Kemenag Tengah Siapkan Ensiklopedia KUA. Biar Kita Nggak Cuma Tahu KUA Sebagai Tempat Nikah Doang

Kemenag Ensiklopedia KUA

Bagi sepasang kekasih, pernikahan adalah sebuah cita-cita dan sesuatu yang sakral. Mereka yang telah mantap secara mental dan finansial pasti memiliki keinginan untuk melanjutkan hubungan ke tingkat yang lebih serius. Di Indonesia, pernikahan nggak akan dianggap sah oleh negara kalau kita nggak melibatkan Kantor Urusan Agama alias KUA.

Advertisement

KUA sendiri adalah lembaga yang telah banyak berkontribusi bagi pernikahan masyarakat Indonesia. Sejak pertama didirikan KUA telah melayani banyak pasangan yang hendak menikah dan melakukan pencatatan dengan rapi. Sayangnya, meski KUA memiliki nilai sejarah dan kontribusi besar, kita sebagai masyarakat masih belum tahu seluk beluk lembaga tersebut. Minimnya informasi perihal KUA membuat Kementrian Agama Republik Indonesia berencana untuk menyusun Ensiklopedia KUA.

Karena memiliki peran penting bagi masyarakat di Indonesia, Kementerian Agama Republik Indonesia kini sedang menyusun Ensiklopedia yang diharapkan dapat memberi informasi lengkap soal Kantor Urusan Agama (KUA) bagi seluruh masyarakat

Kementrian Agama melakukan pembahasan mengenai Ensiklopedia KUA via www.satuharapan.com

Kementrian Agama (Kemenang) kini memiliki agenda yang cukup penting. Kementrian tersebut kini sedang mempersiapkan Ensiklopedia Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan. Penyusunan Ensiklopedia KUA ini diharapkan dapat memberi informasi akurat bagi masyarakat menyoal lembaga KUA.

“Ensiklopedia ini dimaksudkan bukan hanya untuk dibaca pada masa tertentu saja, tapi juga sampai kapanpun dia harus menarik dan aktual untuk dibaca,” ucap Fuad.

Advertisement

Melansir Republika, Mantan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Fuad menginginkan proses penyusunan Ensiklopedia harus digarap dengan serius. Fuad mengingatkan bahwa Ensiklopedia ini harus memperhatikan unsur aktualitas dengan tata bahasa Indonesia yang baik. Menurutnya Ensiklopedia ini juga harus menarik dan aktual untuk dibaca oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ia memberikan contoh Ensiklopedia populer seperti Ensiklopedia Islam di Indonesia yang diterbitkan oleh IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ensikopedia KUA akan berisi seluruh informasi mengenai sejarah, layanan KUA, istilah dalam pernikahan hingga pembahasan mendalam perihal sembilan tugas dan fungsi KUA

Isi pembahasan Ensiklopedia KUA via www.dara.co.id

Menurut Fuad, selama ini KUA tengah banyak berkontribusi dan selalu ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Sayangnya masyarakat hanya tahu bahwa KUA adalah tempat dan lembaga untuk menikah. Nyatanya KUA bukan cuman mencatat soal pernikahan masyarakat, namun KUA juga memberi bimbingan ketahanan perkawinan masyarakat sebagai bentuk ketahanan nasional

Perihal isi, Ensiklopedia KUA ini akan memuat informasi seperti sejarah KUA, layanan, istilah dalam pernikahan hingga pembahasan mendalam perihal sembilan tugas dan fungsi KUA. Fungsi tersebut meliputi bimbingan kemasjidan, zakat wakaf, hisab rukyat, bina paham keagaaman sampai dengan pelaksanaan manasik haji. Dengan banyaknya tugas penting tersebut, Ensiklopedia akan membantu masyarakat mengetahui dan memahami seluruh hal dan ruang lingkup KUA.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE