Pesta demokrasi yang serentak dilakukan di seluruh kota di Indonesia pada tahun 2019 ini, memang epik. Bukan cuma karena panasnya persaingan dua kubu saja, tahun ini kita nggak cuma memilih calon presiden, tapi juga sekalian pilih calon anggota DPR, DPRD, dan DPD. Ada lima kertas pemilu yang harus dicoblos, dan berderet-deret foto calon yang harus dipandangi sebelumnya. Yang pasti, epik sih pusing kepalanya~

Segala ke-epik-an itu juga tak pelak menimbulkan berbagai drama kocak di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terutama ketika sudah masuk bilik TPS dan berupaya menggunakan hak suara kita dengan sebaik-baiknya. Dari dilema klasik ‘nggak ada calon yang dikenal, ya udah pilih yang fotonya paling oke aja‘, sampai frustasi karena kesulitan melipat kembali kertas-kertas suara yang ternyata tebalnya nggak ketulungan.

Advertisement

Nah kalau kamu, mana nih drama di balik bilik TPS yang kemarin kamu hadapi?!

1. Tahu sih bakal ada lima kertas suara, tapi begitu dikasih segepok kertas sama petugas KPPS, jadi kepikiran aja — ini kertas suara apa brosur mlm?!

Tebal banget cuuy~ via www.awambicara.id

2. Begitu sampai di bilik, mulailah proses unpacking membuka kertas suara yang ternyata juga butuh pergelutan alot. Gede banget sih, apalagi lebaran bilik nggak seberapa

Kertas suaranya sampai melimpah-limpah via www.instagram.com

3. Kalau dibentangkan, ukurannya tuh katanya lebih lebar dari lembaran koran lo. Nggak cocok lo buat generasi milenial yang udah nggak pernah baca koran

Nggak skillful membentangkan lembaran kertas suara selebar koran via tirto.id

4. Bu Risma aja bilang ‘mbukae angel‘ dan ribet. Kalau Bu Risma aja udah bersabda begitu, next time harus dikoreksi nih

Susah woy buka kertas suaranya via kumparan.com

5. Idealnya sih masuk bilik tuh memang udah siap tempur, tahu visi misi caleg atau kenal siapa aja eks koruptornya. Tapi apa daya, banyak orang cuma mampu menilai dari estetika foto calon semata

Untung pilihannya nggak gini-gini amat ya~ via www.jawapos.com

6. Bahkan Pak Amien Rais pun dikabarkan sempat bingung lantaran tidak bisa menemukan nama putrinya di kertas suara. Ternyata memang beda dapil

Sempat bertanya ke petugas. Saking banyaknya calon, siapa pun mungkin bingung via jogja.tribunnews.com

7. Ada juga yang masuk bilik dengan membawa misi khusus. Kayak gini nih, bawa bekal spidol supaya bisa menyatakan ketidakpuasannya sama pilihan yang ada

Kok bisa pas kolomnya?! Udah latihan dulu kah? via www.instagram.com

8. Atau orang yang niat banget nempelin foto Thanos di kertas suara ini. Mungkin mau menyambut film Avengers: Endgame yang bentar lagi mau dirilis

Ada nggak yang iseng kayak gini juga? via www.instagram.com

9. Bukan cuma dilema membuka kertas suara dan memilih calon aja, melipat kembali kertas suara pun ternyata tak semudah yang dikira. Belum dikasih tutorial nih

Banyaknya tutorial nyoblos, ternyata melipat baliknya juga susah 🙁 via www.jabarpress.com

10. Nah makanya petugas dan relawan jelas butuh diapresiasi. Pasti semalam suntuk tuh melipat jutaan kertas suara sampai rapi dan siap kita coblos~

Harusnya mereka dapat voucher pijat atau spa gitu via harian.analisadaily.com

11. Meskipun banyak drama, jelas ada kebanggaan tersendiri bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi 5 tahunan ini. Bisa pamer tinta ungu gitu lo~

Gara-gara pemilu, kita bisa lihat selfie Nico! via pemilu.antaranews.com

Kalau di daerah kalian ada kejadian lucu apa aja?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya