Rayakan 25 Tahun, Titanic Remaster 4K Versi 3D Tayang di Bioskop

Berapa kali kamu menonton film Titanic? Film yang tayang perdana pada tahun 1997 silam ini telah memasuki usia 25 tahun, lo. Dalam rangka merayakan seperempat abad tayangnya film Titanic, sutradara James Cameron membuat versi remaster berformat 4K HDR dengan teknologi 3D yang ditayangkan pada hari ini, 8 Februari 2023 di bioskop Indonesia.

Advertisement

Film yang menceritakan tentang tenggelamnya kapal Titanic ini menjadi populer pada masanya. Bahkan, saking populer dan fenomenalnya, penonton masih mengingat jelas alur cerita dari film Titanic ini terutama saat kapal bermuatan lebih dari 2000 orang itu harus tenggelam secara tragis.

Tidak hanya jalan ceritanya yang mengagumkan, akting Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet sebagai pasangan Jack dan Rose juga mampu menyita perhatian penontonnya. Tidak sedikit kaum hawa yang pada saat itu terpikat dengan ketampanan dan sikap gentle Jack terhadap Rose.

Oleh karena itu, tidak heran bila Titanic kembali dirilis ulang untuk merayakan 25th Anniversary sekaligus menonton kilas balik bagaimana kapal super megah tersebut dapat tenggelam karena menabrak gunungan es di tengah lautan.

Advertisement

Menjadi film yang iconic, Titanic mampu memukau penonton hingga kritikus film serta berhasil memenangkan berbagai penghargaan

Jack dan Rose Titanic Remaster 4K 3D Version

Foto: Dok. 20th Century Studios

Setelah penayangan perdananya pada tahun 1997, film Titanic menjadi juara box office global #1 sepanjang masa dan menjadi film terlaris ketiga di seluruh dunia. Film yang mampu memukau para kritikus dan penontonnya ini juga berhasil memenangkan 11 Academy Awards.

Deretan title penghargaan Academy Awards tersebut ialah Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Penyutradaraan Seni – Penyutradaraan Set Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Skor Drama Asli Terbaik, Lagu Asli Terbaik, Suara Terbaik, Efek Suara Terbaik, serta Pengeditan dan Efek Visual Terbaik.

Banyaknya penghargaan yang diterima oleh film Titanic layak menjadikan film ini sebagai film sepanjang masa yang setidaknya wajib ditonton sekali seumur hidup.

Advertisement

James Cameron menghabiskan waktu 750.000 jam kerja demi tampilkan film Titanic versi 3D

Jack dan Rose Titanic Remaster 4K 3D Version

Foto: Dok. 20th Century Studios

James Cameron dalam menggarap film Titanic dengan teknologi 3D membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan hingga bertahun-tahun. Cameron mengungkapkan bahwa proses pengerjaan Titanic versi 3D ini menghabiskan lebih dari 750.000 jam kerja serta 300 seniman komputer untuk membuat setiap adegan dalam film Titanic terlihat nyata.

“Saya selalu percaya bahwa penggunaan terbaik dari 3D adalah untuk lebih melibatkan pemirsa sepenuhnya, untuk menarik mereka langsung melalui layar ke dalam momen dengan karakter,” ujar Cameron.

Proses konversi yang dilakukan oleh Cameron dimulai dengan pemindaian master digital 4K asli dari negatif 35mm asli serta menghilangkan semua ketidaksempurnaan visual. Untuk melihat hasil kerja keras Cameron dalam menyuguhkan Titanic secara 3D, maka SoHip dapat langsung menyaksikannya di bioskop mulai hari ini.

Bukti tulusnya cinta Jack dan Rose, mereka sepakat untuk hidup dan mati bersama, “Kamu tenggelam, aku juga tenggelam

Jack dan Rose dalam film Titanic

Foto: Dok. 20th Century Studios

Kisah Jack dan Rose bermula saat Jack menemukan Rose yang berdiri di dekat pagar pembatas kapal. Jack melihat Rose dari kejauhan yang tampak tengah bersedih dengan memasang wajah yang murung. Tidak ada sesuatu yang spesial pada pertemuan pertama mereka ini hingga akhirnya Jack kembali bertemu dengan Rose dan menyelamatkannya saat ia ingin mengakhiri hidupnya.

Hari demi hari, keduanya pun terlihat semakin dekat. Jack pantang menyerah untuk selalu mendekati Rose yang telah bertunangan dengan Cal Hockley. Usaha Jack tidak sia-sia hingga akhirnya Rose dapat lebih terbuka dengan Jack. Jack dengan senang hati berbagi kisahnya sebagai seorang pelukis dan ternyata Rose juga memiliki ketertarikan dengan dunia seni lukis.

Keduanya saling mencintai satu sama lain. Selama dekat dengan Jack, Rose merasa lebih bebas dan mampu menjalani hidupnya tanpa adanya keterpaksaan. Tidak ada apapun yang dapat menghalangi cinta mereka. Jack dan Rose saling berusaha untuk tetap bersama meskipun bahaya mengintai mereka di depannya.

Turut hadir pada acara special screening Titanic 25th Anniversary, Maxime Bouttier punya ritual nonton Titanic setahun sekali

Maxime Bouttier hadir di special screening film Titanic

Maxime Bouttier | Foto: Hipwee/Ryandita Fadillah

Film ini menjadi favorit berbagai kalangantermasuk dari kalangan artis. Bahkan, Maxime Bouttier sangat gemar menonton ulang Titanic. Ia juga mengaku bahwa ia rutin menonton Titanic setidaknya sekali dalam satu tahun. Menurutnya, film Titanic ini sangatlah epik karena kisah cinta Jack dan Rose yang mampu membuatnya terpukau.

“Jadi, aku punya ritual, setiap tahun aku tuh nonton Titanic. Aku nggak tahu kenapa, kayak film yang menurut aku paling epik, romansanya paling epik menurut aku. Kisah Rose dan Jack ini menurut aku paling most invention,” ungkapnya saat ditemui di Mal Gandaria City, Selasa (7/2/2023).

Maxime juga mengaku saat antusias saat film Titanic ditayangkan dalam versi remaster 4K dengan tampilan 3D. Pria blasteran Perancis ini juga bercerita bahwa ia telah menontonnya hingga 500 kali.

“Dari dulu aku selalu suka sama Titanic, aku seneng aja mereka ajak aku nonton ke-500 kalinya. Ini kan remaster ya, aku udah nonton dua kali remaster di bioskop, dan ini remaster versi 3D,” kata Maxime.

Nah, itu tadi pendapat Maxime Bouttier tentang remaster 4K film Titanic, nih. Kalau SoHip sendiri sudah ada rencana untuk menonton kembali film Titanic versi 3D?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE