Ketika mampir ke SPBU, pemandangan orang-orang yang menggoyang-goyangkan kendaraannya saat mengisi BBM adalah sesuatu yang wajar dan sering terjadi. Kebanyakan dari mereka mempercayai bahwa dengan melakukan cara itu, bensin yang diisi lebih cepat turun dan memenuhi tangki bahan bakar. Selain itu mereka beranggapan tangki bisa memuat lebih banyak bensin.

Tapi belum lama ini, beredar imbauan langsung dari Pertamina agar cara itu nggak dilakukan lagi. Selain nggak efektif, menggoyang-goyang kendaraan saat isi bensin bahkan bisa memicu terjadi ledakan yang tentu berbahaya bagi kita maupun orang di sekeliling kita. Lah, berarti percuma dong yang kita lakukan selama ini?

Imbauan buat nggak menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin ini awalnya viral di media sosial. Diketahui imbauan itu dipasang langsung di SPBU di NTT

Himbauan Pertamina untuk nggak goyang-goyangin kendaraan via www.motorplus-online.com

Advertisement

Imbauan Pertamina untuk tidak menggoyangkan kendaraan disaat mengisi BBM ini diketahui dari foto yang diunggah oleh beberapa warganet pengguna Facebook, dan dibagikan ke grup-grup pecinta mobil dan motor tua di Facebook. Dilansir dari Suara.com, imbauan untuk nggak menggoyang kendaraan disaat mengisi BBM ini dilakukan oleh SPBU De Jongste Oil, Tanah merah, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Pertamina, ternyata menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin adalah tindakan sia-sia. Mending mulai sekarang berhenti aja deh

Ternyata sia-sia, cuma dapat capek doang~ via www.viva.co.id

Selain bensin akan mengaliri setiap rongga dan celah yang ada pada tangki, hal lain yang membuat kebiasaan ini sia-sia adalah, posisi tangki yang telah didesain lebih rendah daripada corong pengisiannya, agar bensin bisa mengisi ruang kosong dan selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah dengan maksimal. Makanya tindakan menggoyang-goyangkan kendaraan disaat pengisian bensin itu nggak perlu lagi dilakukan.

Jadi, mulai sekarang, mending stop deh, daripada melakukan kebiasaan yang sia-sia.

Selain sia-sia, menggoyang-goyangkan kendaraan saat pengisian BBM ternyata dapat memicu terjadinya kebakaran

Bisa picu kebakaran via fakta.news

Advertisement

Dijelaskan selanjutnya dalam banner itu, bahwa kebakaran bisa terjadi karena saat menggoyang-goyang kendaraan, ujung nozzle besi berpotensi bertemu dengan ujung tangki. Ketika dua titik beda muatan ini bertemu, diyakini mampu memicu gesekan listrik statis dan beresiko memunculkan loncatan percikan api. Meskipun resiko terjadinya kebakaran nggak sebesar kalau menyalakan rokok ketika pengisian, tetap hal ini mesti dihindari.

Ternyata bahaya menggoyang-goyangkan kendaraan, kurang lebih sama dengan bahaya memainkan gadget atau menyalakan rokok disaat pengisian BBM. Mulai sekarang, kalau kamu ngantri isi BBM di belakang orang yang goyang-goyangin kendaraannya, nggak ada salahnya untuk menegur dengan baik lo. Biar gimanapun, keselamatan bersama jadi taruhan.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya