“Wah, tumben minumanmu sehat banget, pakai air lemon segala…”

Pernah diledek teman gara-gara pengin sok-sokan hidup sehat dengan minum air lemon? Tenang, kamu nggak sendiri kok. Air lemon –yang sejatinya air putih diisi potongan lemon, atau sering juga disebut infused water— ini memang dianggap sehat bagi banyak orang. Sehat dalam artian apa juga sebetulnya rada abu-abu sih. Pokoknya kata orang-orang sehat aja gitu, lebih sehat daripada air putih. Oh, ada ding yang bilang air lemon bisa detoks racun-racun dalam tubuh. Hmm… tapi benarkah demikian?

Advertisement

Faktanya, air lemon ternyata nggak seajaib itu lo, Guys. Oke, ia memang nggak berbahaya buat tubuh, tapi juga nggak semenyehatkan yang dipikirkan orang selama ini. Kalau nggak percaya, coba kita buktikan bareng-bareng deh lewat ulasan Hipwee News & Feature kali ini.

1. Katanya air lemon bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Eits, jangan dulu langsung percaya lo

Banyak orang percaya kalau air lemon bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Tapi hal yang justru kontradiktif disampaikan Niket Sonpal, seorang gastroenterologis dan profesor di Touro College of Osteopathic Medicine, dikutip Vice. Menurutnya, belum ada riset yang membuktikan air lemon benar-benar bisa meningkatkan metabolisme. Kalau perkara turun berat badan karena minum air lemon sih itu lebih ke kemampuannya membuat kita merasa kenyang. Ini sih bukan air lemon aja yang bisa, minum air putih biasa pun juga.

2. Ada juga yang percaya mati-matian kalau air lemon bisa membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Sebenarnya bukan memperlancar sih, tapi malah bikin diare kalau kebanyakan

Katanya juga memperlancar pencernaan via 50plusreport.com

Memperlancar pencernaan? Hmm.. sebetulnya gini, lemon memang bisa menstimulasi usus untuk segera mengeluarkan sisa-sisa pencernaan alias BAB. Tapi itu karena vitamin C yang terkandung di dalamnya –yang sebenarnya juga bisa kita temui di banyak sekali bahan makanan lain. Itupun kalau dosisnya kebanyakan. Kalau nggak sih ya nggak begitu berpengaruh sama sistem pencernaan kita.

3. Air lemon juga dipercaya bisa mendetoks atau mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Hmm, siapa bilang??

Bisa mendetoks? via www.wattsfamilydental.com

Advertisement

Soal detoks ini, Sonpal membantah terang-terangan. Menurutnya, air lemon nggak bisa mendetoks racun apapun dalam tubuh. Tubuh kita ini sudah dirancang cukup jenius untuk memilah-milah sendiri kok, mana zat yang berguna dan mana yang nggak. Bahkan nggak cuma air lemon, kata Sonpal minuman apapun yang judulnya buat detoksifikasi itu sebenarnya omong kosong belaka.

4. Nggak sedikit juga yang menyarankan minum air lemon hangat buat meningkatkan daya tahan tubuh saat musim flu datang. Benarkah demikian?

Mengatasi atau mencegah flu via people.com

Apakah kamu termasuk orang yang auto-bikin air lemon hangat saat musim flu datang? Bisa dibilang usahamu itu selama ini sia-sia sih… Soalnya menurut Sonpal, nggak ada kandungan spesifik dalam lemon yang bisa menangkal virus masuk ke tubuh kita. Vitamin C di dalamnya pun nggak serta merta bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Begitu pula saat sudah dalam kondisi sakit, vitamin C nggak betul-betul bisa menyembuhkannya.

5. Terus kalau mau tetap minum air lemon karena terlanjur cinta boleh nggak sih? Boleh-boleh aja kalau kamu siap gigimu bakal jadi lebih sensitif~

Ternyata bisa mengikis email gigi via www.timesnownews.com

Sebenarnya terserah kamu aja, mau tetap melanjutkan rutinitas minum air lemon tiap pagi atau nggak. Tapi satu yang perlu kamu tahu nih, menurut Lee Gause, dokter gigi sekaligus profesor di New York University’s College of Dentistry, kandungan asam dalam lemon bisa mengikis email gigi lo. Tentu saja kalau kamu minum air lemon tiap hari, atau sampai menjadikan air lemon pengganti air putihmu. Terkikisnya lapisan ini, jadi penyebab gigi jadi lebih sensitif tiap kena makanan atau minuman panas atau dingin.

Sebagai pecinta air lemon, mungkin kamu nggak bakalan terima penjelasan di atas. Tenang, Gause punya sedikit tips buat kalian yang tetap ngotot mau minum air lemon setiap hari. Agar kesehatan gigimu terjaga, setelah minum air lemon, kamu harus kumur-kumur pakai air biasa maksimal 1 menit. Lalu kumur lagi pakai obat kumur ber-flouride kira-kira 30 detik. Tujuannya buat menggantikan lapisan gigi yang terkikir tadi.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya