Kemenhub Prediksi Mudik Lebaran 2023 Capai 123 Juta Jiwa. Simak Tanggal Puncaknya!

Pulang kampung atau mudik pada hari Raya Idul Fitri tahun 2023 akan ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sejak PPKM resmi dicabut masyarakat yang selama pandemi nggak bisa mudik lebaran pasti sangat menantikan momen mudik tahun ini. Nggak heran bila mudik lebaran 2023 diprediksi mengalami lonjakan secara signifikan.

Advertisement

Prediksi soal mudik lebaran 2023 ini diungkap oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari kesiapan infrastruktur, aturan mudik hingga kuota mudik gratis. Seperti apa prediksi arus mudik lebaran 2023 ini?

Kemenhub prediksi mudik lebaran 2023 mengalami lonjakan dari tahun-tahun sebelumnya

Ilustrasi Mudik lebaran 2023 | credit Flickr via @thisisinbalitimur

Melansir dari CNN Indonesia, Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT) telah melakukan survei potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 H. Survei tersebut, salah satunya mengenai prediksi puncak mudik lebaran 2023 dan arus baliknya. Dari data tersebut, Kemenhub mengungkap akan ada 123 juta pemudik di lebaran tahun ini.

Selain itu, survei juga mengungkap transportasi yang akan pemudik gunakan untuk menuju kampung halaman dan kembali ke perantauan. Umumnya para pemudik akan menuju ke wilayah timur dan barat Pulau Jawa. Pemerintah berupaya membenahi segala infrastruktur dan sarana penunjang jauh-jauh hari seperti perbaikan jalan raya. Agar mengurangi kepadatan karena membludaknya arus mudik.

Advertisement

“Dari 123 juta itu didominasi oleh angkutan darat, roda empat dan roda dua. Kami koordinasi dengan gubenur, Korlantas, dan beberapa Dirut BUMN, insya Allah apa yang dilakukan di sini jauh lebih baik dibanding tahun lalu,” ujar Menhub Budi, dinukil dari CNN Indonesia.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa pemudik yang memakai kendaraan pribadi akan lebih banyak tahun ini. Masyarakat memilih kendaraan pribadi karena lebih mudah membawa barang pribadi dalam jumlah banyak. Mobil pribadi dan sepeda motor diprediksi mendominasi pada mudik tahun ini.

Hasil survei mengungkap kalau mobil pribadi sebanyak 22,07% (27,32 juta orang), sepeda motor 20,3% (25,13 juta orang), bus 18,39 % (22,77 juta orang), kereta api antarkota 11,69% (14,47%) dan mobil sewa 7,7% (9,53 juta orang).

Advertisement

Puncak mudik tertinggi diprediksikan pada H-1 lebaran atau pada Jumat, 21 April 2023

Ilustrasi transportasi yang padat | credit wikimedia

Melansir dari CNN Indonesia, menurut hasil survei, diprediksi jumlah pemudik tahun 2023 meningkat 14,2 % jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 yang lalu hanya mencapai 85,5 juta. Masyarakat yang mudik biasanya semakin bertambah menjelang hari raya Idul Fitri.

Perkiraan lewat survei, puncak arus akan meningkat pesat pada H-1 (Jumat, 21 April 2023). Puncak arus mudik ini diprediksi terjadi pergerakan sebesar 14, 3% (17,7 juta orang). Biasanya bagi pekerja baru mendapatkan libur atau cuti sesuai dengan kalender nasional, sehingga H-3 mudik sudah mulai meningkat.

Begitu pun dengan arus balik masih lebih tinggi dari tahun sebelumnya, H+2 (Selasa, 25 April 2023). Arus balik bertambah naik hingga H+3. Buat SoHip yang mudik lebaran, mending hindari tangal-tanggal itu ya, untuk mengantisipasi macet di jalan~

Pemerintah berkomitmen melakukan berbagai persiapan di mudik lebaran 2023

Ilustrasi terminal | credit via wikimedia

Surveri prediksi mudik ini salah satunya bertujuan untuk memberikan arahan persiapan baik pada calon pemudik maupun pemerintah. Dari segi pemudik bisa menyiapkan moda transportasi dan menentukan tanggal. Sementara dari pemerintah berkomitmen menyiapkan infrastruktur dengan baik, seperti kondisi jalan arteri, jalan tol, lampu penerangan hingga sisi keamanan saat mudik lebaran 2023 berlangsung.

Pemerintah juga memperhatikan dua titik penting jalur mudik lebaran tahun ini, yaitu jalur ke Timur Pulau Jawa berada di Tol Cipali. Kemudian ke arah Barat pulau Jawa, jalur hingga Pelabuhan Merak yang menjadi penghubung dengan Pulau Sumatera.

“Memang ada dua tempat yang menjadi poin paling erat dalam mudik, satu di sini, di Merak dan Cipali, atau Jakarta ke Semarang,” jelas Menteri Perhubungan.

Dari data tersebut, terlihat tingginya pergerakan arus mudik yang cukup tinggi. Kemenhub mengimbau masyarakat yang akan mudik lebatan 2023 untuk memastikan tanggal yang efisien dan menyiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Buat kamu yang berniat mudik, pemerintah juga memiliki program mudik gratis, lo. Program ini dibuat sebagai langkah preventif arus mudik yang melonjak.

Buat SoHip yang mau mudik lebaran 2023 ini, gimana persiapannya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis dan fotografi

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

Loading...