Tahun 2018 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Sedikit flashback setahun ke belakang, tampaknya tahun ini bukan tahun terbaik buat negeri bumi pertiwi. Karena kalau diruntut sejak awal tahun, Indonesia banyak banget ditimpa bencana alam, mulai dari banjir, gempa, longsor, hingga erupsi gunung berapi. Melansir dari cuitan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, ada setidaknya 2.374 kejadian bencana sepanjang 2018, dengan ribuan korban tewas dan luka, dan jutaan orang terpaksa mengungsi. Kerugian materil ditaksir mencapai triliunan!

Advertisement

Bencana alam memang nggak bisa diprediksi datangnya, tapi setidaknya kita bisa belajar dari rentetan peristiwa yang terjadi di 2018, biar tahun depan bisa lebih prepare serta kerugiannya bisa diminimalisir. Sebelum itu, yuk simak dulu rangkuman Hipwee News & Feature soal 9 bencana terparah yang menimpa Indonesia setahun ke belakang. Buat pembelajaran bersama nih…

1. Tahun 2018 kemarin kita “disambut” oleh bencana gempa bumi berkekuatan 6,1 SR yang terjadi di Lebak, Banten, Jawa Barat. Peristiwa ini terjadi 23 Januari lalu

Gempa di Banten via www.hipwee.com

2. Bulan berikutnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara dilaporkan mengalami erupsi. Meskipun kabarnya nggak ada korban jiwa, tapi ribuan warga di sekitarnya sampai dievakuasi lo

Erupsi Gunung Sinabung via www.hipwee.com

3. Masih di bulan yang sama, bencana longsor terjadi di Brebes, Jawa Tengah. Kejadian ini menimpa para petani di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes

Longsor di Brebes via www.hipwee.com

4. Nggak sampai seminggu setelahnya, Lampung Tengah dilanda banjir bandang. Ketinggian air waktu itu mencapai 2 meter lo, dan ada 12 kecamatan yang terendam!

Banjir di Lampung Tengah via www.hipwee.com

5. Berikutnya yang terparah dari yang terparah, adalah gempa bumi di Lombok, NTB. Dalam kurang lebih sebulan, ribuan gempa dilaporkan telah terjadi di sana. Jangan tanya deh kerugiannya berapa…

Gempa di Lombok via www.hipwee.com

6. Belum reda duka akibat gempa bumi di Lombok, sekitar sebulan lebih setelahnya, terjadi lagi gempa 7,4 SR dan tsunami 6 meter di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Benar-benar bikin trauma lo

Gempa Palu dan Donggala via www.hipwee.com

7. Bulan Oktober kemarin juga jadi hari tak terlupakan bagi warga Sumatera Utara dan Barat, setelah banjir dan longsor dikabarkan terjadi dalam waktu hampir bersamaan

Banjir dan longsor di Sumut & Sumbar via www.hipwee.com

8. Bencana yang sama juga baru saja menimpa Probolinggo, Jawa Timur. Banjir dan longsor puluhan bangunan dan sejumlah jembatan rusak, akibatnya 500-an Kepala Keluarga (KK) terisolir

Longsor di Probolinggo via www.hipwee.com

9. Dua hari setelahnya, bencana longsor juga terjadi di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Longsor itu menimpa 4 rumah warga saat mereka masih tidur dini hari!

Longsor di Toba Samosir, Sumut via www.hipwee.com

Itulah rentetan bencana terparah sepanjang tahun 2018. Sebetulnya masih ada ribuan bencana lagi yang terjadi di seluruh daerah di Indonesia, mulai dari yang kecil sampai besar. Tahun depan, kemungkinan bencana lain terjadi pasti ada. Apalagi mengingat demografi wilayah Indonesia ini memang ada di kawasan rawan bencana. Tapi situasi dan kondisi seperti ini jangan sampai bikin kita cuma bisa pasrah aja. Ya, semoga pemerintah bisa lebih giat membantu masyarakat untuk lebih tanggap bencana deh, kayak di Jepang gitu…

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya