Siapa nih yang suka pedas?

Buat yang suka pedas, kamu mungkin harus tahu festival yang satu ini. Di kota Hunan, Cina, yang terkenal dengan kuliner pedasnya, ada sebuah festival cabai yang diadakan tiap tahunnya. Lomba makan cabai menjadi highlight acaranya. Tahun ini seorang pemuda bernama Tang Shuaihui baru aja mengukir rekor dengan berhasil menghabiskan 50 buah cabai tabasco dalam waktu 68 detik!

Advertisement

Cabainya juga bukan cabai biasa aja lho guys tapi cabai tabasco. Dalam Scoville Heat Scale, cabai tabasco ini punya tingkat kepedasan 30.000 hingga 50.000 scoville. Nilai tersebut setara dengan cabai rawit atau cayenne pepper. Wah bisa bayangin nggak tuh makan 50 buah cabai rawit dalam waktu 1 menit! Festival yang dimulai sejak hari Senin, 9 Juli 2018 kemarin, akan berakhir pada akhir bulan Agustus 2018 mendatang. Jadi masih banyak orang yang berlomba-lomba mengalahkan rekor Tang Shuaihui ini. Mau tahu keseruan lain di kompetisi makan cabai ini? Intip bersama Hipwee News & Feature yuk!

1. Pada festival cabai ini, ada sebuah kolam besar yang diisi air dan cabai. Peserta lomba makan cabai duduk di kolam tersebut sambil balapan makan cabai

Cabai yang digunakan untuk berendam ini adalah cabai yang tidak pedas sehingga nggak bikin kulit peserta jadi iritasi via www.chinadaily.com.cn

2. Peserta yang ikut mengenakan kaus dan celana pendek lalu duduk di kolam tersebut saat cuaca lagi terik-teriknya. Air kolam yang dingin membantu peserta nggak kepanasan karena kepedasan

Lomba makan cabai ini diadakan setiap hari selama festival berlangsung lho via www.chinadaily.com.cn

3. Total cabai tabasco yang harus dihabiskan peserta lomba adalah 50 buah. Cabai ini punya tingkat kepedasan yang sama dengan cabai rawit

Kebayang dong pedasnya makan 50 buah cabai tabasco ini via www.chinadaily.com.cn

4. Buat yang nggak kuat pedas, boleh kok bawa air minum selama lomba berlangsung. Pedasnya cabai ini emang nggak main-main lho

Kalau mulut rasanya terbakar, bisa kok minum dulu via www.chinadaily.com.cn

5. Lihat deh betapa antusiasnya peserta dalam memenangkan kompetisi makan cabai. Tapi tenang, ada dokter yang berjaga-jaga kalau misal terjadi sesuatu yang nggak diinginkan

Semangat banget makan cabainya via www.chinadaily.com.cn

6. Pemenang lomba ini akan mendapatkan hadiah berupa koin emas 24 karat sebesar 3 gram lho. Pantes ya banyak yang tertarik…

Terus berjuang meski kepedasan via www.chinadaily.com.cn

7. Ini dia pemenang lomba yang berhasil menghabiskan 50 buah cabai dalam waktu 68 menit. Bahkan ketika MC baru selesai bicara, semua cabai di piringnya sudah habis dilahap.

Tang Shuaihui memenangkan kompetisi dengan perolehan waktu yang mengesankan via www.chinadaily.com.cn

8. Salah seorang peserta ada yang mengambang di kolam cabai dengan punggungnya sambil terus berusaha mengunyah dan menelan 50 cabai.

Mau coba ikut kompetisi ini juga? via www.chinadaily.com.cn

Jika banyak yang berpikir bahwa rasa pedas cabai asalnya dari bijinya, hal itu salah besar. Rasa pedas pada cabai berasal dari lapisan putih kenyal yang ada di dalamnya. Lapisan itu disebut dengan plasenta dan memiliki kandungan capcaisin yang bisa membuat mulut terasa seperti terbakar.

Dibalik rasa pedasnya, sebenarnya cabai memiliki manfaat bagi kesehatan lho. Cabai memiliki kandungan vitamin C yang setara dengan 7 buah jeruk. Nggak cuma itu aja, cabai bisa meningkatkan aliran darah dan memerangi beberapa bakteri. Tapi, tetap diingat ya, walau bermanfaat, mengonsumsi cabai juga tak boleh berlebihan. Inginnya sehat, eh malah sakit..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya