Internet sudah menjadi bagian dari hidup hampir 4 miliar orang di dunia sekarang ini. Salah satu cara mudah menilai seberapa penting internet bisa dilihat dari bagaimana reaksi kita saat koneksi internet gawai kita melambat atau terganggu. Dari yang langsung bingung mau ngapain, uring-uringan ke provider, dan bahkan mungkin saja ada yang sampai level depresi. Pasalnya, aktivitas online itu makin mendominasi realitas kehidupan manusia.

Internet seakan-akan sudah seperti udara yang selalu kita butuhkan di mana pun dan kapan pun. Lantas bagaimana kalau internet tiba-tiba menghilang? Kira-kira apa yang bakalan terjadi dalam hidup kita? Apa yang bakal terjadi pada dunia? Simak ulasan Hipwee News & Feature berikut ini.

Kamu mungkin akan kesulitan dalam beraktivitas, terutama dalam berkomunikasi dan bersosial. Kamu bakal hidup dengan kebiasaan lama

Nggak ada sosial media, nelpon dan sms balik lagi pakai pulsa via www.unsplash.com

Advertisement

Saat kita kehilangan internet, siap atau nggak kita bakal menjalani hidup pakai kebiasaan orang lama. Menonton berita atau baca koran saat kepo sama kejadian di luar sana, ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas, mesti ke warung kalau mau kenyang meskipun mager.

Namun kesulitan yang paling besar kamu rasakan adalah berkomunikasi dengan orang. Nggak adanya internet membuat kita ribet dalam bersosial. Melansir Liputan6, kehilangan internet bakal membuat komunikasi kita hanya sebatas telepon dan SMS saja –yang mana ini ribet aksesnya dan mahal ongkosnya. Kebayang nggak sih hidup tanpa media sosial?

Kehilangan internet bakal berdampak besar pada ketersediaan makanan. Orang-orang akan kesulitan memperoleh makanan karena dunia peritelan terganggu

Pasokan makanan terganggu via www.newsobserver.com

Kehadiran internet sangat vital bagi pemenuhan kebutuhan makanan masyarakat, khususnya dalam dunia peritelan. Kehilangan internet dalam beberapa hari saja akan berdampak besar bagi ketersediaan makanan di supermarket. Hilangnya akses internet membuat komunikasi  terganggu sehingga menghambat arus permintaan, proses pengiriman, dan pemantauan ketersediaan produk di supermarket.

Dunia perbankan juga akan terganggu. Begitu pula dengan kelangsungan pasar saham

Bank kewalahan via www.npr.org

Advertisement

Kehilangan internet juga akan menyebabkan aktivitas bank online dan kartu kredit terganggu. Kamu hanya bisa mengambil atau menyetor uangmu secara offline. Dan pada saat itu juga bukan nggak mungkin bank akan tutup, kelimpungan akibat kesulitan mengakses database dan informasi akun nasabah. Begitu juga dengan kelangsungan pasar saham. Jual beli, pertukaran informasi, penanaman modal dan lain-lain akan terganggu seiring dengan hilangnya internet.

Banyak perusahaan yang akan bangkrut, terutama bisnis e-commerce. Artinya akan ada banyak PHK

PHK di mana-mana via www.koranperdjoeangan.com

Banyak perusahaan atau bisnis yang bergantung pada koneksi internet. Kehilangan internet akan menghambat produktivitas perusahaan tersebut. Internet hilang otomatis berdampak pada bertambahnya beban biaya produksi, lama-lama neraca keuangan perusahaan nggak stabil dan berdampak pada penghematan anggaran. Akan banyak pemecatan karyawan.

Dampak paling parah tentu saja akan dialami perusahaan e-commerce seperti Ebay, Amazon, Lazada, Tokopedia dan lain-lain. Bayangkan saja kalau persusahaan-perusahaan besar tersebut tutup. Angka pengangguran pasti akan meningkat tajam.

Banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan internet mati. Kenyataannya beberapa negara pernah mengalaminya

Mulai dari kabel optik yang rusak sampai solar flare via zonazet.com

Meski zaman sudah semakin canggih dan teknologi terus berkembang, kehilangan internet masih sangat mungkin terjadi. Lebih kurang ada empat kemungkinan yang bisa menyebabkan internet mati. Pertama, karena solar flairPada tahun 1998, aktivitas solar flare diduga menyebabkan banyak satelit keluar jalur dan gagal beroperasi. Akibatnya 80% pager mati, website dan internet PC semuanya down.

Kedua, perang digital atau cyberware. Banyak prediksi bahwa perang di masa depan akan beralih dari senjata menuju komputer. Perang ini berfokus pada seragan sistem internet negara lain dengan mengirim virus-virus berbahaya sehingga internet di negara tersebut mati. Ketiga, dimatikan oleh pemerintah. Seperti yang telah dilakukan pemerintah Mesir pada tahun 2011 saat ada pemberontakan Musim Semi Arab dan pemerintah Iran yang mematikan internet selama 45 menit semasa kerusuhan tahun 2010.

Yang keempat, karena kabel optiknya rusak. Sebagian besar koneksi internet masih memakai fiber-optik. Kalau kabelnya rusak, maka internetnya akan rusak juga. Banyak hal yang bisa menyebabkan kabel optik rusak. Mulai dari tersangkut jangkar kapal, rusak arena perang, atau ada yang menyabotase (biasanya karena perang) kabel-kabel optik tersebut.

Namun kamu nggak perlu khawatir internet bakal hilang. Sebab kenyataannya internet justru semakin berkembang

Internet semakin berkembang via mobilebusinessinsights.com

Meski banyak daktor yang bisa menyebabkan internet menghilang, tapi melihat kenyataan yang ada agaknya kemungkinannya kecil sekali. Perkembangan terkini bukannya menghilang, internet justru semakin hari semakin cepat. Ingat nggak saat dulu jaringan 3G lagi booming, muncul 4G, nggak lama kemudian desas-desusnya 5G sudah ada. Banyak kok sekarang negara yang sudah sadar akan pentingnya internet, contohnya Korea Selatan yang punya kecepatan internet tertinggi di dunia, atau Islandia telah menyediakan akses internet untuk hampir semua warga negaranya.

Memang sulit membayangkan jika internet menghilang, ya? Nah itulah kira-kira beberapa hal yang bakal terjadi saat internet tiba-tiba menghilang. Semoga bermanfaat, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya