Industri musik Indonesia memang tak seperti di luar negeri sana. Jika di belahan negara barat, jenis musik electronic dance music (EDM) belum sedemikian masifnya, beda ceritanya dengan di Indonesia. Meski begitu, tahun ini Paranoia Awards 2018 kembali digelar sebagai ajang eksistensi dan apresiasi bagi semua pihak yang berkomitmen dan cinta terhadap dance music di Indonesia.

Sebagai program yang fokus membahas dance party, dance industry dan dance culture mulai dari lokal, regional hingga internasional, Party at No Limitation (Paranoia) berkomitmen untuk terus memajukan industri musik EDM di Tanah Air. Seperti apa Paranoia Awards 2018 digelar? Dan siapa saja pemenangnya? Simak ulasannya berikut ini.

DJ Riri mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award

Advertisement

“Paranoia Awards 2018 adalah salah satu bentuk konsistensi Iceperience dalam memajukan electronic dance music industry di Indonesia, agar bisa upgrade dan go internasional,” – ujar perwakilan dari Iceperience.id, Diopsaputra, sesuai rilis yang Hipwee terima pada Kamis (8/11/2018) di Jakarta.

Paranoia Awards 2018 merupakan edisi ke-15 yang didukung penuh oleh Iceperience.id. Kesamaan visi untuk memajukan industri dance music di Indonesia, diwujudkan oleh Iceperience.id dan Hardrock FM dalam Paranoia Awards 2018 yang mengambil tema Dance, Party, Unity. Sesuai temanya, Iceperience ingin mempersatukan semua penggemar dance music tanpa membedakan genre, sekaligus memberikan penghargaan kepada semua pihak yang berperan dalam memajukan industri dance music. Sederet nama besar musisi EDM Indonesia tampil memainkan mix tape mereka dalam acara yang berlangsung di The Pallas, Jakarta, pada Rabu (7/11/2018). Beberapa di antaranya Dipha Barus, Weird Genius, Jevin Julian, Cyda, Roni Joni, hingga Fun on A Weekend.

Para pemenang melalui tahap penjurian yang ketat, sehingga Paranoia Awards 2018 bukan sebagai kontes popularitas belaka

Dipha Barus sebagai pemenang DJ of The Year 2018

“Terima kasih semuanya. Saya sangat bangga dan senang. Ini buat kalian teman-teman. Sebenarnya saya bingung mau ngomong apa. But, this is for you guys. Thank you so much for Iceperience.ID dan semua pelaku electronic dance music (EDM) yang ada di sini. Juga para DJ di luar sana. Semoga electronic dance music tetap jadi musik nomor satu di Indonesia,” – ungkap Dipha Barus, sesuai rilis yang Hipwee terima pada Kamis (8/11/2018) di Jakarta.

Advertisement

Paranoia Awards sebagai The Most Prestigious Dance Scene Awards In Indonesia bukanlah sebuah kontes popularitas. Pemenang Paranoia Awards ditentukan dengan melibatkan dewan juri yang kompeten di dance music industry Tanah Air. Mulai dari DJ Senior, MC, Nightlife Photographer & Nightlife Media. Juri-juri ini berperan sejak penentuan nominasi semua kategori di Paranoia Awards.

Dalam Paranoia Awards 2018, sejak fase submission pada tanggal 1 – 31 Agustus 2018 yang lalu, terhitung ada 200 lebih nominasi yang masuk dan bersaing untuk menjadi yang terbaik di 25 kategori. Dari submission tersebut, Hard Rock FM kemudian melakukan voting pada 1–25 Oktober 2018 untuk menentukan siapa nominasi tiga terbaik di masing-masing kategori. Hingga penutupan voting, tidak kurang dari 10 ribu vote mengalir ke berbagai nominasi. Selanjutnya, dewan juri kemudian menentukan satu pemenang terbaik (The Best) di setiap kategori lewat berbagai pertimbangan.

keseruan Paranoia Awards 2018

Beberapa nama DJ papan atas Tanah Air berhasil meraih penghargaan di Paranoia Awards 2018. Salah satunya ialah Dipha Barus yang dinobatkan sebagai DJ of The Year 2018. Dia berhasl menyisihkan nama – nama besar lainnya seperti Attila Syah, Claudia Jaramillo, DJ WW dan DJ Yasmin. Tak hanya Dipha Barus, DJ Riri juga meraih penghargaan bergengsi yakni Lifetime Achievement Award sebagai hasil dari dedikasinya di industri musik dance di Tanah Air.

Menariknya lagi, salah satu hal yang paling ditunggu dari penyelenggaraan program Paranoia Awards 2018 kali ini adalah reward kepada lucky voters, yaitu mereka yang ikut serta memberikan suara dalam pemilihan nominasi. Tahun ini reward berupa Samsung Galaxy Note 9 dan juga voucher belanja senilai jutaan rupiah dipersembahkan oleh Iceperience.id.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya