Soal memperhatikan tubuh cewek, mungkin kamu adalah jagonya. Kamu bisa menerka ukuran dan seberapa proporsional tubuh cewek seolah-olah tubuh itu milikmu sendiri. Pertanyaannya, apa kamu punya pengetahuan sebaik itu tentang tubuhmu?

Supaya kamu nggak buta pada tubuh sendiri, di artikel ini Hipwee akan menerangkan padamu — para cowok — tentang apa aja yang wajib dipahami soal anatomi pribadinya. Serap baik-baik, ya.

1. Apa sih yag bikin cowok ereksi hampir tiap kali bangun pagi?

Morning glory

(What’s the Story) Morning Glory? via www.youtube.com

Advertisement

Cowok sering malu sendiri gara-gara mengalami ereksi yang gak jelas di pagi hari. Malu kalau sampai dilihat teman kost atau, lebih buruk lagi, dilihat orang tua!

Padahal, ereksi pagi adalah hal yang wajar. Kejadian ini disebabkan oleh produksi testosteron dalam tubuh, yang mencapai puncaknya di sekitar pukul 7-8 pagi alias jam bangun tidur. Mimpi yang kamu alami dalam tidur — terutama yang “liar” — juga punya hubungan langsung dengan ereksi pagi. Jadi, sekarang biasa aja ya kalau bangun tidur dan menemukan penismu dalam keadaan berdiri. Itu tandanya produksi testosteron kamu emang lagi lancar-lancarnya.

2. Kenapa benturan pada testis bisa menyebabkan sakit yang luar biasa?

Rasakan!

Rasakan! via www.ravenews.ca

Legenda Yunani Kuno Achilles punya kelemahan di tumit kakinya. Nah, karena kita bukan Achilles, kelemahan kita ada di bagian testis. Jika bagian ini udah terbentur sedikit aja, cowok akan merasakan sakit yang luar biasa. Kalau ditendang layaknya di agedan film Hollywood, rasanya kamu pengen nangis balik ke kandungan Ibu.

Advertisement

Kenapa sih bisa sakit seperti itu?

Ternyata, di dalam dan di sekitar daerah genital pria itu terdapat jutaan ujung syaraf. Syaraf-syaraf ini membuat daerah itu lebih sensitif mengantarkan rasa sakit daripada daerah lainnya dalam tubuh. Sebenarnya sih otot testis juga memiliki “sistem pertahanan” sendiri, yang memungkinkan “bola-bola” tersebut tertarik ke atas menuju bagian panggul ketika mengalami benturan. Namun otot ini gak sekuat dan setebal otot lengan dan kaki. Kamu pun tetap akan merasa kesakitan.

Haruskah cowok melatih otot testisnya demi tidak merasa sakit? Jangan! Otot testis yang terlalu keras justru bisa menghambat atau bahkan menghentikan produksi spermamu. Jadi kalau kamu masih mau punya anak, sabar-sabarlah menderita sakit dan berdoalah supaya nggak akan ada cewek yang menendangmu di selangkangan.

3. ‘Anuku’ kok melengkung ya???

Melengkun kayak pisang

Melengkun kayak pisang via www.youtube.com

Pertanyaan yang sering dipendam oleh cowok: “Apa memang harusnya penis sedikit melengkung ke salah satu arah?” Sayangnya, kita terlalu malu menanyakan ini karena takut dibilang punya kelainan.

Sebenarnya jarang banget ada penis yang lurus dengan sempurna. Wajar kalau penis kamu sedikit condong ke atas-bawah atau kanan-kiri. Kalau penis kamu terasa sakit saat ereksi, nah itu baru gak normal. Segera temui dokter, deh!

4. Kenapa Beberapa Cowok Punya Man Boobs?

Gak papa kalau punya man boobs

Gak papa kalau punya man boobs via www.deviantart.com

Inilah derita yang dialami oleh cowok-cowok tambun. Selain pipi dan perut yang membesar, dada cowok berbadan gemuk juga sering ikut-ikutan membesar. Man boobs pun kemudian lahir.

Sebenarnya man boobs adalah hasil dari pembesaran kelenjar payudara cowok saat masa pubertas. Pembesaran ini biasa disebut gynecomastia. Selain itu, penggunaan obat-obatan medis dan ganja juga bisa memacu pertumbuhan kelenjar pada dada cowok.

Tenang, ini normal kok — pembesaran kelenjar tidak menandakan penyakit tertentu. Biasanya, kelenjar yang membengkak ini juga akan mengempis seiring umur. Tapi jika ukuran dadamu sudah mencapai cup-D, mending periksa ke dokter aja ya.

5. Apa Celana Jeans Ketat Memang Bisa Membunuh Sperma?

Skin tight jeans

Skin tight jeans via www.eonline.com

Beberapa dari kita mendefinisikan gaya pribadi mereka dengan celana jeans ketat. Tapi, ada juga cowok yang takut produksi spermanya berkurang jika memakai celana tersebut.

Yang jelas ketakutan ini cukup beralasan, karena celana yang ketat akan terlihat “mengekang” area genital kamu. Namun sebenarnya bukan ketat atau longgarnya celana yang mempengaruhi produksi sperma. Temperatur di selangkangan kamu jauh lebih berpengaruh — temperatur yang tinggi di area genital akan menghambat pertumbuhan sperma. Sperma jadi nggak matang dan nggak siap untuk membuahi sel telur.

Jadi, memakai jeans ketat itu nggak apa-apa. Yang penting kamu memastikan ada sirkulasi udara yang cukup di bawah sana, agar temperatur di area sekitar situ gak terlalu tinggi.

6. Makanan Apa Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma?

Banyak suplemen makanan mengandung minyak ikan

Banyak suplemen makanan mengandung minyak ikan via www.medicapidaho.com

Beberapa makanan sudah sekian lama dipercaya dapat meningkatkan kesuburan manusia. Tauge, misalnya. Tapi, sebenarnya benar nggak sih kalau makanan dapat mempengaruhi kualitas sperma?

Sebuah penelitian pada tahun 2012 memastikan bahwa jawabannya adalah “iya”. Tapi bukan tauge makanannya — melainkan minyak ikan. Cowok yang sering mengkonsumsi lemak yang terkandung pada ikan memiliki bentuk sperma yang lebih baik dibandingkan cowok lain seumurannya. Salah satu alasan lagi buat gemar makan ikan, guys!

7. Pertanyaan terbesar dalam sejarah umat manusia: Apakah Ukuran Penis Itu Memang Penting?

Gak ada ukuran pasti

Gak ada ukuran pasti via www.9gag.com

Sebagai manusia, ada beberapa pertanyaan kekal yang selalu berputar di kepala kita:

  1. Apakah Tuhan itu ada?
  2. Apakah makna hidup ini?
  3. Sebenarnya ukuran penis ngaruh gak sih?

Cowok yang memperoleh pendidikan seksnya dari teman-teman SMP kemungkinan besar percaya semakin besar ukuran penis mereka, semakin baik mereka di ranjang. Padahal, ukuran penis yang terlalu besar bisa menyakitkan pasanganmu.

Kepuasan seks itu bukan perkara seberapa besar alat vitalmu. Lebih dari itu, kamu harus belajar memuaskan pasangan dengan foreplay dan berbagai posisi kreatif. Kepuasan juga akan lebih mudah tercapai bila kamu dan pasanganmu mencurahkan kasih sayang dan bukan cuma nafsu. Tiga kata: yang bijak, ya.

Dengan 7 penjelasan di atas, semoga kamu bisa lebih pede dan gak lagi malu dengan anatomi tubuhmu. Jangan berhenti disini aja! Supaya wawasanmu makin bertambah, gali lagi sumber-sumber bacaan mengenai kesehatan, seks, dan mitos soal cowok. Bicara tentang seks nggak harus porno, kok.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya