Sejak 4 tahun lalu, ada yang berbeda dari bungkus rokok di Indonesia. Yang awalnya polos cuma ada tulisan merek dan keterangan rokok, mulai 2014 jadi ada gambar-gambar seram disertai peringatan ‘Merokok Membunuhmu’. Seramnya karena memperlihatkan gimana kondisi fisik orang yang hobi merokok, mulai dari lehernya bolong, bibirnya rusak, sampai paru-parunya menghitam. Tapi selain itu ada juga yang gambarnya orang merokok doang.

Belum lama ini salah satu model di bungkus rokok itu menuntut royalti karena fotonya udah disebarluaskan sama perusahaan rokok. Dia pun mengaku nggak tahu kalau fotonya bakal dicantumkan di bungkus rokok. Selain pria ini, ada juga 2 sosok lain dalam bungkus rokok yang identitasnya terkuak. Salah satunya punya kisah pilu yang layak didengar semua orang, khususnya para perokok. Yuk, simak ulasan Hipwee News & Feature kali ini…

1. Kamu ingat ‘kan, gambar orang merokok sambil menggendong anak kecil yang terpampang di banyak bungkus rokok? Nama pria itu Dadang Mulya

Dadang Mulya via www.hipwee.com

Advertisement

Belum lama ini nama Dadang Mulya banyak jadi headline pemberitaan media massa. Pria berusia 42 tahun warga Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini, belakangan menuntut royalti atas foto dirinya yang dicantumkan pada  bungkus rokok tanpa izin. Kata Pak Dadang, foto itu diambil tahun 2012 waktu ia sedang menonton pertandingan bola di desanya. Lalu tiba-tiba, ia dihampiri sales rokok dan diminta berpose sedang merokok sambil menggendong anak keduanya bernama Rizki Indriawan. Selanjutnya, Dadang difoto seorang pria dari dalam mobil.

Saat itu Dadang nggak tahu kalau fotonya bakal dipakai jadi cover bungkus rokok. Beberapa waktu kemudian, dia baru sadar kalau wajahnya viral dimana-mana. Pada Kompas dia berharap ada pihak yang perhatian sama kasus yang menimpanya ini.

Tapi ternyata, pengakuan Dadang ditampik sama Sakri Sab’atmaja, Kepala Subdit, Advokasi dan Kemitraan, Direktorat Promosi Kesehatan, Ditjen Kesmas, Kementerian Kesehatan. Dilansir Detik, Sakri berdalih kalau gambar itu diambil dari website Tobacco Labelling Resource Centre Thailand. Nah lho, jadi yang bener yang mana nih?

2. Selain Dadang, ada juga pria asal Thailand yang gambarnya sedang merokok banyak dipakai jadi cover bungkus rokok

Katanya sih orang Thailand via www.hotmagz.com

Advertisement

Waktu pemerintah mengeluarkan aturan soal pencantuman peringatan bahaya merokok, ada beberapa gambar seram yang tercantum pada bungkus-bungkus rokok di Indonesia. Selain foto yang diduga Dadang, ada juga sosok pria berkumis yang sedang merokok dijadikan cover bungkus rokok. Di sampingnya ada gambar tengkorak yang fungsinya mengingatkan perokok akan bahaya kematian yang mengintai. Meskipun mirip orang Indonesia, tapi pria berkumis itu ternyata orang Thailand lho guys.

Nggak jelas sih dia itu siapa, tinggal dimana, dan gimana bisa ada di bungkus rokok. Tapi katanya gambar pria ini sudah lebih dulu dijadikan gambar peringatan di Thailand sejak 2012.

3. Meski wajahnya nggak nampak, tapi nama Edison Siahaan mencuat setelah publik tahu kalau dia adalah sosok pemilik leher bolong di bungkus rokok

Edison Siahaan via style.tribunnews.com

Satu nama lain yang ikut-ikutan viral karena kabarnya jadi “model” di bungkus rokok adalah Edison Siahaan. Kamu tentu sering melihat gambar leher bolong yang banyak dicantumkan pada cover bungkus rokok. Ternyata menurut kabar yang beredar, orang dalam foto itu adalah Edison.

Pria berusia 78 tahun ini bahkan sampai mencuri perhatian media luar negeri, Al Jazeera, lho. Media ini membuat liputan khusus Edison, penderita kanker laring yang harus rela lehernya dilubangi demi untuk bertahan hidup. Ia terkena penyakit ini karena kecanduan rokok sejak umurnya masih 15 tahun. Dalam sehari, dia bahkan bisa menghabiskan 3 bungkus rokok! Tapi kini, nasi sudah menjadi bubur. Hanya penyesalan yang bisa dirasakan Edison. Sekarang ia pun mengimbau banyak perokok di luar sana buat berhenti, sebelum mereka merasakan apa yang dirasakannya.

Masalah rokok ini memang bukan hal mudah yang bisa dengan cepat diselesaikan. Butuh perhatian dan kesabaran lebih untuk menyadarkan orang-orang di luar sana yang udah kecanduan rokok. Meskipun udah 4 tahunan lebih gambar-gambar seram itu tercantum di bungkus rokok, nyatanya cara ini belum bisa menghentikan popularitas rokok di tengah masyarakat Indonesia ya. Hmm, menurutmu gimana guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya