Percaya nggak kalau ternyata susu tikus lebih sehat dibanding susu sapi yang biasa kita konsumsi sehari-hari? Yup, kalian nggak salah baca kok. Peneliti sudah membuktikan sendiri. Tikus yang selama ini kita anggap hama dan selalu diusir-usir tiap masuk rumah, ternyata bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat buat tubuh manusia.

Tapi sayangnya, kita-kita yang tiap mau jajan kopi di Starbucks aja mikir-mikir ini kayaknya nggak bakal mampu beli susu tikus ini. Soalnya harganya mahal buanget, Guys! Emang semahal apa sih? Dan memangnya, apa kandungannya sampai-sampai peneliti berani mengklaim kalau susu tikus ini lebih sehat dibanding susu sapi. Simak ulasannya di sini, yuk!

Petuah “don’t judge a book by its cover” ini kayaknya cocok dilontarkan kepada orang-orang yang selama ini menganggap remeh hewan tikus, soalnya mereka ternyata bermanfaat lo

Susu tikus, amankah? via www.quora.com

Advertisement

Siapa sangka kalau hewan yang selama ini dianggap kotor, menjijikkan, dan nggak pantas menginjakkan kaki di rumah kita ini ternyata menyimpan rahasia besar. Ini terkait dengan susu yang diproduksi oleh tikus yang ternyata mengandung gizi dan nutrisi lebih besar dari mamalia lain!

Dr. Veith, seorang peneliti, menemukan fakta kalau protein yang terkandung dalam susu tikus lebih besar dibandingkan mamalia lain, termasuk sapi. Per liternya, susu tikus mengandung 11,8 miligram protein atau 10 kali lebih banyak dari protein dalam seliter susu sapi yang cuma 1,2 miligram. Kalau kita mau mencari protein tinggi, ya harusnya sih minum susu tikus, bukan susu sapi.

Sayangnya, kandungannya yang begitu kaya ini membuat susu tikus jauh lebih mahal dibanding susu yang ada di pasaran selama ini. Apalagi buat mendapatkannya itu lo, harus setengah mati

Butuh ribuan tikus via koshblogger.blogspot.com

Satu ekor tikus yang ukurannya super mini itu cuma bisa menghasilkan 1,25 kubik sentimeter susu atau 1 per seribu liter dalam jangka waktu setengah jam lo! Jadi kalau mau mendapatkan 1 liter susu tikus, ya butuh sekitar 4.000 ekor tikus.

Advertisement

Begitu sulitnya mendapatkan susu tikus ini bikin harganya juga nggak tanggung-tanggung. Kabarnya, per 1 liternya susu tikus dibanderol dengan harga 23 ribu euro atau Rp276 juta! Waduh, seharga mobil mewah lo ini. Mungkin yang mau dan mampu minum cuma sultan-sultan kaya raya ya~

Kayaknya, perjalanan susu tikus buat sampai di pasaran dan dijual bebas masih sangat amat panjang deh. Ini karena produksinya yang PR banget dan butuh dana yang nggak sedikit

Kapan bisa dijual, nggak ada yang tahu… via www.healthyeating.org

Ya bayangkan aja kalau mau menjual seliter, produsen harus “memerah” susu dari 4.000 tikus dulu. Gimana kalau mau produksi ribuan boks susu kayak yang ada di supermarket itu? Belum lagi biaya yang diperlukan juga nggak sedikit, buat memelihara ribuan tikus itu kan butuh dana juga~

Tapi bukan berarti susu tikus ini nggak mungkin dipasarkan sih. Kalau kamu penasaran, mending banyak-banyak bersabar aja hehe…

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya