instagram.com

8. Salah satu penyebab global warming adalah makin banyaknya penebangan hutan ilegal yang dilakukan manusia. Pepohonan jadi berkurang, ya wajar aja kalau bumi makin panas

Dulu pohonnya lebat banget, sekarang cuma tinggal kenangan… via www.instagram.com

9. Makin banyak juga proyek-proyek reklamasi, membuat luas perairan makin menipis. Apa kabar tuh biota-biota yang hidup di laut??

Akibat proyek reklamasi via www.instagram.com

10. Belum lagi polusi yang terjadi di dasar laut atau aktivitas ilegal manusia yang cuma bikin kerusakan ekosistem di laut makin parah. Kayak gini nih bedanya

Terumbu karang sudah banyak yang rusak via www.mamamia.com.au

11. Kalau sudah begini, siapa coba yang mau tanggung jawab? Mengembalikannya seperti semula jelas tidak semudah membalikkan telapak tangan…

Belum lagi masalah sampah plastik di laut yang semakin memperburuk keadaan via www.instagram.com

Advertisement

Melihat begitu drastis perbedaan kondisi bumi dulu dan sekarang, apa jadinya planet yang kita tinggali ini 10 tahun dari sekarang? Kalau tidak juga ada keinginan buat berbenah, tentu kondisinya akan jauh lebih buruk dari sekarang. Memangnya kamu mau hidup makin menderita gara-gara bumi berubah??

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya