Kayak ada manis manisnya!

Slogan salah satu produk air mineral tersebut pasti bisa kamu tebak dengan mudah apa mereknya. Semua berkat adanya iklan apalagi kemajuan teknologi di zaman sekarang makin gila-gilaan. Iklan-iklan produk tersebut kini nggak cuma bisa kamu lihat di televisi, tapi juga merambah ke media sosial. Dampak baiknya, kamu yang nggak suka nonton televisi (karena tontonannya nggak ada yang berkualitas), jadi nggak ketinggalan iklan-iklan apa saja yang lagi hits saat ini. Ya, meskipun dampak buruknya kamu jadi susah nge-skip iklan yang kadang durasinya kepanjangan dan menganggu momen YouTube-an.

Advertisement

Iklan zaman sekarang, kan, super kreatif dan ikonik abis. Lalu gimana, ya, gambaran iklan di saat teknologi terutama komputer dan internet, belum masuk Indonesia? Pasti dugaanmu iklan-iklan zaman dulu terlihat membosankan karena hanya bisa tampil di surat kabar? Eits, jangan salah. Meskipun teknologi masih terbatas dan hanya mengandalkan gambaran tangan, iklan-iklan produk jadul ini nggak kalah kreatifnya dari zaman sekarang. Nggak percaya? Nih, cek aja kumpulan iklan jadul yang Hipwee kumpulkan dari Nusantara Tempo Dulu~

1. Siapa yang suka minum susu? Nah, iklannya susu di tahun 1900-an cukup sederhana, yaitu berupa lukisan tangan seorang noni Belanda kecil yang tampak sehat dan gemuk bersama pengasuhnya … dan ada percakapannya 😀

iklan susu tjap Nonna via www.facebook.com

2. Lain lagi dengan iklan obat gosok yang satu ini. Iklan obat gosok (balsem) yang ada di tahun 1930-an ini menggunakan ilustrasi macan yang mewakili mereknya, Tjap Matjan

iklan Obat Gosok Ban Kim Yoe Tjap Matjan via Obat%20Gosok%20Ban%20Kim%20Yoe%20Tjap%20Matjan

3. Kalau yang ini iklan bir di tahun 1940. Sedikit berwarna dan makin beragam gambar yang digunakan. Eh, tapi jangan sampai salah baca ya, karena merknya Bier Hitam Tjap Koetjing

iklan Bier Tjap Koetjing via www.facebook.com

4. Zaman dulu mah belum bisa endorse orang buat mengiklankan produk. Makanya di tahun 1940-an, iklan biskuit sampai digambar detail kayak gini. Butuh waktu lama buat gambar sih pastinya~

iklan Biskoewit Arnott via www.facebook.com

5. Masih di tahun yang sama, iklan produk margarin juga digambar dengan detail bahkan sampai ke orang-orang yang jadi latar belakangnya. Meski masih hitam putih tapi tetap menggugah selera sih lihatnya 😀

iklan Blue Band via www.facebook.com

6. Iklan obat malaria yang satu ini memang mirip poster lomba tujuh belasan, tapi coba kamu perhatikan di pojok kanan bawah. Di sana terdapat gambar botol dan tablet isinya. Juara sih yang gambar!

iklan obat malaria via www.facebook.com

7. Iklan mobil yang satu ini memang masih sederhana, tapi gambar Mobil Fiat 1500-nya mirip banget sama aslinya. Kok bisa, ya, gambar semirip ini?

iklan mobil Fiat via www.facebook.com

8. Konten iklan produk asuransi jiwa ini ternyata nggak kalah sama iklannya di masa sekarang. Kreatornya keren banget pasti, bisa pas milih model dan menonjolkan “Ia perlu dibantu”. Jual banget!

iklan asuransi jiwa via www.facebook.com

9. Hayo, siapa yang masih pakai sabun mandi ini? Dilihat dari iklannya, dari dulu sampai sekarang, nilai yang dijual tetap sama, ya … kesegaran orang mandi!

iklan sabun mandi via www.facebook.com

10. Widih, pintar cari angle nih yang gambar. Model ceweknya sengaja digambar merunduk biar lebih banyak terlihat kemilau rambutnya. Btw, botol samponya unik juga~

iklan sampo via www.facebook.com

11. Nah, kalau ini iklan yang sudah sedikit terkena perkembangan teknologi. Ada potongan foto yang digabungkan dengan gambaran tangan

iklan sabun mandi juga :p via www.facebook.com

12. Nggak mau kalah dari iklan sabun mandi, iklan alat tulis ini dibuat lebih berkembang lagi. Produknya digambarkan bisa berinteraksi dengan pada model!

iklan penghapus tinta pulpen via www.facebook.com

Nggak kalah kreatif, kan, konten-konten iklan hasil gambaran tangan ini? Iklan-iklan di atas jadi bukti bahwa bibit-bibit kreatif orang Indonesia memang sudah ada sejak dahulu kala. Makanya nggak heran kalau saat ini banyak banget kreator-kreator dalam negeri yang karyanya mumpuni. Bahkan banyak juga, lo, yang karyanya sampai mendapat apresiasi di tingkat Internasional, seperti ArdianSyaf dan Yasmin Putri yang didapuk rumah produksi Marvel dan DC.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya