Geliat tanaman hias di Indonesia ternyata begitu tinggi, tak terkecuali adalah kaktus. Siapa sih yang nggak kenal dengan jenis tanaman satu ini. Tanaman yang terkenal karena daya tahan hidupnya yang tinggi di berbagai kondisi ini banyak banget digandrungi oleh berbagai kalangan lo. Mulai dari hanya sekedar untuk pajangan di ruang-ruang kecil, hingga untuk dikoleksi karena rupa bentuknya yang begitu banyak dan bermacam-macam.

urban cactus via www.neighbourlist.com

Apalagi di kalangan gaya hidup urban, kaktus menjadi salah satu tanaman yang hampir ada di setiap ruang hijau hingga pada meja-meja kafe. Keunikannya menjadikan daya tarik sendiri bagi tanaman ini untuk dipelihara banyak orang. Tapi jika diperhatikan, kaktus yang tersebar di Indonesia terbatas jenisnya hanya itu-itu saja. Selain karena pusat distribusi pertanian kaktus yang berkembang pesat hanya di satu daerah, yaitu Bandung. Kaktus yang biasa dengan dijumpai harganya juga terbilang nggak mahal. Jadi nggak perlu banyak perhitungan kalau hanya untuk dikoleksi saja.

Advertisement

Tapi ternyata, jenis kaktus yang ada di Indonesia itu nggak hanya itu-itu aja lo. Ada banyak jenis kaktus unik dan cantik-cantik yang mungkin jarang atau malah belum pernah kita lihat. Apa aja tuh, simak yuk!

Cantiknya kaktus jenis astrophytum, kaktus untuk kolektor pemula yang harganya bisa dibilang masih murah

astrophytum cactus via www.reddit.com

Jenis kaktus ini berasal dari Thailand, bentuknya yang seperti bola dengan berbagai corak dan warna membuat kaktus ini memiliki keunikannya sendiri. meskipun bentuknya “nggak kaktus-kaktus banget” karena nggak ada durinya, jenis astrophytum ini memiliki daya tahan hidup yang tinggi dalam berbagai kondisi cuaca. Di Indonesia, jenis Astrophytum dibanderol dengan harga mulai dari 100rb sampai 500rb.

Gymnocalicium, salah satu jenis kaktus yang terkenal dengan bentuknya yang kekar dan memiliki banyak paduan warna

Gymnocalycium via piknow.net

Kaktus jenis gymnolycium ini sebenarnya ada juga yang berasal dari Indonesia sendiri lo. Tapi kebanyakan warnanya memang tidak secantik hasil perkawinan silang yang banyak dikembangkan di Thailand. Jenis gymnocalicium sendiri masih dibagi dalam beberapa bentuk/clone lagi, salah satunya yang bisa kita jumpai dengan mudah adalah gymnocalicium mihanovichi dan gymocalycium friedrichi atau biasa disebut dengan LB2178.

LB 2178 via id.pinterest.com

Advertisement

Bentuknya yang kekar dan dipadu dengan warna yang begitu mencolok membuat kaktus jenis ini dapat dibilang lumayan mahal. Harganya berkisar antara 200rb hingga jutaan rupiah.

Si batu hidup, Lithops!

Jenis kaktus yang satu ini mungkin jarang kita lihat untuk dipelihara di dalam ruangan seperti di kafe dan semacamnya. Dikarenakan bentuknya yang kecil imut dan pendek, kaktus ini kurang pas jika untuk hiasan interior. Tapi jangan salah, lithops adalah satu jenis tanaman eksotik yang mungkin bakal bikin kita ingin berlama-lama untuk memandangnya. Bentuk khasnya adalah tubuhnya yang kecil mirip dengan batu namun memiliki corak dan warna yang sangat indah. Lithops ini ternyata nggak mahal lho, berkisar antara 100rb sampai 300rb saja. Belum berbunga aja udah cantik, apalagi kalau berbunga.

Amazing deaw, berlian hidup dari negeri Gajah Putih.

amazing deaw via id.pinterest.com

Kenapa dijuluki dengan berlian hidup? Kaktus jenis amazing deaw ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan LB2178 namun warnanya kayak nggak bener-bener kaktus lo! saking uniknya warna kaktus jenis ini, amazing deaw seringkali dikira sebagai kaktus palsu oleh orang awam. Tapi hasil khas cloningan dari Thailand ini di Indonesia sendiri persebarannya sangat terbatas. Lha di Thailandnya aja harganya sudah begitu tinggi apalagi di sini. Amazing deaw dihargai mulai dari 5 juta ke atas tergantung dari corak dan warnanya.

Ariocarpus, kaktus Godzila yang lebih mirip tumbuhan pada jaman purbakala

ariocarpus via www.cactuspedia.info

Mungkin kalian baru mendengar nama ini? Bahkan di kalangan pecinta kaktus sendiripun, ariocarpus kadang masih belum sepopuler jenis yang lainnya, padahal jenis yang satu ini unik banget lo. Bentuknya yang kekar menunjukkan kalau dia adalah tanaman yang kuat, makanya sering disebut juga dengan kaktus godzila. Harganya pun tidak main-main, seperti yang dilansir pada Radarmalang, kaktus jenis ini dihargai rata-rata mulai dari 6 juta rupiah untuk ukuran yang sudah lumayan besar.

Nah itu tadi mungkin beberapa jenis kaktus yang ada di Indonesia dan mungkin kalian baru tahu bentuk bahkan namanya. Tapi kenapa bisa mahal ya? Jadi, beberapa jenis kaktus di Indonesia termasuk yang di atas tadi bukan hasil pengembangan/cloning asli dari Indonesia, sebagian besar dibudidayakan di Thailand.

Makanya, mahalnya jenis kaktus-kaktus tadi juga dipengaruhi oleh biaya pengiriman antar negara. Belum lagi jika dinilai dari bentuk dan corak warnanya. Selain untuk dikoleksi, menanam kaktus juga bisa lo membuat ruangan kecilmu menjadi ruang hijau yang asri.
Bagimana, kalian tertarik untuk mencoba mengoleksi kaktus?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya