Cara Ninja Xpress Dukung UMKM Tingkatkan Penjualan Selama Ramadan

Melalui layanan Customized Solutions UMKM bisa maksimalkan penjualan

Berdasarkan data Ninja Xpress, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur merupakan tiga provinsi teratas untuk pengiriman paket terbanyak selama Ramadan 2020. Peningkatan pengiriman paket juga terjadi pada Ramadan 2021. Kondisi ini bisa jadi momentum bagi UMKM untuk bangkit dan berkembang di tengah pandemi, dengan mengandalkan daya beli masyarakat yang tinggi selama bulan Ramadan.

Advertisement

Hal tersebut lah yang coba didukung Ninja Xpress melalui layanan Customized Solutions. Melalui layanan ini Ninja Xpress mengambil peran mendampingi pelaku UMKM agar dapat meningkatkan penjualan, khususnya selama bulan Ramadan.

Layanan Customized Solutions jadi solusi atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi pelaku UMKM

Sharing session layanan NInja Xpress

Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa pada, Rabu (30/3) | dok. Tangkapan layar Zoom

Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa menyampaikan program ini akan menjadi sebuah solusi atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Dijelaskan program ini dibangun lewat komunikasi bersama para pengguna layanan Ninja Xpress.

“Program yang kami bangun ini merupakan hasil interaksi dengan para shipper dan sebagai bentuk dukungan atas permasalahan dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengembangkan bisnisnya. Kita berupaya menciptakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, salah satunya melalui Cutomized Solutions,” ujar Andi.

Advertisement

Adapun layanan Customized Solutions akan mencakup pemetaan potensi pasar, keunggulan produk, tantangan yang dihadapi serta tingkat kematangan proses bisnis setiap lini untuk mengidentifikasi solusi yang paling dibutuhkan UMKM.

Dijelaskan oleh Andi, para pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem Ninja Xpress saat ini memiliki fase bisnis yang berbeda, sehingga tantangan yang dihadapi dalam memasarakan produk tidak akan sama.

Advertisement

Setelah melakukan pemetaan, Ninja Xpress melalui layanan Customized Solutions akan mulai menyusun perencanaan strategi pemasaran yang lebih terarah, komprehensif serta mendampingi UMKM selama pelaksanaan agar mereka berhasil meningkatkan penjualan.

Layanan Customized Solutions ini disediakan Ninja Xpress melalui program Creative Business Solutions yang juga menghadirkan Creative Hub, sebuah tempat bagi para pelaku UMKM dapat melakukan foto dan video produk secara profesional bersama para model dan makeup artist.

Creative Hub tersebut juga menawarkan online dan offline marketing, kolaborasi bersama KOL untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness, penyelenggaraan acara, pinjaman modal, layanan manajemen konten media sosial, hingga layanan logistik terpadu.

Kata para pelaku UMKM yang bergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress

Sharing session layanan NInja Xpress

Pemilik usaha fesyen Baneska Official, Adinniya pada acara sharin session Ninja Xpress pada, Rabu (30/3) | dok, Tangkapan layar Zoom

Social Media Specialist HR Group (Dr.O) Widya Pangestika mengungkapkan bahwa Ninja Xpress berperan besar pada peningkatan penjualan produk Dr.O melalui kerja sama dengan KOL endorsement.

“Selama ini kami menemui berbagai tantangan dalam memasarkan produk yang terkadang tidak dapat kami hadapi sendiri, namun Ninja Xpress tidak hanya memberikan solusi pemasaran tepat sasaran tetapi juga mengubahnya menjadi peluang bisnis yang lebih besar lagi melalui layanan Customized Solutions,” ujar Widya.

Senada dengan Widya, pemilik usaha fesyen Baneska Official Adinniya juga mengatakan bahwa Ninja Xpress selalu mendukung bisnisnya dengan memberikan bantuan Creative Hub, KOL endorsement dan offline event untuk meningkatkan penjualan.

“Karena Baneska Official merupakan brand yang hadir secara online, maka peran foto dan video produk sangat membantu aktivitas pemasaran. Ninja Xpress memfasilitasi kami untuk bekerja sama dengan KOL influencer demi meningkatkan penjualan,” kata Adinniya.

Pemilik usaha kecantikan Muluse Official, Nabella Rachmi Cayani yang baru berkecimpung di industri kecantikan juga membagikan pengalamannya ketika bergabung ke dalam ekosistem Ninja Xpress dan memanfaatkan layanan Customized Solutions.

“Saat ini produk yang aku kembangkan masih terbilang baru dan Ninja Xpress bersedia membantu Muluse melalui layanan Customized Solutions untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. Semenjak bergabung pada Februari 2022, penjualan Muluse mengalami peningkatan sekitar 20 persen,” imbuh Nabella.

Baik Widya, Adinniya dan Nabella mengungkapkan bahwa layanan ini sangat membantu mereka dari segi branding dan marketing. Ke depannya mereka berharap dapat terus bekerja sama dengan Ninja Xpress, dan makin banyak UMKM yang memanfaatkan layanan Customized Solutions.

Ketiga pelaku UMKM ini juga berharap bisa segera menemukan solusi atas kendala ongkos kirim yang masih terbilang mahal untuk market di luar Pulau Jawa. Dengan begitu, konsumen yang berdomisili di luar Pulau Jawa juga dapat menikmati produk dengan harga yang terjangkau.

Nah, bagi kamu para pelaku UMKM yang menggunakan jasa pengiriman Ninja Xpress dan tertarik bergabung menjadi bagian ekosistem Ninja Xpress untuk bisa menikmati layanan Customized Solutions, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui selalusiap.ninjaxpress.id.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE