Di dunia ini siapa sih yang nggak tahu penyanyi legendaris dunia, Michael Jackson? Meski belum lahir sewaktu era keemasan Michael Jackson yang juga akrab disebut MJ, yakin deh kamu pasti udah pernah mendengar musiknya atau melihat wajah dari King of Pop ini. Selain dari musik-musiknya yang memang asik dan bikin semangat, mendiang MJ juga dikenal orang seluruh dunia dari gerakan panggung atau tariannya yang unik dan fenomenal. Moonwalk adalah salah satunya.

Selain moonwalk, ada juga gerakan miring 45 derajat yang dengan apik dan sempurna ia tampilkan di banyak video, live performance, atau acara-acara TV zaman dulu. Gaya ‘Menantang Gravitasi’ ini pertama kali muncul di video klip “Smooth Criminal” tahun 1988. Sejak saat itu, bahkan mungkin sampai sekarang, nggak sedikit fans MJ yang mencoba mempraktikkannya, tapi belum ada yang pernah berhasil. Buat kamu yang masih penasaran gimana cara Michael Jackson saat menantang gravitasi ini, mending simak dulu ulasan Hipwee News & Feature berikut ini kuy~

1. Gerakan ini diawali dengan berdiri biasa, lalu lambat laun badannya condong ke depan sampai membentuk sudut 45 derajat tanpa jatuh!

Gaya anti gravitas MJ via theuijunkie.com

Advertisement

Dalam salah satu scene di video klip “Smooth Criminal”, MJ dan beberapa penari latarnya terlihat mencondongkan tubuhnya ke depan sampai 45 derajat, dengan kepala sampai ujung kaki masih lurus, dan seluruh telapak kaki menyentuh lantai. Mereka menahan gerakan ini selama beberapa detik sebelum akhirnya kembali ke posisi semula, perlahan, dan tanpa usaha berarti.

Dr. Nishant Yagnick, ahli bedah saraf seperti dikutip CNN menyatakan, kalau secara fisik, manusia memang mungkin bisa melakukannya dengan sudut maksimal 25 atau 30 derajat, sebelum akhirnya jatuh. Tapi bedanya, kita bisa mencondongkan tubuh kalau kaki kita tetap tegak, nggak ikut miring kayak MJ.

2. Saking populernya gerakan ini, orang jadi banyak yang penasaran, sampai-sampai di India banyak korban cedera gara-gara niru MJ

Kiri: orang normal. Kanan: Michael Jackson via edition.cnn.com

Bintang pop dunia sekelas MJ ya jelas punya banyak pengikut lah ya. Para fans ini juga kerapkali mencoba banyak gaya andalan MJ, termasuk gerakan menantang gravitasi ini. Di India, sampai ada grup dance bernama “MJ5”, yang suka mengimitasi gerakan-gerakan tari MJ. Tapi sayangnya, beberapa dari mereka malah terluka saat mencoba meniru gaya anti-gravitasi MJ.

Advertisement

dr. Yagnick mengatakan bahwa hal ini terjadi karena berat tubuh akan dibebankan pada pergelangan kaki. Padahal bagian itu nggak diciptakan buat bisa menahan tubuh melawan gravitasi. Selain bisa jatuh, otot pada betis dan tendon Achilles juga bisa cedera. Lain halnya saat kita membungkuk biasa, otot-otot erector spinae di tulang belakang kita bertugas seperti “kabel” dan menahan tubuh ketika tubuh melawan gravitasi.

3. Ternyata rahasianya ada di sepatunya! Bahkan sepatu ajaib itu sampai dipatenkan oleh Michael Jackson tahun 1993

Rahasianya ada di sepatu! via www.ekunji.com

Berangkat dari ketidakmungkinan manusia melakukannya tanpa bantuan, dr. Yagnick dan beberapa koleganya sampai mengobservasi keunikan MJ ini dari kacamata ahli bedah saraf. Mereka mempublikasikan hasil risetnya di Jurnal Bedah Saraf. Ditemukan fakta bahwa MJ memang nggak bisa melakukan manuver ajaib itu tanpa bantuan. Dan kunci jawabannya ada di sepatunya!

MJ dan tim sampai menciptakan sepatu khusus yang punya pengait di bawahnya. Pengait itu disangkutkan ke pijakan papan atau lantai panggung. Dengan begitu MJ bisa menahan tubuhnya agar nggak jatuh. Sepatu keren itu sampai dipatenkan pada Oktober 1993 lho~

4. Pasti kalian jadi mikir “Yaa kalau ada sepatu sih aku juga bisa!”. Eits, tunggu dulu, katanya sekalipun udah pakai sepatu itu, nggak semua orang bisa meniru gerakan fenomenal MJ lho

Salah satu impersonator atau peniru-nya MJ via www.youtube.com

Orang normal, bahkan dengan sepatu, mungkin tidak bisa melakukannya. Dibutuhkan banyak latihan untuk mengembangkan otot inti, otot perut, dan otot pusat untuk mendapatkan kekuatan untuk melakukannya.” – dr. Yagnick.

Meskipun ternyata rahasianya ada di sepatu, tapi dr. Tripathi, salah satu ahli bedah saraf juga yang ikut dalam observasi di atas, mengatakan kalau sekalipun pakai sepatu MJ, nggak semua manusia bisa melakukannya. Ia pun mengaku pernah mencoba pakai sepatu serupa, dan gagal. Orang tetap butuh ketahanan fisik yang sayangnya cuma dimiliki MJ dan para penari latarnya.

Jadi, kalau memang kalian bukan penari dan nggak pernah berlatih sebelumnya, mending jangan coba-coba deh. Soalnya kalau sampai hilang keseimbangan, kamu bisa jatuh dengan tangan menahan tubuh, atau parahnya dagumu bisa terbentur ke lantai. Nggak cuma itu, otot kaki atau punggungmu juga bisa terluka. Orang yang mencoba-coba ini kemungkinan besar nggak tahu kalau MJ pakai sepatu khusus buat melakukan manuver ciamik ini ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya