Rencana pemindahan Ibukota dari Indonesia ke Kalimantan hingga saat ini rupanya masih menjadi perbincangan hangat masyarakat. Keputusan yang diambil oleh presiden Jokowi saat menjalani rapat terbatas pemerintah pada tanggal 29 April 2019 itu pun disambut baik oleh beberapa pihak mengingat saat ini Jakarta telah berubah menjadi kota terpadat di negara kita. Pemerataan pembangunan daerah pun juga tak lepas menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah berencana melakukan pemindahan ibu kota.

Rencana yang tertuang dalam Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024 ini telah memutuskan beberapa hal, di antaranya adalah ibu kota baru nantinya akan dibangun di kawasan Kalimantan Timur. Kabupaten Kutai Kartanegara adalah salah satu opsi yang digadang-gadang. Kalau membahas tentang Jakarta, tentunya sih banyak yang udah mengenal ya. Tapi gimana dengan calon ibu kota baru kita ini? Kita simak yuk fakta-fakta menarik di bawah ini!

Kutai Kartanegara ternyata memiliki banyak destinasi pariwisata yang mendunia lo!

Pariwisata Kutai Kertanegara via www.instagram.com

Advertisement

Siapa sangka sih kalau ternyata calon ibu kota baru Indonesia ini memiliki banyak sekali opsi destinasi pariwisata yang terkenal hingga ke mancanegara lo. Mulai dari yang berada di daerah perkotaannya hingga ke pelosok-pelosok dan bentang alamnya yang memukau. Mulai dari rawa, pulau-pulau kecil hingga hutan belantara yang masih asri semuanya ada di Kutai Kertangera. Salah satunya adalah Bantu Dinding Km 45 seperti foto di atas. Semoga aja ya besok jika udah dilakukan pembangunan, keasrian tempat ini masih tetap terjaga.

Punya pembangkit listrik tenaga gas, sumber pundi-pundi juga nih

PLTG Sambera Kukar via pltg-sambera.blogspot.com

Meskipun terletak jauh dari gemerlap dan pesatnya pembangunan Jakarta, ternyata Kutai juga nggak kalah maju lo. Jika kalian berpikir bahwa Kalimantan merupakan kota yang penuh dengan hutan belantara dan masih tertinggal dengan kota-kota besar lain di Indonesia, maka kalian salah besar. PLTG Sambera ini adalah salah satu buktinya. Untuk meningkatkan kebutuhan tenaga listrik di wilayah Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara, Pembangkit Listrik Tenaga Gas ini sudah mulai dibangun sejak tahun 2008 lalu.

Selain itu, Kutai Kartanegara juga merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi

Pertamina Hulu Mahakam via www.pertamina.com

Kawasan Kalimantan Timur, khususnya daerah Samboja yang berada Kabupaten Kutai Kertanegara merupakan salah satu penghasil minyak bumi di Indonesia. Selain minyak bumi, di kawasan tersebut juga dihasilkan gas alam. Beberapa perusahaan migas berskala multinasional yang mengelola daerah ini antara lain adalah Pertamina Hulu Mahakam PHM, Pertamina EP, ENI muara bakau VICO Indonesia, dan juga Chevron.

Memiliki letak geografis yang berbatasan dengan Kawasan Rehabilitasi Orangutan

Kawasan Konservasi Orang Hutan via metrobatam.com

Advertisement

Namanya juga masih asri dengan bentang alam bebasnya, Kalimantan adalah surga bagi kehidupan para Orang Hutan yang ada di Indonesia. Di Kutai Kartanegara sendiri, terdapat sebuah penangkaran dan konservasi orang hutan bernama Samboja Lestari. Selain itu, Samboja juga berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan dan Selat Makassar. Kawasan ini terkenal sebagai wilayah konservasi hutan lindung yang bernama Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Hal ini tentunya akan menjadi ujian bagi rencana pemindahan ibu kota, pasalnya kita semua akan dituntut berlaku seimbang terhadap kehidupan makhluk-makhluk ini juga nantinya saat diadakan pembangunan besar-besaran. Semoga tetap terjaga deh ya.

Dilalui sungai Mahakam yang memiliki panjang 920 kilometer!

Sungai Mahakam via www.borneotourgigant.com

Selain memiliki kontur geografis berupa hutan lebat dan perbukitan, Kutai Kartanegara juga merupakan salah satu kawasan yang dilewati sungai besar Mahakam. Sungai ini membentang sejauh 920 meter jaraknya. Saking besarnya sungai ini, bahkan penduduk sekitar banyak memanfaatkannya untuk berbagai aktivitas lo, seperti misalnya pariwisata, tambak ikan, hingga sungai apung. Hal unik lainnya yang bisa ditemukan di sungai adalah aktivitas masyarakatnya yang kadang berburu harta karun hingga ke dasar-dasar sungai untuk menemukan sisa-sisa peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara.

Banyak kan ternyata hal-hal unik yang bisa ditemukan di sini, semoga deh ya nanti bisa seimbang antara pembangunan dan kondisi alam yang masih asri di Kalimantan. Mau bagaimanapun itu, Kalimantan merupakan salah satu penyumbang oksigen terbesar di negara kita. Jangan sampai rusak hanya karena pembangunan yang nggak ramah lingkungan.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya