Apa ya jadinya manusia tanpa teknologi? Ya yang jelas peradaban manusia nggak bakal bisa maju kayak sekarang. Nulis masih pakai daun, menghubungi kerabat nun jauh di sana masih pakai surat, mau kemana-mana juga masih pakai kuda. Kalau dibandingkan sama sekarang udah sangat jauh berbeda. Tenaga manusia udah hampir nggak ada nilainya, soalnya semua-semua dikerjakan oleh robot. Mulai beres-beres rumah sampai melakukan operasi di tubuh manusia!

Perkembangan teknologi robot ternyata juga merambah ke dunia konstruksi. Kalau ditanya gimana sebuah bangunan bisa berdiri, kita pasti kompak menjawab: ya dengan menyewa jasa tukang. Soalnya dari sebelum manusia bisa membaca aja mereka udah membangun rumah sendiri, pakai tangan. Jadi ya semodern-modernnya paling cuma alat-alatnya aja yang jadi makin canggih. Manusia tetap turun tangan di lapangan. Tapi sekarang urusan bangun-membangun ini bisa dilimpahkan sepenuhnya ke robot lho. Kita yang manusia cuma ngurusin desain bangunan dan mengoperasikan si robot itu aja. Wah, simak yuk ulasan menariknya bareng Hipwee News & Feature berikut ini.

Advertisement

via GIPHY

Perusahaan robotik asal Australia membuat “Lengan Robot” yang dinamai Hadrian X. Tugasnya buat mendirikan bangunan

Fastbrick Robotics, seperti dilansir Business Insider, membuat terobosan baru yang mengubah 100% cara lama manusia mendirikan sebuah bangunan. Perusahaan asal negeri Kanguru itu menciptakan Hadrian X, teknologi mutakhir berbentuk truk dengan “Lengan Robot” yang siap menyusun material konstruksi menjadi sebuah bangunan. Hadrian X bekerja sesuai dengan desain 3D yang sebelumnya sudah dirancang oleh manusia.

Robot ini diklaim bisa menyusun lebih dari 1000 batu bata selama 1 jam aja! Dengan kemampuan ini ia pun bisa membangun rumah cuma dalam waktu 2 hari. Wow!

1000 batu bata/jam! via www.dailymail.co.uk

Biasanya para pekerja bangunan butuh waktu berminggu-minggu hanya untuk membangun rumah kecil. Ini karena tenaga mereka yang terbatas, jadi nggak bisa bekerja 24 jam penuh. Lain halnya dengan Hadrian X ini. Karena bukan manusia, ia bisa bekerja seharian tanpa berhenti sedikit pun. Nggak perlu istirahat barang sedetik. Kekuatan supernya ini membuat ia bisa menyelesaikan kerangka rumah luas standar hanya dalam waktu 2 hari! Mulai dari membuat pondasi sampai menempelkan batu bata, satu demi satu dilakukan dengan cepat dan cermat.

Meski belum tersedia secara komersil, tapi teknologi ini diramalkan bisa meningkatkan pasar konstruksi global sampai triliunan dolar!

Belum resmi dijual via www.marketwatch.com

Advertisement

Nggak heran sih, soalnya teknologi macam ini kayak belum pernah ada yang bikin. Kalau udah beneran dijual, pasti banyak banget yang minat. Terutama perusahaan-perusahaan konstruksi besar yang kerjaannya bikin gedung-gedung bertingkat. Soalnya dari segi finansial aja bakal lebih hemat. Kalau pakai tenaga manusia nggak bisa dibayangin deh sebanyak apa modal yang dibutuhkan buat membayar jasa tukang bangunannya aja.

Eh tapi jangan membayangkan robot ini bisa menyelesaikan bangunan sampai ke hal detailnya ya. Setelah kerangka berhasil berdiri, selanjutnya tetap jadi tugas manusia, seperti memasang jendela, pintu, sampai instalasi listrik dan air. Tapi tetap aja pekerjaan bangun-membangun yang awalnya berat banget jadi kerasa lebih ringan berkat bantuan si Hadrian X~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya