Sosok Ridwan, ‘Pahlawan’ dalam Demonstrasi Mahasiswa yang Menelan Korban Seorang Polisi. Inspiratif!

Demo mahasiwa membakar polisi

Nama Ridwan Suryana mendadak menjadi perbincangan hangat oleh masyarakat setelah terjadinya kasus pembakaran anggota kepolisian dalam sebuah demonstrasi yang dilakukan oleh gabungan mahasiswa beberapa waktu lalu. Remaja berusia 18 tahun tersebut mendadak viral setelah aksinya memberikan air minum kepada seorang anggota polisi yang menjadi korban pembakaran massa demonstran.

Diketahui sebelumnya, unjuk rasa tersebut terjadi di depan gerbang pendopo Bupati Cianjur Jawa Barat pada Kamis tanggal 15 Agustus lalu. Unjuk rasa mendadak menjadi ricuh setelah salah seorang massa dari kerumunan demonstran melemparkan cairan yang adalah diduga bensin ke arah pihak kepolisian.

Sejumlah polisi menjadi korban pembakaran massa demonstran

Kejadian pembakaran terhadap anggota kepolisian ini berawal ketika sedang melakukan pengamanan aksi demo yang dilakukan oleh beberapa gabungan kelompok mahasiswa. Melansir CNN Indonesia, dalam aksi tersebut, para demonstran menyerukan catatan remidial tentang pemerintah yang gagal. Mereka juga sempat melakukan pemblokiran Jalan Siliwangi yang tepat berada di depan pintu masuk Pemkab Cianjur. Akibat dari hal tersebut, kemacetan arus lalu lintas terjadi di sepanjang Jalan Siliwangi.

Dalam aksi yang mendadak terjadi kerusuhan ini, beberapa anggota kepolisian menjadi korban pelemparan benda yang diduga bensin dari arah massa demonstran yang mengakibatkan luka bakar. Salah satu dari korban pihak kepolisian ini adalah Aiptu Erwin Yudha.

Melihat ada anggota kepolisian yang terbakar, Ridwan bergegas menghampiri dan memberinya minum sembari menenangkan

Sosok Ridwan Suryana via regional.kompas.com

Ridwan Suryana yang baru-baru ini diketahui merupakan salah satu siswa kelas XII SMK Pasundan Cianjur jurusan Akuntansi ini sedang menjalani magang di salah satu kantor di lingkungan Pendopo Bupati Cianjur. Menurut laporan Kompas, dirinya saat itu tengah beristirahat dan makan siang kemudian melihat adanya aksi unjuk rasa yang terjadi di halaman pendopo.

Dalam kondisi yang mendadak menjadi ricuh tersebut, Ridwan menuturkan bahwa dirinya tiba-tiba melihat salah seorang anggota kepolisian berlari dalam kondisi sudah terbakar. Korban yang berhasil ditolong oleh beberapa rekannya tersebut akhirnya tergeletak di tepi trotoar. Saat itulah Ridwan langsung menghampiri anggota kepolisian tersebut dan memberinya air minum sembari menenangkannya.

Polisi akan siapkan penghargaan untuk Ridwan

Aksi Ridwan saat menolong polisi korban pembakaran massa via regional.kompas.com

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah dalam wawancaranya yang dimuat oleh Kompas menyebutkan bahwa pihak kepolisian telah menyiapkan penghargaan secara khusus untuk Ridwan terkait aksi heroiknya dalam menolong anggota kepolisian tersebut. Hal itu diberikan sebagai bentuk terimakasih dari pihak kepolisian kepada Ridwan atas ketulusannya dalam membantu dan menolong anggota polisi yang menjadi korban pembakaran massa demonstran.

Selain itu, aksi Ridwan yang telah viral ini banyak mendapat perhatian oleh masyarakat khususnya para warganet. Mereka beramai-ramai memberikan pujian dan penghargaan kepada Ridwan karena tindakan terpujinya itu.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Seorang makmum yang taat :)