8 Foto Ini Tampilkan Beda Penglihatan Manusia & Hewan. Meski Objeknya Sama, Warnanya Bisa Beda!

Beda penglihatan manusia dan hewan

Meski berbeda, manusia dan hewan diciptakan dengan perbedaan dan keunikan masing-masing. Apa yang kita miliki, terkadang tidak dimiliki oleh hewan, begitu pun sebaliknya. Ini karena setiap makhluk hidup tercipta dengan fisik yang disesuaikan dengan habitat atau kondisi lingkungannya. Seperti hewan laut yang punya kulit lebih tebal daripada manusia agar bisa bertahan hidup di bawah air, atau hewan kutub utara yang punya bulu tebal untuk melindungi diri dari cuaca dingin.

Penglihatan manusia dan hewan pun juga berbeda. Bahkan antara satu hewan dengan hewan lain juga sebenarnya nggak sama. Tapi secara umum, penglihatan mata manusia memang lebih tajam dibanding hewan. Kita bisa melihat detil benda yang nggak bisa mereka lihat. Benda yang kita lihat punya warna tertentu, bisa jadi di mata hewan warnanya berubah. Apakah kalian penasaran dengan “dunia” yang selama ini dilihat hewan-hewan di sekitar kita? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut ini yang dilansir dari Vorply!

1. Sebagai hewan yang cukup sering berinteraksi dengan manusia, kucing punya penglihatan yang sebetulnya nggak jauh berbeda dengan kita. Cuma warna yang ditangkap aja yang beda

Oh jadi begini cara kucing melihat sekitarnya… via www.vorply.com

2. Tak banyak berbeda dengan penglihatan kucing, penglihatan anjing juga memiliki warna dominan turquoise, hijau kebiru-biruan gitu ya

Mirip-mirip sama penglihatan kucing ya via www.vorply.com

3. Selain dari warnanya, beda penglihatan manusia dan burung juga bisa dilihat dari angle-nya. Semacam lebih mengerucut gitu nggak sih…?

Bagi kita mungkin kurang jelas, tapi mungkin bagi burung ya penglihatan seperti inilah yang bisa membantunya terbang dan menghindar dari predator via www.vorply.com

4. Mata kita tidak didesain bisa melihat dalam gelap. Beda sama mata ular, yang mana kemampuan itu berguna untuk mencari mangsa di malam hari

Mata ular diciptakan bisa melihat dalam gelap. Keren ya! via www.vorply.com

5. Lain lagi dengan tikus, hewan ini sepertinya memang nggak bisa fokus melihat benda, beda sama mata kita. Tapi mungkin itu lebih menguntungkannya

Penglihatan hewan tikus didominasi warna hijau via www.vorply.com

6. Setelah melihat perbedaan ini, kok jadi merasa bersyukur terlahir sebagai manusia ya. Soalnya kok kayak pusing gitu punya penglihatan seperti lalat. Hahaha~

Tapi lalat tentu saja sudah terbiasa dengan pemandangan seperti di kanan ini via www.vorply.com

7. Siapa yang punya peliharaan ikan di rumah? Kira-kira seperti inilah penglihatan mereka dari balik akuarium. Jadi cembung gitu ya~

Jadi kayak foto yang diambil pake lensa kamera cembung deh via www.vorply.com

8. Nah, karena mata kita nggak didesain buat bisa melihat dari dalam air, jadinya yang terlihat cuma blur gitu aja. Beda sama hiu, meski berada di bawah laut, dia bisa melihat detil benda yang ada di sekelilingnya

Termasuk objek yang ada di permukaan air. Makanya, hati-hati kalau berenang di laut ya! Hehe via www.vorply.com

Advertisement

Sebenarnya belum lama ini, ilmuwan baru menciptakan software yang bisa memperlihatkan bagaimana hewan-hewan melihat dunia di sekelilingnya. Cara kerjanya, kita tinggal memotret aja pemandangan atau objek di sekitar, lalu pilih mau melihat penglihatan hewan apa, pilihannya ada lebah, ikan, mamalia, atau hewan lainnya. Seru sih, jadi tahu bentuk lain dari dunia yang kita tinggali ini~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE