Catcalling bisa terjadi di belahan dunia manapun.

Ada-ada saja memang kelakuan warganet. Ada yang bikin ngakak, ada yang bikin geram, ada pula yang bikin heran. Seperti yang dilakukan oleh seorang cewek bernama Noa Jansma asal Amsterdam ini. Alih-alih melabrak para cowok yang suka iseng menggodanya di jalan, doi memilih tetap tenang dan mengajak para oknum iseng ini untuk berswafoto bareng. Kemudian, foto-foto tersebut bakal diunggah dan dipajang di akun miliknya, @dearcatcallers.

Advertisement

Eits, tapi kamu jangan ge-er dulu ya, kalau seandainya iseng godain Noa dan diajak swafoto bersamanya. Hal itu bukan semata dilakukannya karena doi senang digodain dan tersanjung karenanya. Proyek swafoto bersama para cowok yang suka iseng menggoda para cewek sebagai objek ‘iseng’ di jalan ini dilakukannya sebagai bentuk kampanye awareness, tentang masih begitu banyak pria di luar sana yang menganggap nyiulin cewek atau menggoda cewek dengan berbagai sebutan kurang sopan di jalan sebagai hal yang lumrah dan biasa. Bahkan di keterangan bio Instagram-nya, Noa menuliskan ‘dearcatcallers, It’s not a compliment‘ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘kepada para penggoda, ini bukanlah pujian’. Seperti apa hasil foto unggahannya? Yuk simak ulasannya bareng-bareng.

1. Akun @dearcatcallers memang baru punya kurang lebih 292.000 pengikut. Tapi foto-fotonya cukup banyak menarik perhatian. Contohnya, fotonya bersama pria yang memanggilnya ‘sayang’ di jalan ini

Aku bukan sayangmu! via www.instagram.com

2. Noa emang nekat dan berani. Kira-kira kamu mau nggak ngajak foto simbah-simbah yang bilang “Sini Neng, mau dicium sama Abang nggak?”. Mungkin orang begini perlu dicubit empedunya…

Mau dicium? OGAH! via www.instagram.com

3. Membuat suara-suara nggak sopan, misalnya suara cipokan saat sedang menggoda cewek juga pasti bikin kesal semua cewek. Perlu digelitikin nggak nih, amandelnya?

4. Kata Noa, ini tipe klasik. Yang beraninya sok minta nomor ponsel pas lagi bergerombol doang. Adakah yang sering diginiin juga?

Yuhuu, minta aja sama Buapakku! via www.instagram.com

5. Adakah kalian yang kadang suka jengkel saat diklakson om-om hidung belang terus sok kasih komentar kotor dengan niat bercanda. Bercandamu itu nggak lucu, Ferguso!

Udah bau tanah, masih sempatnya godain anak orang via www.instagram.com

6. Para lelaki ini mungkin malah ge-er saat diajak swafoto sama Noa. Padahal mah kalian sudah ditandain biar dikata-katain warganet sedunia. Man, can you please stop catcalling?!

Percuma kece, tapi kelakuan minus! via www.instagram.com

7. Setelah 10 menit mengikuti Noa dan ngoceh ini itu menanyakan kemana Noa pergi dan mau melakukan apa, akhirnya Noa mengajak si cowok iseng ini swafoto bareng. Enaknya diapain nih, cowok gemas begini?

Iyuh jilid 2 via www.instagram.com

8. Siapa nih yang sama kayak Noa, suka ditanya-tanya mau ke mana sendiri saja kalau pas jalan sendirian. Ya kali, tiap jalan kita kudu bawa serdadu polisi buat ngawalin kita pergi. Dan Noa di sini nggak pake baju seksi, by the way

Bang, apa urusan Anda menanyakan hal itu? via www.instagram.com

9. Sering ya dipanggil-panggil ‘sayang’ gitu sama segerombolan cowok di jalanan? Sama, Noa juga. Bukan cuma di Indonesia, cowok-cowok iseng begini eksis!

Sering kena situasi begini? via www.instagram.com

Masih ada banyak lagi foto Noa bersama para pria iseng ini dan rata-rata mendapat komentar pedas warganet yang mengecam kelakuan para cowok iseng tersebut karena menggoda Noa di jalan. Memang sih, fenomena semacam ini bisa saja nggak dialami semua cewek dan tentu nggak dilakukan semua cowok juga. Tapi faktanya, sebagian besar dari kamu pasti pernah kan mengalami hal serupa? Yang pasti sih para cowok yang baca ini wajib tahu, NGGAK ada cewek yang suka digodain di jalan karena itu masuk dalam hitungan pelecehan seksual secara verbal! Kira-kira kalau kamu jadi Noa, berani nggak ngajak foto cowok yang iseng godain di jalan untuk berfoto bersama?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya