Bagi sebagian mahasiswa, ujian semester adalah sebuah aral melintang yang super mengerikan. Sebagian lainnya bahkan justru bodo amat. Berdasarkan amatan singkat  Hipwee Hiburan terhadap tipe mahasiswa milenial di Indonesia, kayaknya mereka terbagi jadi beberapa spesies saat mereka ujian. Tenang, semuanya unik dan spesial kok.

1. Tipe yang sebulan sebelum ujian sudah sibuk ke perpustakaan dan menyalin catatan. Padahal ada hari tenang, tapi jiwanya selalu terusik

Sabar, Mbak! via www.pexels.com

Sebenarnya mahasiswa semacam ini menularkan virus gugup di kalangan mahasiswa lain. Jadi pada ikutan panik. padahal nggak perlu segitunya juga sih. Tapi di sisi lain, si mahasiswa ini jadi orang yang persiapannya paling matang. Ada tugas tambahan pun selesai duluan, nggak mepet deadline.

2. Tipe yang bilangnya nggak pernah belajar dan grogi, padahal udah baca jurnal-jurnal internasional sekalian teori-teori pendukungnya

Suka akting panik! via www.pexels.com

Advertisement

Cukup ngeselin sih mahasiswa yang bilangnya belum belajar dan nggak tahu apa-apa, tiba-tiba IPK-nya bulat sempurna. Tipe-tipe ini nih yang cuma menebar ketakutan, tapi dirinya sendiri sudah santai dan lega. Seringnya yang begini adalah si pintar dan si rajin di kelas yang kalau ada presentasi selalu nodong pertanyaan sulit nan menjatuhkan. Hmm, namanya juga anak pintar …. 😐

3. Tipe yang asli selow, minggu tenang beneran menenangkan diri dan pas ujian seolah nggak kesulitan. Kayaknya dia sudah mencpai ketentraman hakiki setelah bertapa di atas bukit

Hidup harus dinikmati, katanya. via www.pexels.com

Selalu saja ada mahasiswa yang bak dewa. Hidupnya santai, selalu riang, tertawa, dan nongki-nongki bersama. Pas minggu tenang juga sempat main-main dan kelihatannya nggak belajar. Tapi pas hari ujian, keluar pertama dengan wajah semringah sambil bilang, “Nggak sesulit yang kubayangkan.”

Terkadang kita heran mengapa mahasiswa ini bisa begitu damai dalam hidupnya.

4. Tipe yang kayaknya udah belajar mati-matian, tapi ujungnya pas ujian minta contekan kanan kiri. Banyak nih~

Saya nggak nyontek kok, saya googling. via www.pexels.com

Advertisement

Mungkin ini adalah tipe mahasiswa ujian yang paing banyak ditemui. Merasa sudah menguasai semua padahal cuma bermodal baca-baca dikit dan diskusi bareng teman. Akhirnya pas ujian kesulitan karena soal-soalnya di luar dugaan. Terjadilah proses diskusi di ruang ujian. Hmmm, hati-hati kalau ketauan, nilainya langsung E lo! Uuu, serem.

5. Tipe bodo amat, mau ujian hidup kek ujian SIM kek, mukanya lempeng kayak setrikaan. Pas ujian juga bisa atau nggak bisa ngerjain tetep lempeng

Mempraktikkan seni bodo amat. via www.pexels.com

Mahasiswa yang selalu nggak peduli mau ujian kek, mau presentasi, mau temennya saling contek, pokoknya mukanya lempeng. Tetap cool dan merasa ini nggak seberapa buat hidupnya. Bisa gitu, ya, kayak nggak ada rasa kesusahan atau senang karena bisa ngerjain gitu. Mungkin tipe mahasiswa ini kalau ditembak gebetan jawabannya selalu, “Yaudah, kita jalanin aja dulu,” sambil ngejalanin sama yang lain juga. Hahaha! 🙂

6. Tipe nggak mau dimintain kisi-kisi, belajar sendiri, dan langsung jadi SJW kalau dimintain contekan. Biasanya yang begini dijauhi teman 🙂

Lone ranger banget deh! via www.pexels.com

Kadang kala memang ada yang menganggap ilmu begitu berharga sampai nggak mau bagi-bagi. Mereka ini biasanya merasa kalau yang lain harus berusaha keras buat mendapat apa yang mereka inginkan. Jadi kalau ada yang minta bocoran, dia nggak akan kasih. Kalau pas ujian ada yang nyontek, dia jugalah yang akan refleks bilang, “Sssssst!” keras banget sampai pengawasnya nengok. Tapi tipe ini bakal kecewa banget kalau nilainya nggak lebih bagus dari yang bermodal nyontek, pasti sakit hati nggak karuan deh.

Dari keenam tipe di atas, kamu tipe mahasiswa kayak apa nih? Jangan-jangan kamu tipe yang sukanya tidur di minggu tenang dan berharap bangun-bangun sudah liburan? Ya, nggak bisa dong! Namanya juga ujian, harus dilewati dengan penuh sabar dan lapang dada. Badai pasti berlalu kok, tapi digantikan puting beliung. Yeeeeu! :p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya