Keberadaan followers di media sosial bagi artis atau selebgram itu penting banget. Tanpa followers, mungkin mereka nggak akan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Soalnya untuk bisa menerima endorsement atau bekerjasama dengan brand-brand besar, biasanya jumlah followers mereka akan jadi patokan. Makin banyak followers, makin banyak juga pihak yang akan menawarkan kerjasama.

Kemarin, sejumlah selebriti –termasuk selebgram– pada heboh setelah followers di akun Instagram mereka berkurang secara drastis! Beneran tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan sama sekali. Mereka yang sumber rezekinya dari Instagram langsung panik dibuatnya, salah satunya Ria Ricis. Nggak cuma Ricis aja, sejumlah seleb dunia juga banyak yang protes. Melihat begitu banyak keluhan datang dari para seleb, Instagram pun mengeluarkan statement resmi.

Ria Ricis dan sejumlah selebriti dunia mengeluh karena followers di Instagramnya berkurang lumayan banyak. Bagi artis atau selebgram tentu masalah ini berdampak langsung sama kerjaan mereka

View this post on Instagram

Ada yg ngalamin hal sama? Followeers tiba2 turun banyak hr ini?

A post shared by Ratu Nyinyiir (@ratu.nyinyiir) on

Advertisement

Lewat Instagramnya, Ria Ricis mengeluh lantaran followers di Instagramnya berkurang sebanyak 200 ribu. Dalam unggahan yang sudah dihapus itu, Ricis juga menyebut kalau IG-nya lagi error. Masalah ini membuatnya khawatir karena kerjasamanya dengan beberapa akun online shop jadi terhambat. Nggak cuma Ricis, ternyata sejumlah seleb internasional seperti Ariana Grande dan Kylie Jenner juga kehilangan followers bahkan sampai berjuta-juta! Ada juga yang cuma kehilangan ribuan, tapi tetap aja masalah ini bikin kita semua bertanya-tanya, Instagram lagi kenapa sih?

Banyak yang mengira berkurangnya followers secara tiba-tiba ini karena Instagram lagi “bersih-bersih” akun palsu

Advertisement

Ada asumsi yang dipercaya banyak orang terkait alasan kenapa artis-artis pada kehilangan followers massal. Katanya, Instagram sedang berupaya memberantas akun-akun palsu. Akun-akun ini biasanya memang dibuat cuma buat menyebarkan kebohongan, buat kepo orang-orang tertentu, atau cuma buat follow atau komentar di akun sendiri. Akun palsu bisa dilihat dari jumlah foto, followers, dan followingnya yang cuma sedikit, alias nggak aktif.

Berdasarkan keterangan resminya, Instagram mengaku sadar akan masalah ini dan sekarang pihaknya lagi dalam proses memperbaiki. Ya kita tunggu aja ya, bisa balik lagi nggak tuh followers seleb-seleb?

Dikutip dari akun Twitter resminya, Instagram mengaku paham akan masalah yang jadi keluhan sejuta umat ini. Katanya untuk saat ini pihaknya sedang berusaha memperbaikinya. Keterangannya sih cuma begitu aja, tanpa menyebutkan apa masalah sebenarnya. Tapi Instagram berjanji kalau masalah ini bakal selesai pukul 9 pagi waktu setempat, berarti di Indonesia kira-kira jam 9 nanti malam nih Guys.

Wah, kita tunggu aja ya, apakah kalau sudah diperbaiki, followers para seleb ini bisa kembali lagi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya