Pesta olahraga, apalagi yang berskala internasional, nggak dipungkiri bisa mempersatukan masyarakat Indonesia. Hal tersebut tak terlepas dari kebanggan atas potensi dunia olahraga, yang terbukti dari berbagai medali emas yang telah diboyong oleh atlet-atlet Indonesia.

Nah dalam waktu dekat, bangsa Indonesia akan bersatu lagi menyuarakan dukungannya. Sebab pada tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019, akan diselenggarakan Sea Games 2019 di Filipina. Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini akan diikuti oleh 11 negara dengan 56 cabang, 523 nomor pertandingan, dan lebih dari 10.000 atlet yang bertanding.

Mendukung lewat minuman isotonic pengganti cairan tubuh

Ki-ka: Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka, Ricky Suhendar dan Plt Deputi Bidang Peningkatan Olahraga dan Staf Ahli Bidang Politik, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr Yuni Poerwanti, M.Pd, (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Advertisement

Dukungan pertama untuk atlet-atlet Indonesia yang akan bertanding di Sea Games 2019 datang dari Pocari Sweat. Nggak hanya mendukung para atlet Indonesia, Pocari Sweat bahkan menjadi official isotonic drink untuk Sea Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina. Hal ini merupakan keberlanjutan dukungan Pocari Sweat terhadap dunia olahraga, yang sebelumnya hadir di perhelatan Asian Games 2019 di Indonesia.

Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka, Ricky Suhendar, mengatakan bentuk dukungan Pocari Sweat nggak hanya sebatas jadi official isotonic drink. Pocari Sweat juga menggelar kampanye ‘Pocari Sweat Sea Games 2019,” dan mengajak masyarakat luas untuk bisa mendukung para atlet yang akan berlaga.

Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka, Ricky Suhendar (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

“Melalui kampanye Pocari Sweat Sea Games 2019, kita telah mengumpulkan sebanyak 2.788 partisipan dari 12 kota untuk berlari sepanjang 1 km. Jumlah partisipan tersebut mengindikasikan jarak dari Jakarta ke Manila yakni 2.788 km,” ujar Suhe dalam konferensi pers Pocari Sweat Sea Games 2019, GBK, Senin (18/11/2019).

Advertisement

Selanjutnya, Suhe berharap bentuk dukungan dari masyarakat yang berpartisipasi ini bisa menjadi motivasi para atlet untuk membawa kemenangan ketika pulang ke Indonesia. Selain itu untuk mengapresiasi partisipan lari sepanjang 1 km, Suhe menyampaikan akan ada dua orang yang diberangkatkan ke Filipina untuk menyaksikan pembukaan Sea Games 2019.

Target medali emas dan bonus yang menanti para atlet

Plt Deputi Bidang Peningkatan Olahraga dan Staf Ahli Bidang Politik, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr Yuni Poerwanti, M.Pd (18/11). (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Sebelum Pocari Sweat, Kemenpora adalah garda depan dukungan terhadap para atlet yang akan berlaga. Plt Deputi Bidang Peningkatan Olahraga dan Staf Ahli Bidang Politik, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr Yuni Poerwanti, M.Pd, mengatakan dukungan penuh telah diberikan Kemenpora. Mulai dari pelatnas, urusan keberangkatan, hingga vaksinasi mengingat Filipina yang sedang dilanda wabah polio.

“Bahkan Bapak Zainudin Amali sebagai menteri juga turun langsung ke pelatnas-pelatnas. Hal ini sebagai motivasi dan bentuk pendekatan diri dengan para atlet, serta mengetahui bagaimana persiapan masing-masing cabang olahraga,” jelas Yuni.

Perwakilan para atlet yang akan berlaga di Sea Games 2019 Filipina (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Disinggung soal target medali, Yuni mengatakan pemerintah optimis dengan target 45 medali emas. Untuk mencapainya, Kemenpora telah mengajak induk masing-masing cabang olahraga dan menargetkan 32 cabang olahraga olimpiade mesti memboyong emas. Yuni menambahkan untuk para atlet dipastikan akan ada bonus yang menanti.

“Kami (Kemenpora) optimis dengan target 45 medali emas, dan menggenjot di 32 cabang olahraga olimpiade. Selain itu, sebagaimana pesan Pak Presiden, pasti akan ada bonus untuk para atlet. Biasanya untuk perhelatan multi-event seperti ini, Pak Presiden Jokowi akan berkata: “Berikan hak mereka, jangan sampai menunggu keringatnya kering””, pungkas Yuni.

Persiapan atlet dan dukungan yang memengaruhi performa

Brand Ambassador Pocari Sweat & Pemain Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-23, Witan Sulaeman (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Dalam kesempatan yang sama, atlet Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 Witan Sulaeman mengatakan Timnas Sepak Bola U-23 sudah sampai pada tahap latihan persiapan khusus dan siap untuk Sea Games 2019. Menurut Witan, performa yang dihasilkan oleh atlet di lapangan sangat dipengaruhi oleh dukungan dari masyarakat banyak.

“Dukungan berbagai pihak akan sangat membantu mentalitas kami saat bertanding. Selalu doakan kami dalam pertandingan, dan biarkan sisanya kami bekerja keras di lapangan. Kami optimis dan ini adalah momentum terbaik tim sepak bola Indonesia untuk mendapat medali emas,” tutup Witan.

Sebelumnya masing-masing cabang olahraga telah melakukan berbagai try-out dan berbagai pelatihan persiapan khusus. Sebelum menampilkan yang terbaik di Sea Games pada 30 November nanti, masing-masing cabang olahraga akan memasuki masa pra-kompetisi terlebih dahulu.

Bagaimana, kamu siap bersatu menyuarakan dukungan untuk Indonesia di Sea Games 2019 Filipina?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya