Walaupun nggak super geeky atau bukan anak olimipiade astronomi, besar kemungkinan kita semua sudah pernah mendengar misteri black hole atau lubang hitam di luar angkasa. Apalagi ada banyak film blockbuster Hollywood seperti “Interstellar” mengangkat tema ini. Bagi yang belum pernah nonton, sederhananya, black hole adalah entitas paling gelap di alam semesta di mana di dalamnya ‘konon’ semua hukum alam yang kita kenal saat ini tidak berlaku.

Karena gravitasinya sangat kuat, tidak ada cahaya yang bisa masuk atau keluar dari black hole — tidak ada yang tahu juga apa yang terjadi jika benda atau orang jatuh ke dalam black holeKalau di film “Interstellar” sih, bagi tokoh utamanya, waktu itu bisa jadi sangat relatif semacam bisa maju dan mundur gitu.

Penggambaran interior black hole dalam film via billdesowitz.com

Advertisement

Nah kita nggak bakal belajar astronomi kok, cuma berita pentingnya adalah untuk pertama kalinya dalam peradaban manusia, ilmuwan berhasil memotret black hole yang asli. Kalau selama ini ‘kan cuma sebatas model perkiraan ilmuwan atau kreativitas sutradara film Hollywood, sekarang kita bisa mengintip bentuk aslinya.

Inilah penampakan foto asli black hole yang baru saja diumumkan ke dunia. Foto ini dijepret oleh Event Horizon Telescope (EHT), teleskop terkuat di dunia yang memang khusus dibangun untuk proyek ini

Selama ini tidak ada teleskop yang cukup kuat untuk memotret black hole via time.com

Sejumlah 200 ilmuwan dari seluruh dunia bekerja sama dalam proyek Event Horizon Telescope (EHT) yang bertujuan untuk melihat apa yang selama ini dikira tak bisa terlihat, black hole. Dan dalam konferensi pers yang dilaksanakan Rabu kemarin (10/4), mereka mengumumkan keberhasilan mereka kepada seluruh dunia.

Konferensi pers memperlihatkan penampakan black hole pertama via www.wkrg.com

We have seen, what we thought was unseeable. We have taken picture of a black hole

Advertisement

Begitu penjelasan Direktur EHT dan ahli astrofisika, Sheperd Doeleman, sebagaimana dikutip CNN. Dengan mengumpulkan data selama bertahun-tahun dan membangun teleskop paling powerful EHT, para ilmuwan ini berhasil memotret apa yang dianggap sebagai salah satu misteri besar alam semesta. Black hole yang berhasil difoto ini berasal dari galaxy M87 yang terletak 55 juta tahun cahaya dari bumi.

Mungkin sulit dimengerti oleh orang biasa sih, tapi para ilmuwan menyebut keberhasilan ini sebagai momen spesial bagi generasi kita. Banyak pertanyaan tentang alam semesta bisa terjawab

Akan mengamati apa yang terjadi jika benda jatuh ke dalam black hole via www.sciencenews.org

Para ilmuwan yang tergabung dalam jaringan EHT ini menjelaskan bahwa mulai tahun 2020, mereka akan menambah lebih banyak lagi teleskop untuk mengamati black hole. Foto pertama black hole ini merupakan awal dari apa yang diharapkan sebagai penelitian untuk memecahkan berbagai misteri alam semesta yang belum kita ketahui. Karena black hole adalah satu tempat di mana seluruh hukum alam semesta diperkirakan tidak berlaku. Tentang ruang, ruang, waktu, dan akhirnya juga terkait keberadaan manusia.

Foto black hole membenarkan teori Einstein via www.wired.co.uk

Namun ini sudah menjadi awal yang menakjubkan, karena bagi para ilmuwan foto black hole ini bisa jadi konfirmasi kebenaran teori gravitasi relatif Einstein. Teori Einstein yang dibuat berdasarkan hitung-hitungan matematika kini telah dikonfirmasi ada bentuk nyatanya di alam semesta. Nggak sabar sih, kira-kira apa lagi misteri alam semesta yang bisa tersingkap nantinya…

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya