Setiap tahunnya, kedatangan bulan suci Ramadan selalu disambut gembira oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena ketika puasa tiba, ada banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh bagi mereka yang menjalankan. Mulai dari ibadah yang diganjar pahala berkali-kali lipat, suasana hangat sahur dan buka puasa bersama keluarga, sampai tradisi-tradisi unik yang cuma bisa dirasakan di bulan Ramadan.

Nah, selain suasana yang hangat dan menyenangkan itu, di bulan puasa biasanya banyak hal-hal khas yang terjadi pada tubuhmu. Katanya orang berpuasa itu identik dengan bau napas tidak sedap, kulit kusam dan kering, terus bawaannya juga ngantuk melulu. Apa kamu juga mengalaminya? Nah, coba deh ikutin tipsnya Hipwee dan Pepsodent ini. Biar puasa makin semangat, dan kondisi-kondisi yang tadi bisa kamu anggap mitos aja. Hehe 

1. Kulit kering jadi masalah yang sering dialami orang saat berpuasa. Tapi ternyata solusinya nggak serumit yang dibayangkan lho

Kulit kering via magazine.job-like.com

Advertisement

Berjam-jam tanpa cairan ternyata membuat sebagian orang mengalami masalah kulit kering. Akibatnya, nggak sedikit dari mereka yang jadi nggak pede tiap mau ke mana-mana. Untuk mengatasinya, terapkan metode 2-4-2, di mana kamu harus minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sepanjang malam, dan 2 gelas lagi saat sahur. Selain itu, jangan absen juga buat konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, nanas, jeruk, dan lain-lain. Kurangi juga kafein dan makanan yang terlalu asin atau pedas ya, guys! Dengan cara ini, niscaya kulit kering saat puasa itu mitos semata.

2. Kekurangan cairan juga bisa bikin bibir kering dan nggak nyaman. Selain perbanyak minum, kamu juga perlu rajin eksfoliasi bibir

Bibir kering via www.fispol.com

Selain bisa membuat kulit kering, kurangnya asupan cairan saat berpuasa juga jadi penyebab bibir pecah-pecah. Kalau udah parah biasanya ya sampai berdarah. Nggak kebayang banget pas harus ketemu orang tapi bibir lagi nggak oke gitu. Selain memenuhi kebutuhan air putih, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi atau scrubbing bibir secara rutin 1-2 minggu sekali untuk mengatasi bibir pecah-pecah ini. Gunakan bahan alami seperti campuran madu dan gula ya.

3. Masalah paling utama yang dirasakan hampir setiap orang berpuasa adalah bau mulut. Nggak perlu gusar karena solusinya super mudah

Bau mulut via lifestyle.okezone.com

Nah, mulut kering disertai napas yang kurang segar sering membuat orang yang lagi puasa jadi nggak pede tiap harus berinteraksi dengan orang lain. Biasanya gejala panas dalam seperti ini akan makin parah kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak. Katanya, bau mulut orang yang berpuasa itu aroma surga. Tapi bagaimana pun juga, kalau napas nggak sedap bakal bikin males ketemu orang kan ya?

Advertisement

Tapi kondisi ini bisa diatasi kok. Caranya dengan mengurangi makanan yang pedas dan berminyak. Lalu jangan lupa untuk menggosok gigi dengan Pepsodent Action Herbal setiap habis sahur dan berbuka. Kandungan sirih, ragam, dan jeruk nipis dalam Pepsodent Action Herbal bisa membantu merawat gigi dan mulut guna mencegah gejala panas dalam dan menjaga napas agar tetap segar selama berpuasa, guys!

4. Kalau lagi puasa bawaannya jadi lemes melulu. Repot banget, karena kerjaan menuntut untuk tetap produktif

Tubuh lemas via hellosehat.com

Tanpa asupan makanan, sebenarnya wajar kalau tubuh jadi lemas dan mudah lelah. Tapi kondisi ini nggak seharusnya kamu jadikan alasan buat libur puasa. Meskipun sedang puasa, kamu harus tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Nah, supaya tubuh tetap fit sepanjang hari, terapkan olahraga ringan setiap akan berbuka. Nggak perlu yang berat kok, jogging, bersepeda, atau stretching tipis-tipis juga udah bisa bikin tubuh lebih kuat menjalani ibadah puasa.

5. Kalau tubuh lemas, wajah juga otomatis akan tampak lebih lesu. Mau keluar rumah nggak pede karena penampilan terasa kucel melulu

Wajah lesu via journal.sociolla.com

Wajah yang tampak lesu kadang membuat orang lain malas berinteraksi dengan kita. Jadinya seringkali kita dibuat nggak pede dengan tampilan yang kurang fit itu. Untuk menyiasati hal ini sebenarnya mudah aja lho. Kamu cuma perlu lebih teliti memilih warna bajumu. Gunakan outfit dengan warna-warna cerah seperti oranye, kuning, atau merah. Buat yang cewek, lengkapi juga dengan makeup menonjol seperti lipstik terang. Warna cerah ini bisa membantu menyembunyikan tampilan lesu di wajahmu, dan menggantinya dengan tampilan fresh sepanjang hari!

Berpuasa memang banyak cobaannya. Tapi dengan trik yang tepat kamu bisa menjadikan halangan-halangan berpuasa itu sebagai mitos semata. Buktinya meski puasa kamu bisa tetap cetar dan produktif kok~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya