Kalau bicara soal umur panjang, kita pasti langsung terpikirkan pada Jepang yang rata-rata penduduknya bisa hidup sampai 84,19 tahun. Tapi ternyata ada yang lebih tinggi lagi, guys. Salah satunya adalah Macao, sebuah daerah istimewa di negara RRC yang mungkin kamu kenal sebagai Latin City-nya Asia. Ternyata Macao juga terkenal dengan life expectacy yang tinggi, yaitu 84,46 tahun. Wah, rahasianya apa ya kira-kira?

Meski kecil, Macao termasuk wilayah dengan pertumbuhan ekonomi terbaik ke-empat di dunia lho. Kepadatan penduduknya rendah, sehingga kesejahteraan penduduknya juga tinggi. Fasilitas kesehatan lebih dari memadai karena kamu bisa menemukan medical center dengan gampang di seluruh penjuru kota. Nah, di luar itu, ternyata orang Macao punya gaya hidup yang bagus lho. Apa tuh? Yuk cek di ulasan Hipwee ini, siapa tahu bisa ditiru ‘kan?

1. Gerakan makanan sehat jadi konsen semua orang. Sayuran dan salad jadi menu keseharian

Sayur-sayuran dan makanan sehat via www.123rf.com

Advertisement

Sejak dulu hingga sekarang, healthy food selalu menjadi tren di Macao. Mau kamu sedang dalam program menguruskan badan, menggemukkan badan, atau yang biasa-biasa saja, orang Macao percaya kalau makan itu harus smart. Kebiasaan makan yang smart dan sehat ini akan memengaruhi segala aspek kehidupan. Sayuran, salad, dan jus adalah menu wajib di sini.

Kalau kamu ke Macao, kamu akan mendapati banyak restoran sehat berkonsep vegetarian seperti Green Kitchen & Juicery, Obento Fit, dan Ting Ting Cafe. Nggak cuma itu, banyak dari orang Macao yang diet nasi dan daging lho. Tahu sendiri ‘kan, dua bahan makanan itu cukup membawa dampak buruk untuk kesehatan kalau dikonsumsi berlebihan. Nggak tertarik ikutan tren makanan sehat nih?

2. Orang Macao dikenal dengan ikatan persaudaraan yang kuat. Relasi yang baik dengan teman dan keluarga, bisa bikin bahagia juga

Harmoni keluarga dan komunitas via www.123rf.com

Seperti yang kita tahu, kebudayaan Tionghoa memiliki sense of belonging yang sangat kuat. Di Macao, harmoni keluarga sangat diutamakan. Banyak keluarga multi generasi yang tinggal bersama-sama. Pun saat mereka tinggal secara terpisah, ada rutinitas-rutinitas tradisi yang nggak ditinggalkan semisal minum teh bareng di pagi hari, atau makan dim sum bareng setidaknya seminggu sekali. Dengan relasi kehidupan yang hangat ini, pastinya akan membuat orang lebih tenang dan bahagia ‘kan?

3. Menghabiskan banyak waktu di luar, untuk menikmati pemandangan indah. Rencana traveling jangan ditunda-tunda lagi ya!

jalan-jalan kuy!

Advertisement

Nah, dikutip dari BBC Travel, orang Macao senang berjalan-jalan di luar rumah. Mengelilingi kompleks atau sekadar duduk di tepi danau dan taman kota. Ternyata ini berpengaruh juga kepada panjangnya usia mereka lho. Di balik kesan glamournya yang terkenal itu, Makau punya banyak spot yang bisa dinikmati sambil berjalan-jalan santai.

Jika kamu ke Macao, kamu akan mendapati banyak orang berjalan-jalan di sekitar Camoes Garden yang super hijau setiap pagi. Ada yang sambil berolahraga, ada juga yang hanya sekadar membawa hewan peliharannya jalan-jalan. Kalau kamu suka tempat dengan nuansa romantis, boleh juga naik turun di jalan yang menuju Ruins St. Paul’s dengan taman asri di tengah-tengahnya. Kalau kamu suka nuansa gabungan Tionghoa dan Victorian, kamu bisa pilih Lou Lim Leoc Garden dengan jembatannya yang hits itu. Lalu akhiri perjalanan di Macao Tea House ya.

Kamu yang sedang jenuh dan lelah dengan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari boleh langsung merancang perjalanan ke Macao nih. Lihat sendiri kehidupan di sana, siapa tahu menginspirasimu untuk hidup lebih sehat.

4. Perbanyak jalan kaki dan mandi air hangat. Dijamin pikiran lebih fresh dan stres pun lewat

Banyak jalan kaki via www.123rf.com

Mirip-mirip di Jepang, Di Macao mau nggak mau kamu memang harus banyak berjalan kaki baik untuk mencapai satu tempat ke tempat lainnya, maupun untuk mencapai tempat transportasi publik. Karenanya berjalan kaki adalah salah satu kebiasaan sehat orang-orang Macao. Plus jalan-jalan di Macao memang ramah pejalan kaki sih ya.

Selain itu, orang Macao juga selalu mandi air hangat, karena menurut mereka mandi air dingin bisa menyebabkan sakit. Secara medis, mandi dengan air hangat memang bisa melancarkan peredaran darah, melemaskan otot-otot yang tegang, mengurangi stres dan mencegah insomnia. Mungkin kamu bisa mencoba nih~

5. Belajar untuk selalu optimis tapi juga menerima bisa memudahkan segalanya. Lepas dari tekanan hidup pun lebih gampang

Tetap positif dan selow via unsplash.com

Last but not least, kunci dari tingginya usia orang Macao adalah filosofi hidupnya yang selalu belajar untuk optimis. Dengan sikap optimis, kita jadi punya nyali untuk melakukan banyak hal. Sehingga nggak ada ceritanya hasrat terpendam karena takut gagal yang bikin tertekan. Di sisi lain, orang Macao punya filosofi untuk “let it go”. Ketika semuanya sudah dilakukan namun masih gagal, ya sudah, berarti bukan rezekinya. Dengan sikap yang optimis sekaligus legowo ini, seberat apa pun kehidupan tetap akan terasa ringan bukan?

Itulah beberapa rahasia umur panjang orang Macao. Terlepas dari negaranya yang kaya sehingga fasilitas kesehatan sangat memadai, ternyata gaya hidupnya pun sangat keren yaa. Tertarik mencontoh?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya