Siapa nih yang kalau mengetik pesan, rasanya nggak lengkap kalau belum menambah emoji lucu?

Emoji kini jadi ‘bahasa’ andalan yang seringkali digunakan ketika bertukar pesan maupun posting update-an media sosial oleh orang di seluruh dunia. Bukan cuma bikin pesan teks lebih ekspresif dan hangat, karakter-karakter emoji yang cukup sederhana membuatnya mudah dimengerti oleh semua orang dari berbagai belahan dunia. Jadi meskipun tidak mengerti bahasa masing-masing, kita bisa saja lo chatting penuh emoji dan masih memahami satu sama lain meski berbeda asal negaranya.

Advertisement

Nah tapi uniknya ada sedikit pengecualian dari bahasa universal emoji ini. Ternyata ada beberapa emoji yang dimaknai secara berbeda lo di negara-negara tertentu, sebagaimana dilansir dari BBC. Ya contohnya seperti emoji yang selama ini secara umum diartikan sebagai gambar poop alias kotoran manusia, di Jepang, anehnya justru dipakai untuk mendoakan keberuntungan seseorang. Ada beberapa emoji lain yang ternyata maknanya bisa beda banget. Mau tahu apa aja? Yuk lihat emoji apa saja sih yang bisa bermakna berbeda di negara lain bersama Hipwee News & Feature~

1. Kalau kebanyakan negara di dunia memakai emoji malaikat untuk menunjukkan tindakan nggak bersalah atau perbuatan baik, di Cina ini identik dengan kematian

Niatnya bermaksud baik, ternyata di Cina emoji ini maknanya buruk. Duh! via www.hipwee.com

2. Selain itu, orang Cina memaknai emoji tepuk tangan buat menggambarkan hubungan seksual, padahal di negara lain ini digunakan untuk penghargaan

Katanya sih karena suara tepuk tangan mirip seperti suara berhubungan seksual. via www.hipwee.com

3. Uniknya, emoji sedikit tersenyum yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan kebahagiaan dimaknai sebagai simbol ketidakpercayaan di Cina

Memang sih senyumnya punya banyak makna~ via www.hipwee.com

4. Biasanya emoji tangan ‘jempolan’ digunakan buat menyatakan persetujuan dan pujian. Tapi di Yunani dan negara Timur Tengah, emoji itu vulgar dan menghina

Di Yunani, mwngirimkan emoji jari jempol tandanya menghina lo. via www.hipwee.com

5. Emoji monyet yang menutup mata biasa digunakan buat menunjukkan rasa malu atau lucu. Di Jepang, maknanya adalah kebijaksanaan. Kok bisa sih~

Ternyata emoji ini adalah bagian dari pepatah Jepang. via www.hipwee.com

6. Banyak yang mengira emoji tangan telungkup menunjukkan orang yang melakukan ‘tos’ atau berdoa. Padahal di Jepang itu untuk mengungkapkan terima kasih

Ternyata, emoji ini asalnya dari negara Jepang. via www.hipwee.com

7. Jika mendapat emoji kotoran manusia dari orang Jepang, maksud mereka bukan menghina lo. Itu menunjukkan ungkapan ‘semoga sukses’

Kata ‘Poo’ dalam bahasa jepang mirip dengan ungkapan keberuntungan. via www.hipwee.com

Tuh kan emoji bisa bermakna ganda, bahkan berkebalikannya. Itu semua tergantung dengan budaya serta kebiasaan negaranya. Apa yang baik buat kita, belum tentu kan baik buat orang lain~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya