Sebuah angin segar bagi dunia pendidikan di Indonesia, khususnya Purbalingga, Jawa Tengah. Pasalnya pada tahun 2019 ini telah diresmikan sebuah Universitas bernama Universitas Perwira yang mana peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Dr Mohamad Nasir bersama dengan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Peresmian tersebut juga sekaligus menjadi awal bahwa Unperba (Universitas Perwira Purbalingga) yang terhitung mulai tahun ini akan melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020. Peresmian tersebut diikuti serangkaian acara, seperti pelantikan Rektor Universitas Perwira Purbalingga dan juga peletakan batu pertama dalam pembangunan Masjid Baitussalam sebagai fasilitas kampus.

Peresmian ini juga diawali dengan dibukanya dua fakultas dan lima program studi untuk mahasiwa tahun ajaran baru

Unperba via www.tribunnews.com

Advertisement

Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Program Studi S-1 Manajemen, Program Studi S-1 Akuntansi, Program Studi S-1 Agribisnis, serta Fakultas Sains dan Teknik dengan Program Studi S-1 Teknik Mesin, Program Studi S-1 Informatika adalah jurusan yang akan ditawarkan oleh Universitas Perwira Purbalingga kepada para calon mahasiswa yang hendak mendaftar.

Dikutip dari Viva, Unperba memiiki gedung dengan empat lantai pada tanah seluas dua hektar. Fasilitasnya juga memiliki standar institusi pendidikan universitas pada umumnya, ruangan ber-AC, jaringan internet, ruang kelas dan administrasi, dosen, berbagai laboratorium dan masih banyak lainnya.

Berdirinya Unperba menjadi tonggak pendorong kemajuan pendidikan di Purbalingga

Peresmian oleh menristekdikti via jatengpos.co.id

Kehadiran Universitas Perwira Purbalingga tentu saja membawa jawaban bagi masalah pendidikan yang ada di sana. Pasalnya, Indeks Pembangunan Manusia yang ada di kota tersebut menduduki peringkat 27 dari total 35 se-Jawa Tengah. Indeks tersebut menunjukkan bahwa perlunya adanya dorongan untuk mengatasi masalah sumber daya manusia di Purbalingga, dan Unperba membawakan angin segar tersebut.

Advertisement

Mohamad Nasir pada Detik mengatakan bahwa dengan terciptanya institusi pendidikan, hal itu akan memajukan sumber daya manusia yang ada. Harapan ke depannya,masyarakat tak lagi kesusahan mencari peluang kerja, namun mereka akan menciptakannya sendiri.

Dengan berdirinya Unperba, diharapkan masyarakat tak perlu lagi bersusah payah mencari tempat menimba ilmu

Penyerahan SK Unperba via menara62.com

Peresmian Universitas Perwira Purbalingga dalam hal ini diharapkan dapat membantu memajukan aspek pendidikan di kota tersebut. Pasalnya, lahirnya lembaga pendidikan sekelas universitas di kota Purbalingga merupakan hal yang baru. Dengan adanya sistem yang baik dan didampingi oleh pihak-pihak yang memang telah berpengalaman dalam bidangnya, adanya Unperba diharapkan nantinya masyarakat Purbalingga lebih mudah untuk melanjutkan studinya setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas.

Kemajuan sebuah bangsa salah satunya adalah dengan ditandainya pergerakan dunia pendidikan di dalamnya, dan dalam hal ini, kota Purbalingga telah berupaya berpartisipasi dalam kemajuan bangsa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya