BRI Gelar BRImo Jakarta Coffee Experience. Padukan Kopi, Seni dan Hiburan

Event ini hadir dengan sejumlah agenda menarik yang dapat menambah pengetahuan mengenai kopi

Hari ini, di setiap sudut kota kita bisa dengan mudah menemukan banyak kedai kopi berikut ciri khasnya masing-masing. Dari menjamurnya coffee shop di Indonesia ini, bisa disimpulkan bahwa ngopi sudah menjadi bagian dari lifestyle generasi muda.

Advertisement

Geliat industri kopi di Indonesia tentu suatu hal yang positif. Hal ini pula yang menjadi alasan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Komunitas Pasar Kopi Cipete menggelar sebuah event bertajuk “BRImo Jakarta Coffee Experience”.

BRImo Jakarta Coffee Experience rangkul banyak pihak dan komunitas untuk kenalkan kopi dengan cara yang kreatif

Bank BRI melalui BRImo dalam kolaborasinya bersama Komunitas Pasar Kopi Cipete ingin mengenalkan kopi kepada masyarakat luas. Harapan dari kolaborasi ini adalah menambah wawasan masyarakat mengenai industri kopi, dan mengajak untuk mendukung industri kopi Tanah Air.

Event yang akan ini digelar pada tanggal 25 Maret – 27 Maret 2022 di Urban Forest, Grange Park, Cipete, Jakarta Selatan ini sekaligus juga untuk memberikan suntikan semangat bagi para pelaku industri kopi Tanah Air dalam menggerakkan Cipete Creative District.

Advertisement

Adapun Cipete Creative District merupakan sebuah gerakan untuk mengembangkan distrik Cipete menjadi kawasan yang diminati oleh banyak orang dan dapat menjadi salah satu desa wisata di Jakarta.

Selain itu, Ketua Panitia BRImo Jakarta Coffee Experience Mugni Fiat menjelaskan kalau event ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap tradisi ngopi di Indonesia yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

“Saat ini kopi nggak hanya sekadar menjadi minuman, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Kopi sudah berkembang sebagai media untuk bersosialisasi, bahkan menjadi katalis ide dalam industri kreatif,” ujar Ketua Panitia BRIMo Jakarta Coffee Experience 2022 Mugni Fiat dalam jumpa pers virtual, Selasa (22/3).

Advertisement

Event ini akan hadir dengan sejumlah agenda menarik yang dapat menambah pengetahuan mengenai industri kopi

Press Conference BRImo JCE 2022

Co-founder Teamup Ahmad Romero Comacho dalam acara konferensi pers JCE 2022 | dok. Tangkapan layar Zoom

Bersama Teamup sebagai penyusun acara, Komunitas Pasar Kopi Cipete seperti Tuku dan Dua Coffe sebagai pengisi acara serta BRImo sebagai sponsor utama, BRImo Jakarta Coffee Experience akan menyajikan edukasi yang dibalut kreasi.

Event ini akan terbagi menjadi beberapa agenda mulai dari Coffee Experience Corner di mana pengunjung dapat menikmati diorama kopi yang menceritakan tentang sejarah kopi dan rasa kopi yang ada.

Selanjutnya ada Pairing Food with Coffee, di mana setiap tenant coffee akan diajak untuk membuat menu makanan yang cocok dengan kopi dan nantinya bisa dibeli pengunjung.

Nggak hanya itu, Jakarta Coffee Experience juga akan mengadakan kompetisi barista bertajuk “Jakarta Coffee League”. Nantinya para barista akan berkompetisi untuk membuat kopi dan mempresentasikan menunya kepada para juri.

Barista yang berhasil memenangkan kompetisi ini berkesempatan untuk membawa pulang hadiah satu set mesin kopi dan mendapatkan modal usaha dengan total nilai Rp100 juta.

Selain itu juga terdapat sesi Ruang Bincang Kopi dan Coffee Market yang menjadi sesi edukasi dan diskusi mengenai jenjang karier di industri kopi, diiringi Music Performance dan Karaoke Night Closing.

Diinisiasi oleh para pemilik usaha kopi yang berada di Cipete

Press Conference BRImo JCE 2022

BRI Department Head of Acquiring Business Muhammad Yusuf dalam acara konferensi pers JCE 22 | dok. Tangkapan layar Zoom

Adapun Komunitas Pasar Kopi Cipete ini lahir dari pertemanan antar pemilik usaha kopi di Cipete. Kawasan ini memang dikenal sebagai kawasan yang banyak melahirkan ide-ide kreatif. Salah satu industri yang berkembang pesat di kawasan Cipete adalah industri kreatif dan kopi.

Kawasan Cipete juga dikenal sebagai surga bagi pecinta kopi di Jakarta. Oleh karena itu, Founder Kopi Tuku Andanu Prasetyo mengungkapkan BRImo Jakarta Coffee Experience 2022 nggak hanya sekadar menjadi hiburan melainkan untuk merangkul komunitas kopi yang lebih luas lagi.

“Dari pertemanan antar pemilik usaha kopi yang saling bertetangga, lahir Komunitas Pasar Kopi Cipete yang merupakan inisiasi internal coffe shop yang ada di Cipete. Kami menggelar acara dan mengundang banyak audience untuk fokus membahas kelekatan industri kopi di Cipete,” ujar Danu.

Senada dengan itu, Co-founder Teamup Ahmad Romero Comacho yang akrab disapa Popo mengutarakan harapannya agar event BRImo Jakarta Coffee Experience bisa menjadi event yang berkelanjutan.

Event ini kami cetuskan karena milihat perkembangan industri kreatif di Jakarta yang sangat baik. Kami berharap, BRImo Jakarta Coffee Experience dapat menjadi event yang berkelanjutan dan menjadi salah satu barometer di industri kopi nasional,” kata Popo.

Acara menarik dari BRImo dan Komunitas Pasar Kopi Cipete ini akan diselenggarakan secara hybrid sehingga pengunjung dapat langsung datang ke lokasi acara atau mengikuti secara daring.

Departement Head of Acquiring Business BRI Muhammad Yusuf berharap creative event seperti BRImo Jakarta Coffee Experience dapat mendorong bertumbuhnya industri kopi di Indonesia, sekaligus adaptasi cashless payment.

“BRI sangat mendukung event kreatif seperti BRImo Jakarta Coffee Experience. Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan kecintaan akan kopi serta dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait cashless payment, khususnya penggunaan super apps BRImo dan QRIS BRI sebagai solusi transaksi sehari-hari,” terang Yusuf.

Nah, buat pengguna aplikasi BRImo, kamu hanya perlu membayar satu rupiah untuk mengikuti event ini. Sedangkan bagi yang belum menggunakan aplikasi tersebut, akan dikenakan biaya registrasi sebesar Rp25 ribu per orang.

Informasi lebih lengkap untuk kamu yang ingin datang langsung atau mengikuti BRImo Jakarta Coffee Experience secara daring dapat diakses melalui Instagram @jakartacoffeeexperience.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE